Aakash 2, Tablet ICS 1GHz Dibanderol Rp 200 Ribuan

Jika tahun lalu Datawind merilis Tablet PC seharga Rp 500 ribuan untuk pasar India yakni Aakash Ubislate 7 Tablet, kini produsen elektronik berbasis di Inggris ini kembali menggebrak dengan produk Tablet PC murah terbarunya: Aakash 2. Sebelumnya, Aakash 2 sendiri pernah dirumorkan bakal dirilis tidak lama setelah Aakash Ubislate 7. Namun, masih menggunakan versi Android 2.3 Gingerbread.

Saat ini, Aakash 2 sendiri telah beredar luas di pasaran India dan telah menggunakan OS Android versi 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Seperti model pertamanya, Aakash 2 juga mendapat subsidi dari pemerintah India dan dibanderol dengan harga yang sangat murah.

Berdasarkan informasi yang didapat thePONSEL, sekitar 572 unit pertama Aakash 2 akan didistribusikan ke 20 perguruan tinggi di India. Selain itu, sebanyak 100.000 unit tablet akan ditawarkan ke sekolah-sekolah dan perguran tinggi dengan harga yang sudah disubsidi senilai 1.130 Rupee atau sekitar Rp 192.000,-. Sementara itu, untuk pasar umum Aakash 2 ditawarkan seharga 2.263 rupee atau sekitar Rp 384.000,-.

Secara tampilan, Aakash 2 ini memang tak jauh beda dengan pendahulunya. Yakni menggunakan layar 7 inci beresolusi 800×480 piksel. Namun, Aakash 2 memiliki peningkatan di sisi prosesor dan sistem operasi. Tablet PC ini telah menggunakan prosesor ARM Cortex-A8 dengan clock speed 1GHz, dan didukung memori RAM 512MB plus storage 4GB, yang dapat diekspansi menggunakan slot microSD berkapasitas maksimal 32GB.

Sebagai pemasok daya, Aakash 2 didukung baterai lithium ion dengan kemampuan menyediakan waktu penggunaan hingga 4 jam. Di sector multimedia, Aakash 2 Tablet menyediakan kamera VGA di bagian depan yang bisa digunakan sebagai webcam atau video chat, ada juga audio/video player serta beragam aplikasi/game menarik yang dapat didownload dari Google Play Store.

Untuk versi umum, Datawind menjual Aakash 2 dengan nama yang lain yakni Ubislate 7Ri dan Ubislate 7Ci. Masing-masing dibanderol dengan harga 3.499 Rupee atau Rp 600 ribuan dan 4.499 Rupee atau Rp 780 ribuan. Perbedaannya ada pada jenis layar yang digunakan. Ubislate 7Ri masih berjenis Resistive, sedangkan yang Ubislate 7Ci sudah Capacitive. Keduanya cuma sebatas mendukung koneksi WiFi.

Bagi yang ingin mendapatkan versi lain, yang mendukung koneksi GPRS dan WiFi, Datawind juga menyediakan Ubislate 7R+ dan Ubislate 7C+ dengan banderolan 3.999 Rupee atau Rp 700 ribuan (7R+) dan 4.799 Rupee atau Rp 830 ribuan (7C+).

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
gajlug
gajlug
7 years ago

ah di india…ngapain jg di berita in kl ga di jual dimari…..!!

Erwin AW
7 years ago

Murah amat… jangan2 bahannya dari limbah bekas ya?… tp boleh jg dicoba. Kapan bisa launching ke Indonesia?…

momok beulah
momok beulah
7 years ago

cepet rusak,batre cepat habis,tdk ada blvetooth,kamera parah

mizz purple
7 years ago

ya….murah amet..pasti ia bagus ni….tapi apa ia bisa diguna untk menelefon atau ngak ya?

Pencinta Samsung Prodak

benar (Y)