Ini Fitur Unggulan Chip Gaming Premium Terbaru MediaTek Helio G95

Helio G95

thePONSEL.com – MediaTek mengumumkan chip smartphone gaming paling canggihnya, Helio G95. Anggota terbaru di lini MediaTek Helio G Series ini mengedepankan teknologi game MediaTek HyperEngine terbaru, dukungan multi-kamera, konektivitas tanpa tanding, dan AI Super Resolution untuk streaming video.

Chip yang diperuntukan bagi smartphone 4G premium ini menawarkan kinerja lebih cepat dan fitur-fitur high-end seperti fotografi multi-kamera tingkat lanjut – maksimal 4 kamera, dengan AI processing unit (APU) terintegrasi.

Chip ini menyediakan dukungan wake-up word ganda dan tampilan standar HDR 10, yang bisa ditingkatkan untuk mendekati kualitas HDR10+ secara real-time.

“Segmen smartphone gaming memperlihatkan pertumbuhan yang stabil, dengan para pembuat perangkat yang terus menawarkan berbagai teknologi yang lebih baru dan lebih canggih bagi para penggemar game. MediaTek terus meningkatkan chip seri G miliknya untuk menawarkan kinerja hebat dan mediaTek Helio G95 merupakan chip gaming kami yang paling canggih saat ini,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

MediaTek Helio G95 menggabungkan sepasang CPU Arm Cortex-A76 dengan frekuensi hingga 2,05GHz, dan enam CPU Cortex-A55 yang efisien penggunaan dayanya, serta Arm Mali-g76 MC4 yang sudah diperbarui, dengan frekuensi hingga 900MHz untuk kinerja core tunggal dan multicore.

Baca juga:   Ini Dia Fitur Paling Favorit di Galaxy S24 Series

Chip ini juga dilengkapi dengan sebuah DSP ultra-low power dan always-on yang mendukung deteksi wake-up word ganda, memastikan perpindahan lancar antara dua fungsi Voice Wakeup (VoW) paralel.

DSP ultra-low power ini meminimalkan konsumsi daya dari aplikasi seperti Google Assistant always-on dan mendukung pemicu lebih dari satu kata kunci serta asisten virtual.

Peningkatan pada MediaTek HyperEngine
Teknologi ini mengedepankan engine jaringan, respon cepat, kualitas gambar, dan pengelolaan sumber daya untuk permainan yang lancar dan pengalaman pengguna yang sangat responsif.

Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini dengan cerdas memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, memastikan koneksi yang lancar dan bebas-lag ketika bermain game.

Teknologi ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan ketika bermain game tanpa hilangnya koneksi dan memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis untuk CPU, GPU, dan memori.

Baca juga:   IOH Luncurkan Paket Haji dengan Kuota Besar dan Harga Terjangkau

Tampilan AI Super Resolution
Chip baru dari MediaTek ini menawarkan sebuah tampilan AI Super Resolution untuk panggilan video dan streaming video superior di berbagai platform seperti Netflix, Hotstar, Amazon Prime dan TikTok.

Fitur ini mendukung kualitas video mulai dari resolusi 360p hingga HD 720p dalam real-time, mengurangi bandwidth jaringan hingga 75% tanpa terasa adanya perbedaan dalam kualitas.

Fitur ini mengedepankan layar FHD+ 90fps untuk tingkat respon tinggi dan pengalaman yang lancar, menjadikan chip ini ideal untuk bermain game dan antarmuka pengguna sehari-hari.

Dukungan Multi-Kamera
Helio G95 mendukung multi-kamera untuk pencitraan premium, chip ini memungkinkan perangkat untuk memiliki resolusi kamera hingga 64MP, dengan teknologi quad-pixel untuk hasil-hasil pencahayaan rendah yang luar biasa ketika mengambil gambar di malam hari.

Fitur ini juga memiliki engine kedalaman untuk bokeh real-time, AI-FD (engine deteksi wajah cepat dan tepat), MFNR, Warping, 3DNR, encoding dan decoding video di 4K 30fps, dengan APU terintegrasi untuk peningkatan kamera AI.

Baca juga:   Laporan Tahunan 2020: Pendapatan Penjualan Huawei Mencapai CNY 891,4 Miliar

Secara garis besar, bisa ditarik kesimpulan bahwa fitur unggulan MediaTek Helio G95 hadir seperti:
1. Peningkatan teknologi game MediaTek HyperEngine.
2. Tampilan AI Super Resolution.
3. Dukungan multi-kamera.
4. Wake-up word ganda.
5. Pemicu konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam 13 milidetik.
6. Peningkatan skor benchmark CPU AnTuTu sebesar 5% dibanding Helio G90T.
7. Peningkatan skor benchmark GPU Manhattan 3.0 sebesar 8% dibandingkan Helio G90T, 52fps.
8. Penghematan bandwidth sebesar 75% dalam video berkualitas 720p.

Lini MediaTek Helio G Series yang berfokus di game terdiri dari chipset-chipset G90 Series dan G95 yang baru ini, ditujukan bagi pengguna premium, dengan chipset-chipset G85, G80 dan G70 untuk perangkat game menengah.

Chip-chip MediaTek Helio G25 dan G35 difokuskan pada kategori smartphone mainstream dan mendorong jangkauan MediaTek di berbagai demografis.

Menurut jadwal, MediaTek Helio G95 akan mulai tersedia di perangkat smartphone secara global mulai September 2020.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments