Facebook Lite, Aplikasi Khusus untuk Ponsel Berspesifikasi Rendah

facebook-lite-appUntuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang memakai ponsel berspesifikasi rendah, Facebook kabarnya tengah menyiapkan versi ringan dari aplikasinya, yang menurut rencana akan disebut dengan Facebook Lite.

Nama tersebut memang terdengar tidak asing, karena Facebook Lite sendiri memang pernah digunakan sebagai platform khusus untuk mengakses layanan Facebook dari ponsel yang memiliki kecepatan akses internet rendah. Sebelumnya, pengguna bisa mengakses platform ini di alamat lite.facebook.com atau m.facebook.com, termasuk akses gratis koneksi data hasil kerjasama dengan penyedia layanan seluler (operator) dengan url 0.facebook.com.

Meski digarap sebagai aplikasi baru, Facebook Lite tetap saja masih terkait dengan kecepatan internet. Jadi aplikasi Facebook Lite memang disiapkan untuk ponsel murah yang biasanya cuma berjalan di jaringan 2G.

Seperti dikutip dari Tech Crunch, Selasa (27/1/2015), aplikasi Facebook Lite sejatinya dibuat berbasis dari Snaptu yang merupakan aplikasi klien Facebook untuk feature phone. Tentunya, untuk mengakomodasi spesifikasi ponsel yang terbatas, banyak fitur utama aplikasi Facebook reguler yang dipangkas. Namun, Facebook tetap mempertahankan fitur notifikasi pop-up dan integrasi dengan kamera ponsel.

Untuk pengguna ponsel Android murah dengan spesifikasi rendah, bisa menjajal aplikasi Facebook Lite ini dengan mendownloadnya dari Play Store. Sayangnya, aplikasi Facebook Lite baru tersedia di negara-negara tertentu saja.

Sejauh ini Facebook Lite sudah di-download oleh lebih dari 10 ribu pengguna Android, dan telah berhasil memperoleh rating 4,6 dari 5 bintang yang diberikan 693 pengguna. Bisa dibilang hasil itu cukup membuktikan bahwa Facebook Lite berhasil memuaskan penggunanya.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments