Nokia HERE Siap Saingi Google Street View

Bersamaan dengan dikenalkannya layanan peta digital terbaru “HERE”, Nokia juga sekaligus mengumumkan kerjasamanya dengan Mozilla dan mengakuisisi Earthmine, perusahaan penyedia peta 3D dan foto panorama perkotaan. Langkah besar ini dilakukan Nokia untuk lebih memaksimalkan layanan peta digitalnya, supaya bisa bersaing dengan layanan Google Street View.

“Orang menginginkan peta yang terbaik, dan dengan HERE kita bisa  memberikan layanan lokasi Nokia yang lebih baik untuk mengeksplorasi, menemukan dan berbagi”, ujar President and CEO Nokia, Stephen Elop.

Aplikasi peta Nokia ini juga tersedia untuk perangkat iOS. Dengan basis HTML5, Nokia HERE akan mencangkup kemampuan offline, panduan suara (voice guide), walk navigation serta arah angkutan umum (public transport direction). Aplikasi HERE for iOS akan mulai bisa di-download dari Apple App Store beberapa minggu mendatang.

Kerjasama dengan Mozilla sendiri bertujuan untuk menghadirkan pengalaman lokasi dan peta digital terbaru Nokia di OS Firefox. Debut perdana Nokia HERE untuk versi Web mobile Firefox sendiri baru akan dijadwalkan awal tahun depan.

Sebagai bagian dari pengumuman kerjasama tersebut, Nokia juga mengenalkan LiveSight, yakni teknologi yang berbasiskan peta 3D dengan tingkat akurasi tinggi.LiveSight menyediakan pengalaman augmented reality yang paling tepat dan intuitif dengan  menggunakan viewfinder kamera untuk menemukan dan mendapatkan informasi digital dengan mudah. Aplikasi pertama yang menggunakan teknologi LiveSight adalah Nokia City Lens, yang secara eksklusif disediakan untuk Nokia Lumia.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments