BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020

BRI UMKM EXPO(RT)

thePONSEL.com – Menyambut perayaan HUT yang ke-125 tahun dan sebagai wujud konsistensi dalam pemberdayaan UMKM Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020.

Tahun kedua event ini diselenggarakan selama 15 hari mulai tanggal 1 s.d. 15 Desember 2020 dengan puncak acara pada 10 Desember 2020 di Jakarta.

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 dilaksanakan sebagai bentuk dukungan bagi pelaku UMKM untuk dapat bangkit di tengah pandemi dan harapannya dapat turut menggerakkan ekonomi nasional.

Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan bahwa di masa pandemi ini pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif. “UMKM harus mampu menampilkan produk-produknya yang lebih menarik melalui cara-cara baru yang inovatif. Seperti yang saya lihat dalam pameran ini showcaseUMKM nya sangat berbeda sudah menggunakan 3D virtual disajikan dengan instalasi seni yang bagus seperti berada di ruang pameran yang sesungguhnya,” ungkap Presiden Joko Widodo saat membuka pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 secara virtual.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, event kali ini diselenggarakan secara hybrid. Konsep ini pertama kali dilakukan di Indonesia dengan menghadirkan showcase UMKM dan Art Installation yang disajikan secara virtual dan bentuk asli dalam wujud yang benar- benar sama.

Rangkaian kegiatan lainnya seperti Business Matching, Talkshow, Coaching Clinic, UMKM Awards dan Artist Performances juga dilakukan secaravirtual.

Selain itu, kegiatan transaksi belanja produk UMKM yang semula Bazaar, kali ini diangkat ke dalam platform belanja online Indonesia Mall BRI yang bekerjasama dengan 5 (lima)marketplace terbesar di Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagaiwujud komitmen BRI, untuk secara konsisten menumbuh kembangkan dan memberdayakan UMKM.

“BRI UMKM EXPO(RT) BRILIAN PRENEUR 2020 ini juga ditujukan agar UMKM tidak hanya Naik Kelas tapi mampu bersaing di pasar Global melalui kegiatan Eksport,” tambahSunarso.

Untuk tahun 2020, program BRI ini diikuti oleh 573 Pelaku UMKM binaan BRI yang 400 diantaranya mengikuti showcase secara fisik di Jakarta.

Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai bidang usaha meliputi Fashion, Accessories & Beauty, Home Decor & Craft, dan Food & Beverage.

Sedangkan jumlah buyer internasional yang mengikuti kegiatan business matching sebanyak 82 buyer/pembeli dari mancanegara yang berasal dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia, dan lainnya.

“Kami berharap, BRI semakin bisa memfasilitasi pelaku UMKM untuk Go-Global dan memiliki daya saing internasional. Kedepan, kegiatan seperti ini dapat kami lakukan secaraberkelanjutan melalui penyempurnaan secara terus menurus”, jelas Sunarso.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3581 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments