Nokia N1, Tablet Android Lollipop dengan Prosesor Intel Atom dan Fitur Z Launcher

Nokia-N1Meski sebelumnya diinformasikan bahwa merek Nokia tidak lagi digunakan Microsoft pada perangkat Lumia, namun hadirnya Nokia N1 ini nampaknya ingin menunjukan bahwa brand Nokia akan selalu berkibar. Nokia N1 sendiri merupakan sebuah tablet PC yang sebelumnya telah banyak dirumorkan keberadaannya.

Tampil dengan disain yang mirip iPad Mini, bahkan spesifikasinya pun terbilang tak jauh beda. Nokia N1 menggunakan konsep unibody dengan casing alumunium yang membuatnya tampil elegan. Nokia N1 rencananya akan tersedia dalam dua warna yakni Natural Alumunium dan Lava Gray. Soal harga, Nokia N1 dibanderol sebesar USD 250 atau sekitar Rp 3 jutaan.

Tablet Nokia N1 ini mengusung layar sentuh berukuran 7,9 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar mencapai 324 piksel per inci dengan aspek rasio 4:3, sama seperti iPad Mini 3. Layar Nokia N1 ini dilindungi oleh lapisan antigores Gorilla Glass 3 dan teknologi zero air gap.

Nokia N1 ini menawarkan kinerja tinggi berkat sokongan prosesor Intel Atom Z3580 quad-core 64-bit berkecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari PowerVR SGX G6430. Kinerja yang ditawarkan oleh tablet Nokia N1 ini dipastikan cukup tinggi di kelasnya.

Tablet Nokia N1 ini mengandalkan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel autofokus untuk mengabadikan momen. Tablet ini juga didukung oleh kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel untuk keperluan video call dan foto selfie. Tablet besutan vendor asal Finlandia ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5300mAh.

Nokia N1 ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 32GB tanpa dukungan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Konektivitas standar yang diusung oleh Nokia N1 antara lain adalah GPS, Bluetooth, WiFi, dan port microUSB. Sayangnya, belum ada informasi apakah Nokia N1 ini juga akan tersedia dalam varian 3G HSPA/4G LTE.

Tablet yang menjalankan system operasi Android 5.0 Lollipop ini memiliki satu fitur unik yakni Nokia Z Launcher. Fitur ini memungkinkan penggunanya antuk mengakses beragam fitur di dalamnya berdasarkan gesture gerakan jari tangan di permukaan layar. Cukup dengan menuliskan karakte/huruf khusus di homescreen, aplikasi/fitur yang telah diatur sebelumnya pun bisa dibuka dan dijalankan dengan cepat serta mudah.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments