Alibaba Duduki Posisi Ketiga di Pasar IaaS Global dan Pertama di Asia Pasifik

Pasar IaaS

thePONSEL.com – Alibaba kembali menduduki posisi ketiga terbesar di pasar IaaS global dan pertama di kawasan Asia Pasifik untuk 3 tahun berturut-turut.

Hal ini termuat dalam laporan terbaru dari perusahaan riset global Gartner yang berjudul Market Share: IT Services, Worldwide 2020.

Pangsa pasar Alibaba Group di pasar IaaS global tumbuh ke 9,5% di tahun 2020, menandai peningkatan sebesar 8,8% dari tahun sebelumnya.

“Kami sangat senang melihat Alibaba Group terus menempati posisi puncak dalam industri IaaS global. Kami akan melanjutkan kerja sama dengan berbagai mitra, untuk terus meningkatkan solusi dan teknologi kami, dan menjadi partner terpecaya untuk lebih banyak pelanggan di seluruh dunia,” ucap Jeff Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence.

Laporan Gartner juga menunjukkan posisi Alibaba Group di berbagai industri IaaS global, termasuk peringkat 1 di sektor Pendidikan, dan posisi ke-3 di perbankan & sekuritas, utilitas (air, listrik, dsb.), dan juga pasar ritel.

Pangsa pasar IaaS Alibaba Group di sektor pendidikan global juga menunjukkan pertumbuhan dari 18,8% di tahun 2019 menjadi 24,3% pada 2020, memposisikan Alibaba Group sebagai yang terdepan dalam industri pendidikan di tahun 2020.

“Kami percaya laporan dari Gartner ini juga merupakan pengakuan dari upaya berkelanjutan yang terus kami lakukan di sektor pendidikan, terutama dalam membantu sekolah-sekolah tetap melanjutkan pembelajaran selama pandemi, melalui solusi pembelajaran digital kami,” tambah Zhang.

Laporan tahunan dari Gartner sekali lagi menunjukkan komitmen strategi global Alibaba Cloud untuk mengembangkan eksistensi perusahaan di seluruh dunia dengan meningkatkan infrastruktur dan jaringan global.

Baca:   OPPO Reno4 Virtual Run Mulai Digelar, Diikuti 2.593 Peserta

Tahun lalu, tulang punggung teknologi dan inteligensi digital Alibaba Group ini juga mengumumkan rencana penambahan investasi sebesar 406 triliun rupiah (sekitar 28 miliar USD) untuk tiga tahun ke depan, guna membangun infrastruktur cloud yang berfokus pada teknologi seperti sistem operasi, server, chip, dan jaringan.

Hingga saat ini, Alibaba Cloud beroperasi di 69 zona ketersediaan di 23 wilayah dan melayani jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Pada tahun fiskal 2020, Alibaba Cloud mendukung sebanyak 38% perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune Global 500.

Penyedia cloud publik ini juga telah memiliki lebih dari 80 akreditasi keamanan serta kepatuhan di seluruh dunia.

Alibaba Cloud merupakan layanan teknologi dan platform cloud publik yang menopang ragam ekosistem Alibaba, mulai dari e-commerce, solusi pembayaran, logistik hingga manajemen rantai pasokan.

Pada tahun lalu, perusahaan ini berhasil mendukung Festival Belanja Global 11.11 Alibaba yang menghasilkan nilai transaksi sebesar Rp 1.075 triliun atau sekitar USD 74,1 miliar dalam waktu 11 hari, tanpa ada downtime barang sedetik pun.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 4253 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments