Blocks Wearables, Konsep Smartwatch dengan Komponen Bongkar Pasang

Blocks_WearableGagasan tentang perangkat mobile modular yang diantaranya dikembangkan oleh Google lewat Project Ara dan PuzzlePhone oleh Circular Devices, sejatinya tak hanya menyasar segmen smartphone. Perangkat wearable device lain seperti smartwatch pun mulai dilirik oleh beberapa konsorsium. Yang sudah menampilkan prototype ke publik adalah Blocks Wearables yang merupakan bagian dari Phoneblocks.

Produk jam tangan pintar modular yang diberi nama Blocks ini sejatinya telah diumumkan sejak pertengahan tahun 2014 lalu. Dan di ajang CES 2015 ini kembali dipertontonkan prototype awal dan mock-up Blocks yang kemungkinan besar tampilan finalnya akan seperti itu. Block memungkinkan penggunanya membongkar pasang komponen atau modul sesuai selera.

Seperti yang dilansir thePONSEL dari Theverge, prototype smartwatch modular ini terlihat di stan besar Intel sebagai salah satu partisipan pada kompetisi “Make it Wearable”. Pada dasarnya, setiap smartwatch Blocks harus memiliki blok inti yakni layar yang sekaligus berisi prosesor, sensor gerak, dan Bluetooth.

Modular Wearable Device

Blok inti tersebut mendukung fitur seperti notifikasi, perpesanan, email, pengingat kalender dari smartphone yang terhubung. Kabarnya, Modular Wearable Device akan mendukung platform sistem operasi Android, iOS dan Android Wear.

Blocks Wearables

Menurut rencana, Block akan ditawarkan melalui Kickstarter mulai bulan Juni 2015 dan jam tangannya sendiri akan dikapalkan akhir tahun. Komponen dasar berupa ‘watch face’ akan dibanderol 150 USD atau sekitar Rp 1,8 jutaan, sedangkan modul tambahannya bisa diperoleh mulai 20 USD sampai 40 USD. Sementara untuk paket komplitnya, Blocks Wearables akan ditawarkan seharga 200 USD sampai 300 USD.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments