Vivaldi, Tablet 7 Inchi Berbasis Linux

Sebenarnya kehadiran tablet ini sudah terdengar sejak Januari silam. Tablet yang bisa dijalakan dengan OS open source Linux ini sebelumnya diumumkan akan dilaunching dengan nama Sparks. Namun karena masalah trademark, maka Mei mendatang Sparks akan diluncurkan dengan nama baru yang mengambil nama maestro biola dunia asal Italia, Vivaldi.

Tablet ini sendiri menggunakan display multi touch 7 inchi dengan resolusi 800 x 480 piksel dan dijalankan dengan prosesor single core ARM 1 GHz, RAM DDR3 512MHz dan media penyimpanan 4 GB yang bisa diekspan dengan microSD hingga 32 GB.

Yang menarik dari Vivaldi tentu saja adalah OS yang menjalankan, yang menggunakan open source dan gratis seperti halnya Android, yakni Linux. Tablet ini akan dilengkapi dengan user interface Active Plasma dari KDE. Komunitas KDE sendiri saat ini sedang aktif mengembangkan toko konten yang akan menawarkan aplikasi, buku digital, dan sebagainya untuk tablet berbasis Linux.

Untuk Vivaldi sendiri akan dipasarkan dengan kisaran harga $260 dan kemungkinan akan hadir versi yang lebih lebar, yakni 10 inchi yang nantinya akan dinamai dengan nama musisi dunia lainnya.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments