Panasonic Toughpad FZ-A1, Tablet Android Anti Air dan Tahan Banting Siap Beredar di Indonesia

Panasonic-Toughpad-FZ-A1Panasonic nampaknya ingin mengikuti jejak para kompetitornya untuk membanjiri pasar gadget tanah air dengan produk terbaiknya. Jika sebelumnya merilis beberapa tablet Android dengan spesifikasi standar, dalam waktu dekat produsen elektronik asal Jepang ini akan menghadirkan tablet dengan kemampuan anti air dan tahan banting untuk pasar Indonesia.

Seperti yang dilansir thePONSEL dari laman Dirjen SDPPI, Panasonic telah mendaftarkan sebuah tablet PC berkode “FZ-A1” dan telah mengantongi hasil uji sertifikasi perangkat telekomunikasi Dirjen SDPPI (Postel) per tanggal 28 Juni (diupload tanggal 1 Juli 2013). Berdasarkan informasi tersebut, kemungkinan besar Panasonic FZ-A1 akan mulai dikenalkan untuk pasar tanah air pada akhir Juli atau awal Agustus 2013.

Panasonic FZ-A1 sendiri merupakan salah satu seri yang masuk dalam flagship “Toughpad” selain Panasonic FZ-G1. Bedanya, Panasonic Toughpad FZ-A1 menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, sedangkan Panasonic Toughpad FZ-G1 memakai OS Windows 8. Namun soal ketangguhan, model ini tak perlu diragukan. Pasalnya, Panasonic Toughpad FZ-A1 sudah didukung sertifikasi MIL-STD-810G dan juga IP65 yang berarti tahan banting dari ketinggian 4 kaki serta tahan air dan debu. Selain itu, casingnya menggunakan bahan magnesium alloy yang didukung bezel khusus, yang mampu melindungi LCD dari pengaruh benturan.

Panasonic Toughpad FZ-A1 di Postel

Untuk hardware, tablet yang memiliki layar 10.1 inci XGA (1024×768 piksel) ini menggunakan prosesor Marvell Armada PXA2128 Dual-core 1.2GHz SoC compliant with FIPS 140-2 Level 2, plus sokongan memori internal 1GB RAM dan 16GB ROM yang dapat diekspansi menggunakan slot microSD berkapasitas maksimal 32GB. Di sisi koneksi, Panasonic Toughpad FZ-A1 menawarkan opsi jaringan 4G LTE selain WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth v2.1+EDR, Micro HDMI  serta port kabel data Micro USB yang menjadi media koneksi utama.

Panasonic Toughpad FZ-A1

Di sektor multimedia, Panasonic Toughpad FZ-A1 menyediakan kamera utama berkekuatan 5 megapiksel plus fitur auto focus dan LED flash. Ada juga kamera depan berkekuatan 2 megapiksel yang bisa digunakan untuk self-portrait maupun video call. Sebagai tambahan, tablet anti air dan tahan banting ini juga menyertakan beragam fasilitas standar Android seperti Calendar, Clock, Gallery, QuickSearchBox, Google Play Store, Gmail, Calendar Sync, ContactsSync, Google Maps, GPS/A-GPS, Google+, Google Talk, Google Voice Search, YouTube, AuthenTec QuickSec, Over-the-Air Update Client, McAfee Security (Trial) dan Adobe Reader.

Sayangnya, belum ada bocoran harga resmi yang akan dibanderolkan untuk tablet anti air dan tahan banting yang mengandalkan baterai lithium berkapasitas 4590 mAh sebagai sumber powernya ini.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Qu Pink
7 years ago

cocok nih buat tukang 🙂