Updat Terbaru Google Meet Hadirkan Fitur Rapat Mirip Zoom

Google Meet

thePONSEL.com – Selain Facebook yang menghadirkan Messenger Rooms dan WhatsApp yang bisa melakukan panggilan grup lebih banyak peserta, raksasa search engine, Google pun kabarnya tengah siap-siap menghadirkan fitur serupa di aplikasi video conference miliknya, Google Meet.

Di update terbaru, Google Meet kini memiliki fitur mirip Zoom, yakni gallery view. Fitur ini dapat menaampilkan hingga lebih dari 50 peserta sekaligus. Sebelumnya, tampilan Google Meet hanya bisa mendukung 4 orang peserta saja. Berbeda dengan Zoom, tampilan layaknya galeri foto yang dimiliki Google Meet hanya terbatas sebanyak 16 peserta saja.

Selain itu, Google Meet juga mengizinkan pengguna untuk membagikan layar, jendela, maupun tab Chrome saat presentasi. Google turut menambahkan mode low-light yang memungkinkan pengguna mengatur tingkat kecerahan video saat telekonferensi.

Hanya saja, fitur anyar Google Meet ini sementara baru tersedia untuk versi mobile dan dijanjikan akan segera muncul pada versi web dalam waktu dekat.

Sedikit berbeda dengan Zoom, aplikasi Google Meet ternyata punya beberapa fitur unggulan lain seperti kemampuan untuk meredam suara berisik di latar belakang. Namun, fitur tersebut baru akan tersedia di G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education dalam beberapa minggu ke depan.

Sebagai informasi, semenjak pandemik Covid-19 merebak, Google Meet mencatat dua juta pengguna baru per hari dan lebih dari dua miliar menit durasi video hingga 9 April lalu. Google pun memperpanjang masa gratis akses fitur utama Meet hingga 30 September 2020. Awalnya masa gratis akses ini hanya sampai 1 Juli 2020 saja.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments