Paperweight, Komputer Seukuran Biskuit dengan Teknologi Cloud Computing

paperweight-preorderSelain membutuhkan ruang yang lumayan luas, komputer/PC konvensional juga terdiri dari beragam hardware yang kadang harganya cukup mahal serta merepotkan pengguna saat instalasi. Oleh sebab itu, banyak produsen elektronik yang mulai beralih menawarkan thin client alias PC mini dengan konsep yang lebih ramah biaya dan diklaim tidak merepotkan penggunanya, salah satunya adalah Paperspace.

Produsen cloud computing ini menawarkan layanan akses komputer/PC berbasis cloud yang dapat diakses dari mana saja, dan hanya membutuhkan sebuah perangkat mungil bernama Paperweight dengan disain layaknya sebuah biskuit cokelat ber-choco chips. Anda tinggal menyambungkan periferal input (keyboard dan mouse) serta monitor. Perangkat ini sudah dibekali kabel power, port USB dan HDMI.

Cara kerja Paperweight besutan Paperspace ini mengandalkan pengolahan data berbasis cloud yang semuanya berjalan di server Paperspace. Artinya, Anda hanya membutuhkan browser dan koneksi internet yang memadai.

Paperweight by Paperspace

Pihak developer merekomendasikan kecepatan unduhan internet minimal 15Mbps dan level latency di bawah 60 milidetik. Tersedia dua jenis kelas Cloud PC yang ditawarkan oleh Paperspace ini, Basic dan Professional. Basic cocok untuk kegiatan multimedia standar, browsing dan berkirim email; sedangkan tier Professional mampu menangani software 3D CAD, Creative Suite, GIS, dan lain-lain.

Layanan Paperspace ditawarkan mulai dari 10 USD per bulan. Pendaftaran pre-order Paperweight juga telah dibuka, harganya 50 USD.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments