Update Terbaru BBM Hadirkan Fitur Message Retraction dan Timed Message

BBM-Timed-MessageSetelah sebelumnya tersedia untuk BlackBerry OS, update terbaru aplikasi Blackberry Messenger (BBM) juga menyambangi platform Android serta iOS. Di versi terbaru ini, BBM menghadirkan beberapa tambahan fitur baru yang cukup bermanfaat bagi penggunanya, terutama terkait dengan privasi alias keamanan data komunikasi.

Dari pantauan kami, ada dua fitur baru yang dihadirkan BlackBerry di versi anyar layanan messaging miliknya ini, yakni Timed Message (pesan berwaktu) dan Message Retraction (pesan yang dapat ditarik kembali). Fitur ‘Timed Messages’ sendiri mirip model chatting di SnapChat, di mana pesan (tulisan, gambar dan video) yang dikirimkan oleh pengguna dapat hilang apabila waktu yang diatur oleh pengirim untuk melihat pesan tersebut sudah habis. Tersedia 6 pilihan waktu berapa lama si penerima bisa melihat pesan tersebut, mulai dari 1 sampai 15 detik.

Pengirim hanya perlu menekan ikon timer yang terletak persis di sebelah kanan kolom pesan sebelum mengirimnya. Untuk bisa menggunakan fitur ini si penerima pesan juga harus meng-update BBM-nya.

Sedangkan untuk fitur Message Retraction memungkinkan pengguna untuk ‘menarik kembali’ pesan berupa tulisan yang telah dikirim.

Cara menarik kembali pesan tersebut dari chat BBM pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan (dan tahan) pesan yang ingin ditarik kembali untuk memunculkan beberapa opsi baru yang salah satunya adalah ‘Retract Message’ atau ‘tarik pesan’. Fitur Retract Message hanya bisa berlaku untuk personal chat dan tidak berlaku untuk group chat.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments