Di Amerika, iOS Geser Dominasi Android

Perseteruan antara Android dan iOS makin meruncing saja. Jika beberapa waktu belakangan Android dikabarkan telah ‘melibas’ semua sistem operasi ponsel yang ada, tapi kini OS berlogo robot hijau ini pun harus kembali bertekuk lutut pada salah satu rival terdekatnya, yaitu iOS. Apalagi setelah OS besutan Apple ini mulai serius mengoptimalkan tiap lini produknya.

Menurut kabar dari AllThingsD yang dilansir thePONSEl, Strategy Analytics memaparkan bahwa dominasi market share OS Android di Amerika Serikat merosot di Q2 tahun ini. Berbeda dengan iOS (Apple), akhir-akhir ini makin memperlihatkan perkembangan serta pertumbuhan yang makin membaik.

Hingga akhir  Juni (Q2 2012), platform Android menguasai 56% pasar smartphone AS, yang ternyata mengalami penurunan dibanding tahun lalu dengan perolhan 61%. Pengapalan device Android juga mengalami kemerosotan dari 15,3 juta menjadi 13,4 juta.

Namun dalam  waktu bersamaan, pertumbuhan iPhone justru mengalami peningkatan menjadi 33% dari 23% di tahu lalu. Pengapalan iPhone di  kuartal dua tahun ini justru melonjak dari 5,9 juta menjadi 7,9 juta.

Android bakal mengalami perubahan meski mampu mengkondisikan platform-nya digunakan mayoritas pengguna ponsel di AS. Bisa jadi, kemerosotan Android disebabkan faktor penurunan ekspedisi smartphone yang mencapai lima persen.

Sementara itu, sistem operasi yang membayangi iOS dan Android yakni BlackBerry juga mengalami penurunan market-nya di AS hingga 6,5% dari 10,5% di periode yang sama pada tahun lalu (Q2 2011). (AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments