Indosat Luncurkan Utones

Untuk memberikan layanan nilai tambah (VAS) ke pelanggannya, PT Indosat Tbk (Indosat) meluncurkan layanan berbasis aplikasi dengan teknologi baru dan pertama di Indonesia , yaitu Utones (baca: Yutons). Aplikasi ini berbentuk tampilan visual dalam format GIF animation yang akan muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada pesan (SMS) atau panggilan telepon masuk (Incoming Call), yang berbarengan dengan nama dan/atau nomor telepon pemanggil.

Layanan ini merupakan media baru untuk i-klan (Mobile Advertising), melengkapi media mobile advertising yang telah dimiliki oleh Indosat, seperti text messaging (SMS), MMS dan WAP. Indosat adalah juga pelopor dari mobile advertising channel atau media beriklan melalui ponsel, sebagai alternatif dari media beriklan konvensional seperti cetak, radio atau televisi. Apabila selama ini iklan yang dikirim ke ponsel pelanggan berupa tulisan, maka dengan Utones iklan yang diterima pelanggan menjadi lebih atraktif karena menampilkan pop-up gambar iklan yang sebenarnya.

“Layanan baru Utones ini merupakan wujud dan upaya Indosat untuk terus menjadi yang terdepan memberikan inovasi dalam teknologi seluler, serta semakin memperkaya fitur layanan Value Added Services (VAS) Indosat yang telah ada. Diharapkan, dengan adanya fitur yang menarik ini, pelanggan dan mitra dapat memanfaatkannya dalam mendukung kegiatan komunikasi mereka dengan variasi  animasi pada layanan incoming Call dan SMS,” ujar Guntur S. Siboro , Chief Marketing Officer PT. Indosat.

Aplikasi Utones sendiri berbasis GPRS, dan bisa di-install di ponsel yang menggunakan operating system Symbian dan Microsoft Mobile. Layanan ini berlaku untuk semua pelanggan GSM Indosat.. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pelanggan harus men-download dan meng-install aplikasi Utones ini di ponsel. Untuk mengaktifkan Utones, pelanggan harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi beberapa formulir yang terdapat pada aplikasi ini. Aplikasi Utones bisa didapatkan dengan 4 cara: Download via i-menu *123#, Download via i-menu *168#, Download via mobile Portal Indosat (http://m.indosat.com) atau melalui SMS dengan mengetik Reg<spasi>utones kirim ke 168.

Dalam melakukan registrasi ini, pelanggan tidak dikenakan biaya apapun (gratis). Sedangkan pelanggan yang ingin berhenti berlangganan cukup meng-uninstall aplikasi Utones tersebut. Pelanggan dapat melakukan registrasi dan un-registrasi kapan saja, juga tidak ada proses blocking atau pembatasan dari sistem. Bila pelanggan mengganti ponsel, maka ia cukup melakukan install aplikasi Utones tanpa harus melakukan registrasi ulang.

Keuntungan yang diterima pelanggan setelah mengaktifkan layanan Utones, adalah mendapat poin apabila iklan muncul di layar ponsel saat ada panggilan dan SMS masuk. Poin yang diberikan kepada pelanggan atas penerimaan iklan bernilai sebesar Rp. 50,- yang dapat diakumulasikan dan ditukar dengan pulsa Indosat dan merchant- merchant tertentu. Pelanggan dapat mengecek poin yang telah didapat dengan menggunakan ponsel sendiri atau orang lain, cukup dengan memasukkan nomor ponsel serta password pelanggan. Pelanggan juga dapat mengirimkan aplikasi Utones kepada pengguna ponsel Indosat lainnya (share application to friend). Pelanggan akan mendapatkan tambahan bonus SMS apabila melakukan share application to friend ini.

Aplikasi Utones memiliki beberapa menu yang dapat diakses sesuai kebutuhan pelanggan, di antaranya: Wallet, berisi Info Utones (informasi total poin Utones yang telah terkumpul sesuai penayangan iklan pada ponsel pelanggan), Pulsa Elektronik (berupa menu transaksi untuk pengisian pulsa dari berbagai operator menggunakan poin Utones), Konten HP (berupa menu transaksi untuk mendownload berbagai konten telepon seluler menggunakan poin Utones), Transfer (berguna untuk melakukan penukaran poin dengan pengguna aplikasi Utones lain), dan Ubah Profile (berguna untuk merubah data informasi yang sudah didaftarkan pelanggan di Utones). Juga ada menu Image (berisi arsip iklan yang telah tayang pada ponsel pelanggan), News (berisi berita terbaru tentang Utones) dan Settings (berguna untuk melihat keterangan mengenai pengguna, nilai Utones, iklan dan lain-lain. Dalam menu ini akan dijelaskan kegunaan dari menu-menu yang terdapat di aplikasi).

“Utones, dan mobile advertising pada umumnya akan membuat semua pihak mendapat keuntungan. Pemasang iklan akan mendapat alternatif lain media beriklan yang efektif dan tepat sasaran, sedangkan bagi pelanggan keuntungannya berupa bonus poin dan SMS serta variasi layanan berupa pop-up iklan yang atraktif,” demikian dikatakan Suharso W. Sulistyo , Group Head Value Added Service PT. Indosat.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
taufik
taufik
10 years ago

napa poin saya ko’ nga bertambah2 ya
saya udah instal slam 1 minggu yang lalu,
dan saya sering d telp / sms sma teman2
napa poin saya masih sama ya yaitu masi Rp.50,-
mohon pencerahan nya…

trim’s