Flying Buddy 2, Quadcopter dengan Kendali Pikiran dan WiFi

Makin canggih saja proyek teknologi yang dilakukan para ilmuwan dunia. Seperti yang dilakukan beberapa ilmuwan China, yang kabarnya tengah mengembangkan sebuah gadget berbentuk helikopter dengan 4 baling-baling (Quadcopter)  dan digerakan lewat pikiran manusia.

Seperti yang dilansir thePONSEL dari The Register Selasa (4/9), peneliti dari Universitas Zhejiang -Hangzhou membuat helikopter dilengkapi kamera on-board yang sangat cocok digunakan penderita cacat. Perangkat berkode nama Flying Buddy 2 ini dilengkapi sebuah  headset Emotiv electroencephalography (EEG, yang mampu mengubah sinyal otak menjadi perintah navigasi. Perintah tersebut dikirim ke laptop menggunakan  Bluetooth, dan akan langsung dikoneksikan ke Quadcopter lewat sinyal WiFi.

Dengan teknologi tersebut, penderita cacat cukup mengendalikan perangkat tersebut dengan pikiran. Misalkan dengan memikirkan untuk membelokan Quadcopter ke kiri-kanan, maka perangkat tersebut akan menjalankan perintah otak tersebut.

Untuk mengaktifkan kamera on-board, pengguna cukup mengedipkan mata saja, termasuk untuk membidik objek. Kedipan mata empat kali kamera  memotret gambar. Sedangkan isyarat gemertak gigi, membuat helikopter turun. Kamera tersebut akan mengirimkan hasil pantauannya langsung ke laptop.

(AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments