Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan Menjelang Mudik

Menyikapi momen mudik 2009 ini, Indosat menyatakan jaringannya siap  memberikan layanan telekomunikasi dengan nyaman dan lancar di sepanjang jalur mudik serta wilayah-wilayah yang menjadi kantong mudik, baik di Jawa maupun luar Jawa. Kesiapan jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang biasanya terjadi selama masa mudik Lebaran, baik sebelum, selama dan sesudah Hari Raya Lebaran.

“Indosat telah siap menghadapi kenaikan trafik telekomunikasi di masa mudik dan lebaran dengan berbagai upaya, antara lain dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan untuk menjamin kenyamanan para pelanggan dalam menikmati layanan Indosat,” demikian disampaikan Harry Sasongko , President Director & CEO Indosat.

Secara umum kapasitas untuk trafik suara/voice ditingkatkan menjadi 10 juta Erlang/hari. Sementara kapasitas untuk SMS disediakan hingga 450 juta SMS/hari. Dan khusus untuk komunikasi data, kapasitas jaringan yang disiapkan sebesar 40 Terabyte/hari. Semua kapasitas yang disiapkan tersebut baik voice, SMS dan data, siap untuk mengantisipasi lonjakan trafik hingga lebih dari 2 kali lipat dari trafik reguler hari biasa.

Sebelumnya, Tim Network Indosat sendiri telah selesai melakukan test drive sepanjang jalur mudik, baik Jalur Utara, Jalur Tengah maupun Jalur Selatan. Hasil test drive menunjukkan bahwa kondisi jaringan Indosat di sepanjang jalur mudik tersebut secara umum bagus dan siap untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama musim mudik.

Peningkatan kualitas jaringan untuk mengantisipasi trafik telekomunikasi ini dilakukan melalui peningkatan berbagai jumlah elemen jaringan, seperti jangkaun layanan, BTS, BSC, MSC, SMSC dan lain-lain. Elemen jangkauan layanan yang cukup luas, terutama di jalur dan kantong mudik, secara keseluruhan sudah menjangkau 33 propinsi, 429 kabupaten (97,5% dari total kabupaten) dan 3.747 kecamatan (69,7% dari total kecamatan) di seluruh Indonesia.

Jangkauan jumlah BTS (baik 2G maupun 3G) hingga kuartal 2 2009 meningkat menjadi 15.428 BTS. BSC (Base Station Controller) yang mengkoordinasikan beberapa BTS sekaligus di suatu wilayah mencapai jumlah 310 BSC dan MSC (Mobile Switching Center) sebagai pusat komunikasi seluler Indosat saat ini telah mencapai 93 MSC.

Selain berbagai upaya peningkatakan elemen jaringan tersebut, seperti yang dilakukan tahun sebelumnya, Indosat membentuk Command Center sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi pada H-3 hingga H+3 Lebaran yaitu dari 18-23 September 2009, dengan diperkuat oleh 60 SDM yang siaga selama 24 jam penuh. Command Center yang berada di kantor pusat di Jakarta berfungsi sebagai pusat pemantau dan pengontrol kondisi dan performansi Jaringan Lebaran 2009, agar penyelesaian gangguan jaringan dapat dideteksi dan ditangani dengan cepat serta terintegrasi.

Indosat juga menyiapkan layanan pelanggan yang siap mendukung kebutuhan para pelanggan selama musim mudik Lebaran. Indosat menyiapkan layanan berupa kesiapan petugas pelayanan di pusat pelayanan kantor Indosat di seluruh Indonesia, khususnya di sepanjang jalur mudik melalui Galeri dam Griya Indosat, yang akan membantu memberikan informasi dan menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan. Selain itu Contact Center Indosat yang berada di 4 lokasi utama dengan Jakarta sebagai pusat kendali Contact Center seluruh Indonesia, siap melayani 24 jam penuh dengan didukung 1200 tenaga yang disiapkan untuk kebutuhan selama musim mudik Lebaran.

Sementara itu, untuk lebih memberikan pelayanan kepada pelanggan selama fase mudik, Indosat menyediakan rest area di Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Di rest area ini, Indosat menyediakan berbagai fasilitas antara lain Musholla, bale-bale untuk istirahat, taman bermain anak-anak, kamar mandi dan toilet, pijat segar serta makanan dan minuman dingin.

Selain fasilitas tersebut, Indosat juga menyediakan layanan telekomunikasi gratis serta layanan Internet melalui Wi Fi di Rest Area Rumah Mudik Indosat. Para pemudik juga dapat menikmati makanan di Rumah Makan Mudik Nyaman Indosat di sepanjang jalur mudik. Untuk penjualan produk-produk Indosat, tersedia Drive Thru Zone bagi para pengunjung yang ingin melakukan pembelian Voucher, isi ulang, ataupun memperoleh layanan informasi terkait produk Indosat.

Sumber

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments