iPhone 5 Belum Siap Beredar di Indonesia

Meski telah dikenalkan dan ditawarkan ke konsumen di beberapa wilayah, namun iPhone 5 nampaknya masih akan sulit masuk ke pasaran Indonesia. Pasalnya, smartphone terbaru besutan Apple ini menggunakan model SIM Card Nano.

Di tanah air sendiri, penggunaan SIM Card jenis Nano ini bisa dibilang belum ada. Kebanyakan ponsel yang beredar masih memakai kartu SIM standar. Sejatinya, inovasi kartu SIM global sudah mengarah ke micro SIM Card yang sebelumnya digunakan pada beberapa Smartphone semisal Nokia Lumia 900. Namun, kartu SIM jenis ini pun masih belum memasyarakat.

Berdasarkan informasi yang didapat thePONSEL, beberapa operator tanah air sebelumnya sudah menyiapkan kartu SIM jenis micro untuk mengakomodasi smarphone yang menggunakan SIM Card jenis ini. Namun ternyata, yang digunakan iPhone 5 justru memerlukan jenis kartu SIM yang berbeda lagi. Secara teknis, SIM Card Nano ini memiliki ukuran 40% lebih kecil dibanding SIM card micro yakni hanya sekitar  12,3 mm x 8,8 mm.

Sebagai catatan, pihak Apple telah menunjuk  beberapa operator tanah air seperti Telkomsel, XL dan Indosat untuk memasarkan iPhone 5. Dan para operator tersebut menyatakan siap mendistribusikan SIM card nano sebagai kebutuhan iPhone 5.

Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat saat dihubungi thePONSEL mengaku bahwa Indosat siap menyediakan SIM card Nano jika iPhone 5 beredar di Indonesia. Namun, sampai mana kesiapan para operator tersebut? Yang pasti. Antrean replace kartu lama untuk beranjak pada SIM card nano juga membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Lantas bagaimana bagi penduduk Indonesia yang membeli perangkat ini di luar negeri seperti langsung membeli dari Amerika atau Singapura? Padahal operator di Indonesia nampak belum menyiapkan jenis SIM card ini secara konkrit.(AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments