Widya Wicara Prima, Smart Speaker Karya Anak Bangsa

Widya Wicara Prima

thePONSEL.com – Era Internet of Things (IoT) sepertinya memang sudah dimulai. Beragam perangkat digital kini sudah bisa terkoneksi satu sama lain, tentunya melalui jaringan internet. Tidak hanya pasar global, market lokal di Indonesia pun mulai kebanjiran produk-produk pendukung IoT.

Bahkan, salah satu prodsen lokal pun ikut meramaikan pasar ini dengaan merilis smart speaker yang diberi nama Widya Wicara Prima.

Smart speaker lokal pertama yang hadir di pasaran ini diklaim memiliki keunggulan khusus yang berbeda dari kebanyakan smart speaker di pasaran.

Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara. “Selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara. Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna.”

Widya Wicara Prima adalah karya anak bangsa Indonesia yang patut diapresiasi usahanya. Kedua, karena didesain secara lokal, Widya Wicara Prima menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan dialek dan tata bahasa yang sering dipakai sehari-hari oleh masyarakat. 

Widya Wicara Prima dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan & perintah suara yang diberikan oleh penggunanya. Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya terdengar natural dan interaktif, selayaknya percakapan sehari-hari. 

Smart speaker ini juga dibekali dengan fitur-fitur unggulan lain seperti pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer). 

Widya Wicara Prima memiliki sumber rujukan info yang kredibel seperti: Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya

Seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….”. Untuk memudahkan pengoperasian Widya Wicara Prima, bisa juga memanfaatkan aplikasi Widya Wicara yang dapat diunduh dari Playstore.

Saat ini Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk ini dipasarkan dengan harga Rp 1.499.000, – dengan ukuran dimensi yang mudah dibawa kemanapun, serta memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments