Nina, Pesaing Baru Siri iPhone

iPhone 4 mendulang sukses setelah menyusupkan fitur canggih bernama Siri beberapa waktu lalu. Tren ini pun diikuti oleh beberapa pengembang aplikasi lain. Ada yang untuk OS BlackBerry ada juga yang untuk Android. Yang paling baru, pengembang aplikasi berbasis suara (voice command) asal Amerika Serikat, Nuance, menghadirkan fitur serupa Siri iPhone yakni Nina.

Jika Siri dibesut untuk segmen direct konsumen iPhone, sementara Nina lebih menyasar pelanggan korporat. Dalam hal ini, Nuance ingin membidik perusahaan perbankan, maskapai, asuransi hingga line bisnis lain sebagai bentuk layanan customer service. Mekanisme kerja Nina sama seperti Siri iPhone, yakni dengan mendeteksi suara pertanyaan serta perintah yang diucapkan oleh penggunanya.

Untuk jalur koneksi, layanan ini mengandalkan akses internet. Ini pun bergantung dari provider penyedia pita akses internet tersebut. Analoginya, semakin bagus sinyal akses data maka makin cepat fitur Nina memberikan jawaban pada penggunanya.

Fasilitas tambahan yang ditawarkan bagi perusahaan yang menggunakan Nina adalah akan memiliki akses ke pusat data Nuance.

Untuk kompatibilitas, Nina kemungkinan besar dapat digunakan untuk handset berbasis iOS dan Android. Pasalnya, Nuance sendiri telah merilis software development kit (SDK) Nina untuk perusahaan yang berencana memakai fitur voice command untuk customer service.

Untuk alternatif pilihan, perusahaan yang menggunakan Nina dapat memilih karakter suara yang tersedia, ada 40 varian karakter. Bahkan fitur ini pun bisa di-customize sesuai keinginan perusahaan. (AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments