XL – BNI

Layanan ”Transfer Instan” dari XL-BNI

PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) kembali menggandeng industri perbankan dalam memperluas layanan selulernya. Kali ini, lewat layanan ”Transfer Instan” XL bersinergi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Inovasi ini berupa layanan pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia serta pengiriman uang domestik secara instan dan aman.

Hasnul Suhaimi Presiden Direktur XL menyatakan, “Kami menyambut positif kerja sama strategis antara XL dan BNI dalam menghadirkan inovasi Transfer Instan yang merupakan wujud apresiasi dan kepedulian bagi saudara kita, para tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang telah mejadi pahlawan devisa. Hal positif lainnya adalah bahwa BNI telah dikenal sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar dan berjaringan luas di Indonesia yang tentu saja merupakan mitra strategis bagi XL dalam mengembangkan layanan baru untuk pengembangan bisnis serta menghadirkan beragam layanan yang bermanfaat bagi masyarakat, yang berbasis konvergensi teknologi telekomunikasi dan keuangan.”

Di kesempatan yang sama, Gatot M Suwondo Direktur Utama BNI mengatakan, ” Bagi BNI peluncuran Transfer Instan ini akan menambah keleluasaan masyarakat dalam melakukan transaksi berupa pengiriman uang secara lebih mudah dan cepat. Layanan ini akan melengkapi layanan pengiriman uang yang sudah ada di BNI yaitu, yaitu pengiriman uang melalui outlet BNI di dalam dan luar negeri, melalui jaringan bank koresponden BNI di seluruh dunia dan melalui layanan electronic banking (BNI ATM, BNI Phonebanking, BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking dan BNI Internet Banking. ”

GM Business Development XL Gufron Mahmud, menambahkan, ”Untuk menunjang layanan ini, XL menggunakan aplikasi Transfer Instan yang dibangun dan di-host oleh XL. Kemudian aplikasi tersebut diintegrasikan dengan sistem perbankan BNI dan layanan selular XL baik 3G maupun GSM sehingga dapat menjangkau masyarakat luas. Dapat dikatakan bahwa peran XL pada layanan ini adalah menyediakan infrastruktur dan aplikasi layanan, sementara arus aliran dana dilakukan oleh BNI. Untuk kehandalan dan keamanan operasional aplikasi kami ini telah diaudit oleh pihak auditor independen.”

Sebagai tahap awal, layanan Transfer Instan dapat dinikmati di Hongkong untuk layanan pengiriman uang ke beberapa wilayah di Indonesia. Untuk dapat menikmati kemudahan layanan ini masyarakat baik pengirim dan penerima tidak harus memiliki akun di bank, yang penting penerima yang dituju memiliki nomor XL, baik prabayar maupun pascabayar. Dan pada saat melakukan pengiriman uang, pengirim hanya cukup memberikan data diri serta penerima dana di Indonesia yang berupa nomor identitas diri (KTP), tanggal lahir dan nomor selular. Kemudian petugas BNI akan memasukkan data-data tersebut kedalam sistem dan melakukan proses pengiriman. Setelah proses ini selesai, sistem kami secara real time akan mengirim SMS notifikasi ke penerima yang berisi pemberitahuan bahwa pelanggan XL tersebut telah mendapatkan pengiriman uang beserta kode khusus untuk pengambilan uang.

Penerima dapat mengambil dana tersebut di cabang BNI yang melayani Transfer Instan dalam kurun waktu sampai dengan 14 hari. Kalau sampai batas waktu tersebut tidak diambil, maka dananya akan dikembalikan ke pengirim. Penerima dana cukup menunjukkan SMS notifikasi ini dan identitas diri berupa KTP kepada petugas BNI pada saat melakukan pengambilan uang. Tarif atas layanan ini adalah HK D15 untuk transaksi sampai untuk sementara ini maksimal HK D1,000. Biaya dikenakan ke pihak pengirim saat prosess pengiriman, sementara penerima dana tidak dikenakan biaya apapun.

”Disamping perluasan daerah tujuan pengiriman dan pengiriman uang domestik, pengembangan layanan pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia akan terus kami lakukan diantaranya Malaysia, United Arab Emirates dan lain-lain. Negara-negara tersebut termasuk negara yang akan menjadi target kami karena di negara tersebut bermukim tenaga kerja Indonsia dengan jumlah yang besar,” imbuh Gufron.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments