Fujifilm FinePix F770EXR, Kamera Imut dengan 20x Zoom dan GPS

Fujifilm meluncurkan dua kamera terbarunya yang masuk dalam kamera kompak kelas zoom panjang, FinePix F770EXR dan FinePix F750EXR. Keduanya merupakan kamera yang didesain dengan bodi kompak namun memiliki performa luar biasa, yakni antara lain dibemani sensor CMOS 16MP, memiliki optical zoom hingga 20x, kemampuan menyimpan dalam format RAW dan untuk F770EXR dilengkapi dengan fungsi GPS sedang F750EXR minus GPS. Model ini juga disebutkan memiliki noise 30% lebih sedikit dibanding kamera EXR 16MP yang beredar lainnya.

 

Desain kompak dan ergonomis

FinePix F770EXR memiliki tampilan sama dengan kamera kompak yang sudah hadir sebelumnya. Anda bisa membawanya dengan mudah kemana-mana, apalagi bagi Anda yang suka melakukan traveling dan ingin mengabadikan momen-momen yang ditemui dengan hasil yang berkualitas tinggi.

 

Kamera ini memiliki desain dan posisi tombol yang diperbaiki sehingga lebih mudah dioperasikan. Di bagian depan kamera diberikan handgrip karet yang ergonomis sehingga tangan bisa memegang dengan lebih stabil. Bagian atas kamera memiliki desain angle yang sama dengan seri terdahulu FinePix F600XR dengan pilihan yang simpel dan mode exposure, juga ditambah dengan tombol Function (Fn) untuk akses lebih cepat seperti setting ISO, simulasi Film dan sebagainya. Sedang display yang dibenamkan adalah LCD sebesar 3 inchi yang sangat cerah dan tajam karena memiliki 460.000 titik dan tetap terlihat jernih meskipun sedang di bawah terik matahari.

 

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Advanced Anti-Blur mode dimana kamera bisa mengambil gambar dalam 4 continues shot pada sensitifitas tinggi, dan menggabungkannya dengan teknologi image processing untuk mengoreksi efek getaran. Dengan fitur ini, akan dihasilkan gambar dengan noise dan getaran rendah saat tangan secara tak sengaja bergerak, misal saat memotret pada malam atau kondisi cahaya rendah lainnya, atau saat memotret dengan zoom panjang. FinePix F770EXR ini tersedia dalam warna hitam, merah, biru dan putih sedangkan grip karetnya hanya tersedia dalam warna hitam, merah dan biru.

 

Benaman teknologi zoom terkini

Kamera ini menjadi kamera termungil yang memiliki lensa berkemampuan optical zoom hingga 20x. Lensa F770EXR memiliki jangkauan fokal 25-500mm atau setara dengan kamera 35mm menawarkan kemampuan untuk membidik berbagai jenis kondisi, baik dari landscape wide-angle hingga memotret fokus pada binatang-binatang liar di kejauhan. Kemampuan jangkauan wide zoom tersebut menggunakan desain baru Double Sliding Lens System yang memberikan fitur 2 tambahan elemen lensa dengan konstruksi optik untuk memperpanjang kemampuan zoom dan memperbesar resolusi gambar. Dengan kemampuan tersebut, kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video fullHD 1080p dengan mode pemotretan P, A, S dan M.

 

Sensor EXR-CMOS yang dibenamkan di kamera ini cukup unik dan sudah dikembangkan oleh Fujifilm. Dengan EXR Auto, dimana secara otomatis akan mengoptimize pengaturan berdasarkan pada tipe scene, telah dikembangkan hingga 103 pola bidik yang berbeda, sehingga semakin meningkatkan kemampuan kamera untuk bisa memotret dalam kondisi cahaya rendah.

 

Sensor tersebut juga diklaim mampu mengurangi digital noise hingga 30% yang biasa terjadi pada versi sebelumnya saat digunakan untuk memotret dengan ISO tinggi. Hal ini disebabkan Fujifilm telah membentuk kembali dioda foto di dalamnya sehingga memungkinkan Anda untuk bisa memotret dengan lebih mendetail dalam kondisi cahaya rendah tanpa perlu menggunakan lampu flash.

 

Konstruksi sensor tersebut secara cerdas juga bisa mengubah karakteristiknya berdasar pada kondisi pencahayaan. Anda bisa memiliki mode prioritas High Resolution (HR) untuk mendapat kualitas foto terbaik atau Wide Dynamic Range (DR) untuk scene dengan kontras tinggi atau High Sensitivity and Low Noise (SN) untuk menghadirkan hasil yang sempurna dalam pencahayaan rendah, atau jika Anda tidak sempat memilih-milih mode tersebut, Anda bisa membiarkan kamera yang memilih dengan AUTO mode.

 

Fujifilm juga membenamkan fitur Intelligent Digital Zoom yang secara efektif melipatgandakan jangkauan fokal sehingga pengguna bisa mendapatkan pengaturan telefoto yang maksimum yakni 1000mm atau setara dengan angle view dari kamera 35mm, bahkan untuk menarik objek yang paling jauh. Dengan image processing yang cerdas, Anda tak perlu kuatir kualitas foto yang diambil menurun saat menggunakan zoom maksimal karena hasil yang didapatkan akan tetap sempurna.

 

Tak hanya lensa zoom yang panjang, kamera ini juga dibenami internal flash yang sudah dikembangkan sehingga mampu menjangkau subjek hingga 3.7m dimana saat digunakan memotret hanya dengan cahaya ambien, performa ISO bisa naik hingga 12.800. Kamera ini juga sudah mendukung format RAW dan continues shooting hingga 11 fps, untuk ukuran M. Sedang untuk merekam video bisa menghasilkan rekaman FullHD 1080p dengan kecepatan 30fps dan stereo sound dan bisa diputar dengan sempurna di HDTV Anda. Film berkecepatan tinggi bisa direkam hingga kecepatan 320fps dan semua mode movie sekarang sudah dilengkapi dengan Face Tracking Auto Focus sehingga Anda bisa menangkap wajah subjek dengan lebih tajam dan tepat bahkan saat sedang bergerak

 

Performa maksimal dan fitur GPS yang handal

Fujifilm F770EXR sudah dibenami dengan teknologi terkini dan ditingkatkan dibanding pendahulu-pendahulunya sehingga mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan. Kamera ini juga memiliki waktu start-up yang lebih cepat, yakni hanya 1.5 detik sehingga Anda tak akan ketinggalan momen saat harus memotret cepat namun kamera masih dalam kondisi padam. Waktu shot-to-shot kamera ini juga sangat singkat, yakni minimal 0.8 detik dan maksimal 1 detik saja. Demikian juga dengan AF speed yang diturunkan hingga 0.16 detik sehingga membuat pengguna bisa mengunci subjeknya dengan flash.

 

Satu lagi fitur terkini yang sudah dibenamkan di kamera ini sehingga membuatnya makin powerful. Yakni benaman fungsi GPS. Dengan antena baru yang memiliki sensitifitas tinggi, Anda bisa menemukan posisi kamera dengan lebih cepat dan akurat. Fitur yang dibenamkan dalam GPS ini termasuk Route Log dimana kamera akan membuat peta ilustrasi kemana saja Anda bepergian, serta Photo Navigation yang menunjukkan jarak dari dan arah ke lokasi sebelumnya akan ditampilkan.

 

Dengan fungsi MY Landmark, pengguna bisa merekam dan mengedit tempat-tempat favorit, juga dibenamkan fitur Landmark Navigator yang memiliki 2 cara yang berbeda menurut bagaimana kamera ini dijalankan. Kamera ini juga bisa menunjukkan landmark terdekat dan terjauh dari posisi pengguna. Tegakkan kamera dan posisikan seperti mau memotret, dan Anda bisa melihat nama landmark terdekat juga landmark yang terjauh. Bidikkan lensa ke bawah dan LCD akan mengonversi tampilan radar untuk menunjukkan lokasi dimana Anda berdisi.

 

Spesifikasi :

Sensor size¬†¬† ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 1/2″ (6.4 x 4.8 mm)

Effective pixel        : 16 mega-pixel

Sensor                             : EXRCMOS

Zoom                    :  High quality Fujinon 20x optical zoom covering 25-500mm (equivalent to a 35mm camera), Intelligent Digital Zoom boosting range to approx. 40x

Display                   :  3.0-inch LCD with 460,000 dots

Zoom                    : 20x (Optical) / 2x (digital)

ISO                         : ISO 100-12800 (ISO 6400 is effective in image size M or lower, ISO 12800 is effective in image size S)

Focal length¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 25 ‚Äď 500 mm

Features                :  Full 1080p HD movie capture, P, A, S, M exposure modes for creativity plus Scene modes, RAW file capture, Film simulation modes, Macro focusing down to 5cm, Optical image stabilisation, Motion Panorama 360 mode, High sensitivity GPS

Memory                 : internal 30 MB

Storage type          : SD/SDHC/SDXC

Connectivity          : USB 2.0, miniHDMI

Battery                  : Lithium-ion NP-50A rechargeable battery and charger

Dimension             : 105 x 63 x 36 mm/234 g

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments