Review Singkat Sony FX6, Spesifikasi Unggulan dan Harganya

Sony FX6

thePONSEL.com Sony Indonesia resmi meluncurkan kamera  FX6 (model ILME-FX6T) yang semakin memperluas koleksi Cinema Line Sony, serangkaian produk yang mengedepankan keahlian Sony dalam bidang teknologi pencitraan untuk para sutradara film dan kreator konten.

Cinema Line Sony, yang juga mencakup kamera Venice dan FX9, menghadirkan tampilan filmis luar biasa yang dikembangkan dari hasil pengalaman ekstensif dalam proses produksi sinema digital serta operability yang telah ditingkatkan berkat desain bodi yang inovatif, daya tahan yang lebih kuat, dan kemampuan penyesuaian yang intuitif.

Sebagai bagian dari Cinema Line, kamera FX6 terbaru ini menggabungkan teknologi inti Sony, seperti sensor gambar, mesin pengolahan dan performa AF (autofocus). FX6 juga kompatibel dengan berbagai lensa E-mount Sony untuk kreativitas yang lebih fleksibel.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, “Kamera terbaru FX6 merupakan bentuk upaya Sony untuk terus mendorong batasan dalam bidang teknologi pencitraan berdasarkan kebutuhan konsumen kami. Inovasi terdepan dalam Cinema Line ini kami dedikasikan untuk para kreator konten dan sinematografer agar dapat semakin mengembangkan kemampuan serta bakat luar biasa yang mereka miliki. Kamera FX6 memanfaatkan kamera sinema Venice yang terdepan di industri dari Sony dan memadukannya dengan teknologi kamera mirrorless Alpha inovatif yang terbaik dari Sony.”

Kualitas gambar Sinematik Full-frame

Kamera terbaru ini dilengkapi dengan sensor 10.2 MP full-frame back-illuminated Exmor R CMOS yang menghasilkan 15+ stop wide dynamic range dengan sensitivitas tinggi dan noise rendah.

Sensitivitas dasar dari FX6 adalah ISO 800 dengan pengaturan sensitivitas yang disempurnakan dari ISO 12,800- dapat diperluas hingga 409,600 untuk perekaman pada kondisi cahaya yang sulit dan sangat sulit.

Kamera ini mampu merekam dalam XAVC Long GOP dan XAVC All Intra 4K (QFHD: 3840 x 2160) kedalaman 10-bit 4:2:2 kualitas gambar yang menakjubkan hingga 120fps.

FX6 juga memiliki mesin pengolah gambar BIONZ XR yang pertama kali digunakan pada kamera terbaru Sony Alpha 7S III, memberikan performa pengolahan gambar hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan FS5 II.

FX6 dikembangkan dengan keahlian yang sama dengan kamera sinema Venice terdepan milik Sony, menawarkan ilmu warna sinematik terdepan, termasuk S-Cinetone untuk reproduksi warna yang lebih sempurna serta S-Log3, S-Gamut3 dan S-Gamut3.Cine untuk pasca-produksi yang fleksibel.

Ilmu warna sinematik pada FX6 dioptimalkan untuk aplikasi premium dengan menangkap rentang dinamis maksimum dari sensor dan memberikan kebebasan berkreasi.

Dengan memanfaatkan ilmu warna Venice, FX6 juga memungkinkan produksi untuk mencocokkan footage dengan mudah dari kamera Sony lainnya, seperti Venice dan FX9.

Fitur Video Terdepan

Hadir dengan fitur AF Sony Alpha yang luar biasa, FX6 menawarkan Fast Hybrid AF yang mengombinasikan 627-point focal plane phase-detection AF dengan Real-time Eye AF dalam kecepatan frame tinggi serta AF berkelanjutan, sehingga memungkinkan operator kamera untuk melacak subjek yang bergerak cepat dengan mudah dan akurat dalam slow motion tanpa kehilangan fokus.

Fast Hybrid AF bekerja dengan lebih dari 50 lensa E-mount. Kamera ini juga dapat menangkap gambar hingga lima kali slow-motion dengan 4K (QFHD) 120fps.

Kamera FX6 terbaru ini juga menawarkan filter ND variabel internal elektronik untuk kontrol kepadatan filter kamera dengan mudah dan mulus.

Para pengguna dapat menentukan variabel ND ke otomatis atau menyesuaikan kepadatan filter secara manual dengan peningkatan yang halus mulai dari 1/4 hingga 1/128 untuk gambar yang terekspos dengan sempurna tanpa mempengaruhi kedalaman bidang, bahkan pada saat kondisi pencahayaan berubah.

Dikombinasikan dengan sensitivitas kamera yang sangat tinggi, variabel elektronik filter ND memberikan kontrol kreatif yang luar biasa kepada pengguna di hampir segala jenis suasana pengambilan gambar.

Diciptakan untuk Kemudahan para Kreator Konten

Penggunaan dan Mobilitas yang Menakjubkan

Dirancang dengan sasis magnesium alloy yang tahan lama, berukuran hanya 4.6 inci x 4.5 inci (116 milimeter x 153 milimeter x 114 milimeter) dan berat hanya 1.96 pon (0.89 kilogram), FX6 memiliki desain yang ringkas dan ringan, membuatnya mudah digunakan untuk mengambil gambar kapan pun.

Kamera terbaru ini juga dilengkapi dengan struktur penghilang panas untuk menjaga komponen kamera dalam standar penggunaan normal sekaligus mencegah panas berlebih, bahkan selama waktu perekaman.

FX6 juga dilengkapi dengan desain modular yang memungkinkan para pengguna untuk dapat memasangkan aksesoris dengan mudah, seperti grip dan viewfinders, atau memasang kamera ke mekanisme lain, seperti gimbal dan drone.

LCD Viewfinder 3.5 inci milik FX6 dapat dipasang ke beberapa lokasi di bodi kamera untuk menambah kebebasan dan kontrol menu yang mudah dengan pengoperasian sentuh.

Dengan menu kontrol quick access untuk fitur-fitur yang sering digunakan, operator kamera dapat dengan mudah mengubah pengaturan utama dengan sekali sentuh – termasuk Codec, Imager Scan Mode, Picture Size dan Frequency, Base ISO and Sensitivity, Shooting Mode and Audio Levels.

Keandalan Tingkat Profesional

Sejalan dengan alur kerja profesional, FX6 dilengkapi dengan output 12G-SDI yang juga mendukung 16-bit RAW, HDMI, timecode in/out, built-in Wi-Fi dan empat channel audio recording (via XLR Interface, Multi-Interface Shoe dan built-in Stereo Mic).

Kamera terbaru ini juga menampilkan dua slot media yang kompatibel dengan kartu memori CFexpress Tipe A untuk kapasitas keseluruhan yang lebih tinggi serta daya membaca dan merekam data yang lebih cepat sebagai tambahan dari kartu memori UHS-II/UHS-I SDXC.

Selain itu, software Catalyst Browse/Prepare Sony juga memfasilitasi proses editing yangcepat dan mudah. Pengguna mampu mengimpor metadata stabilisasi gambar dari FX6 ke Catalyst Browse/Prepare untuk mengubah handheld footage menjadi hasil visual yang halus dan stabil.

FX6 juga memiliki tombol Clip Flag khusus untuk memfilter dan mendeteksi pengambilan gambar yang disukai dengan mudah menggunakan Catalyst Browse/Prepare.

Software ini juga mampu merefleksikan metadata yang menunjukkan kapan FX6 diputar atau dalam posisi normal, sehingga pengguna tidak perlu merotasi footage terlebih dahulu.

FX6 juga kompatibel dengan Content Browser Mobile App milik Sony untuk memonitor dan mengontrol fokus, iris, dan zoom dari jauh dengan mudah.

Tentang Cinema Line

Cinema Line merupakan kamera seri profesional yang memiliki filmic look, dikembangkan dari hasil pengalaman panjang Sony dalam produksi sinema digital, dan peningkatan pengoperasian serta keandalan sebagai respon dari permintaan para kreator.

Cinema Line mencakup kamera sinema digital Venice yang sangat terkenal di industri produksi fitur dan episodik, dan kamera profesional FX9 yang telah populer untuk produksi dokumenter dan drama.

Dengan FX6 terbaru, Sony menghadirkan alat kreatif serbaguna untuk seluruh tipe visual storytellers.

Harga dan Ketersediaan

Kamera Sony FX6 (model ILME-FX6T) full-frame Cinema Line akan tersedia di Indonesia mulai Februari 2021 dengan harga Rp92.999.000.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments