Update EMUI 11 Bikin Huawei Mate 40 Series Makin Cerdas

Update EMUI 11 Huawei

thePONSEL.com – Bersamaan dengan Acara Peluncuran Online seri Huawei Mate 40 yang dilaksanakan secara global serentak pada Kamis, 22 Oktober 2020 lalu, Huawei mengumumkan peningkatan baru yang akan hadir pada EMUI 11.

Pengalaman baru yang menarik ini mencakup berbagai aspek mulai dari interaksi, privasi dan keamanan hingga kinerja dan berbagai hal lainnya. Secara keseluruhan, fitur-fitur baru ini akan memberikan pengalaman yang lebih lancar, lebih intuitif, dan nyaman bagi pengguna perangkat Huawei.

Desain Lebih Interaktif
EMUI 11 tidak hanya menawarkan penggunanya pengalaman interaksi visual yang personal dan artistik, tetapi juga fitur yang lebih cerdas dan mudah digunakan.

Always-On Display (AOD) generasi baru di EMUI 11 mengintegrasikan tiga elemen seni – bentuk, warna, dan ruang – ke dalam desain. Selain menambahkan bakat artistik pada pengalaman, AOD baru memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi bentuk sesuai selera mereka, dan bahkan melampaui palet warna default dan menggunakan warna dari foto pilihan mereka untuk desain khusus mereka sendiri.

Selain itu, EMUI 11 memungkinkan pengguna untuk menambahkan sentuhan pribadi ke AOD dengan mengatur gambar GIF animasi sebagai latar belakang layar kunci. Kata-kata dari puisi atau lagu favorit juga dapat ditambahkan ke layar kunci, dengan opsi untuk memilih di antara font dan warna yang berbeda, memungkinkan pengguna untuk menampilkan kepribadian mereka setiap kali layar terkunci.

EMUI 11 pada Huawei Mate 40 Series juga mendukung Eyes On Display, yang memanfaatkan 3D Depth Sensing Camera dan Gesture Sensor untuk mendeteksi perhatian pengguna. Hanya dengan melihat sekilas, pengguna bisa menerangi layar dan memicu animasi AOD.

Pertama kali diperkenalkan pada EMUI 10, Smart Gesture Control sekarang mendukung lebih banyak gerakan pada EMUI 11. Penambahan baru lebih fleksibel dan dapat diterapkan di lebih banyak skenario. Menahan telapak tangan di atas layar meminta untuk menampilkan waktu, bahkan saat layar terkunci. Air swipe sekarang dapat digunakan untuk menggeser dan membalik halaman di ebook, berita, musik, galeri gambar dan aplikasi video.

Gerakan menekan memungkinkan pengguna menerima panggilan masuk dan mengontrol pemutaran media, dan gesekan vertikal dapat digunakan untuk menyesuaikan volume saat mendengarkan musik. Selain itu, volume nada dering panggilan masuk secara otomatis diturunkan saat pengguna melihat layar. Kemampuan ini menawarkan lebih banyak pilihan kepada pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat daripada kontrol fisik saja.

Multi-screen Collaboration sekarang mendukung pembukaan beberapa floating windows bersamaan Produktivitas sehari-hari ditingkatkan dengan Multi-screen Collaboration, yang memungkinkan pengoperasian lintas-perangkat yang mulus antara smartphone dan PC.

Dengan EMUI 11, Huawei Mate 40 Series menerapkan kenyamanan interaksi multi-jendela smartphone ke Multi-screen Collaboration, sehingga memungkinkan untuk membuka tiga aplikasi smartphone yang berbeda pada PC yang terhubung.

Dengan dukungan multitasking yang ditingkatkan ini, pengguna bebas mencatat pengingat di Huawei Notepad sambil menonton kursus online dan mengirim pesan teks pada saat yang bersamaan.

Peningkatan yang dilakukan pada Smart Multi-Window memungkinkan EMUI 11 untuk mendukung banyak jendela secara bersamaan di smartphone Anda, menawarkan opsi bagi pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mereka dengan preferensi mereka dan memaksimalkan produktivitas.

Pengguna dapat menonton video, sambil menjelajahi halaman web di jendela mengambang, tanpa perlu keluar dari video atau meninggalkan antarmuka saat ini. Ukuran jendela apung dapat disesuaikan dan dapat dipindah-pindah pada layar, menawarkan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi kepada pengguna.

EMUI 11 juga memperkenalkan Email Conversation Mode yang baru, yang mengubah utas email tradisional menjadi percakapan. Fitur ini menyembunyikan bagian yang tidak perlu dari email konvensional – seperti penutupan yang panjang – dari pandangan dan menempatkan fokus pada percakapan, memungkinkan pengguna untuk membaca email dengan cepat seperti yang mereka lakukan dengan pesan, atau dengan mudah membalas dengan teks dan file.

MeeTime kini tersedia di 12 negara di luar China daratan, termasuk Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Indonesia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, dan Polandia.

Fitur Keamanan Komprehensif
Privasi dan keamanan selalu menjadi fokus utama EMUI. Saat mengembangkan sistem keamanan EMUI, Huawei mematuhi prinsip perlindungan privasinya yaitu tanpa gangguan, tanpa pelacakan, dan tanpa pemaparan, memberi pengguna kesadaran dan kendali penuh atas data pribadi mereka. Pada Huawei Mate 40 Series, EMUI 11 memberi pengguna peningkatan lebih lanjut pada keamanan dan perlindungan privasi.

Foto yang diambil dengan smartphone berisi informasi pribadi seperti lokasi dan waktu pengambilan foto, perangkat saat pengambilan, dan lainnya. Saat berbagi foto, informasi sensitif ini juga dapat dibagikan di samping gambar aslinya. Dengan EMUI 11, pengguna Huawei Mate 40 Series dapat memastikan bahwa informasi pribadi mereka dihapus sebelum gambar dikirim ke orang lain melalui Huawei Share.

AI Private View membantu menjaga percakapan dan korespondensi tetap pribadi bahkan saat pengguna berada di ruang yang padat seperti di kereta atau di lift. Saat diaktifkan, fitur ini menggunakan pengenalan wajah untuk mengidentifikasi apakah pengguna adalah pemilik perangkat. Konten pemberitahuan secara otomatis disembunyikan jika mendeteksi seseorang yang bukan pemilik perangkat atau beberapa orang yang sedang melihat layar.

Ponsel pintar terkadang menerima pesan saat diproyeksikan ke layar yang lebih besar untuk melihat presentasi atau video. EMUI 11 sepenuhnya menghargai kebutuhan privasi dalam skenario ini dan memastikan bahwa panggilan masuk dan pemberitahuan pesan tidak akan muncul pada tampilan layar, baik untuk presentasi tanpa gangguan dan untuk melindungi privasi pengguna.

Kinerja yang Tetap Terjaga
EMUI secara konsisten memberikan kinerja yang mulus dan pengalaman bermain game berkualitas tinggi melalui inovasi seperti Extendable Read-Only File System, GPU Turbo dan Deterministic Latency Engine, dan EMUI 11 meningkatkan pengalaman pengguna lebih jauh.

Kirin 9000 yang bertenaga melepaskan potensi penuh EMUI 11, memastikan Huawei Mate 40 Pro pengalaman yang lancar setelah 36 bulan, dan menghadirkan efisiensi daya yang lebih besar saat menjalankan game pada frekuensi gambar tinggi. Beralih antar aplikasi yang sering digunakan yang berjalan di latar depan dan latar belakang juga lebih mulus, membutuhkan lebih sedikit peluncuran ulang aplikasi.

Menurut simulasi yang dilakukan di laboratorium uji yang dijalankan oleh koneksi, sebuah publikasi Jerman yang dihormati dengan fokus pada peninjauan produk dan layanan telekomunikasi, Huawei Mate 40 Pro hanya mencatat penurunan 2,5 persen dalam kinerja keseluruhan setelah 36 bulan penggunaan.

Dibandingkan dengan hasil pengujian Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 40 Pro menunjukkan masa pakai dan kinerja yang jauh lebih baik, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman yang lancar.

EMUI 11 pada Huawei Mate 40 Series menawarkan pengguna kinerja yang lebih lancar dan lebih stabil, fitur interaksi yang lebih baik dan lebih nyaman serta perlindungan privasi yang komprehensif.

Selain itu, teknologi terdistribusi Huawei pada EMUI 11 memberdayakan perangkat dengan kemampuan kolaborasi lintas perangkat, memberikan pengalaman baru dan menarik pada Huawei Mate 40 Series untuk menghadirkan pengalaman AI yang mulus.

Beta EMUI 11 telah diluncurkan untuk Huawei P40 Series (tidak termasuk Huawei P40 lite) dan Huawei Mate 30 Series, dan akan tersedia untuk lebih banyak perangkat dalam waktu dekat.

5 1 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments