Xiaomi Mi Band 5, Gelang Pintar dengan fitur NFC dan Voice Assistant

Xiaomi Mi Band 5

thePONSEL.com – Xiaomi baru-baru ini menambah katalog produk di lini smartband alias gelang pintar, dengan merilis Mi Band 5 di Cina.

Gelang pintar terbaru Xiaomi ini memiliki beragam peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Salah satu yang mencolok adalah fitur NFC (Near Field Communication) di salah satu variannya.

Implementasi palin menarik dari NFC yang ada di Xiaomi Mi Band 5 ini adalah untuk pembayaran cashless (non-tunai).

Tampil dengan desain yang cukup trendi, Mi Band 5 diklaim mengusung dimensi layar yang lebih luas ketimang Mi Band generasi awal. Layar AMOLED smartband ini punya ukuran 1,1 inci. Generasi smartband sebelumnya, rata-rata punya layar beukuran 0,95 inci.

Untuk sensor, Mi Band 5 tetap mengadopsi model lama seperti akselerometer, Heart Rate Monitor (HR), Gyroscope, Barometer dan sebagainya. Tentunya, dengan kinerja yang sudah ditingkatkan dan kemampuan yang lebih baik.

Terdapat 11 mode professional yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Mode-mode tersebut menawarkan penghitungan yang lebih detail dan presisi. Salah satu yang terpenting adalah kemampuan mendeteksi denyut jantung, yang di Mi Band 5 ini diklaim telah mendapat peningkatan yang signifikan, bahkan digadang-gadang menyamai pembacaan sensor detak jantung milik Apple Watch.

Ada pula skor PAI (Personal Activity Intelligence) yang bisa memprediksi seberapa besar dampak olahraga menggunakan Mi Band terhadap kebugaran tubuh penggunanya. Untuk pelacakan tidur, Mi Band 5 sekarang bisa mengekstrak data yang terkait dengan tidur REM Anda.

Xiaomi juga menyertakan fitur perintah suara (voice assistant) di Mi Band 5. Pengguna bisa mengobrol dengan gelang pintar ini untuk menjalankan perintah tertentu. Hanya saja, fungsi ini tahap awal masih terbatas untuk wilayah Cina.

Soal daya tahan, Xiaomi Mi Band 5 sudah dibekali IP rating yang artinya tahan air dan bisa digunakan berenang hingga kedalaman 50 meter.

Untuk sumber power, Xiaomi Mi Band 5 disokong baterai yang bisa bertahan hingga 14 hari untuk penggunaan normal. Dan pengisian ulang daya mengandalkan panel magnetic yang ada di bagian belakang bodi.

Bagaimana dengan harga? Xiaomi Mi Band 5 versi non-NFC dijual di China dengan banderol 189 Yuan atau sekitar Rp 380.000. Seementara varian dengan NFC dibanderol 229 Yuan, atau sekitar Rp 460.000. Perangkat ini akan tersediaa di pasaran Cina mulai 18 Juni mendatang. Bakal masuk Indonesia gak ya?

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments