Dell ‘Belum Serius’ Garap Pasar Smartphone dan Tablet PC

Dell-IndonesiaTahun ini, produsen perangkat PC portable, Dell merilis produk terbarunya yakni Inspiron Seri 7000, Inspiron 11 Seri 3000, dan Vostro 5470. Lewat tiga ‘gacoan’ paling gress ini, Dell Indonesia coba membidik pasar kelas middle up atau menengah ke atas.

Untuk type Inspiron 11 seri 3000 dijual di kisaran harga 400 hingga 459 dolar As. Sementara Inspiron seri 7000 dijual dengan harga 999 hingga 1200 dolar AS. Lalu untuk  Vostro 5470 dijual di harga 500 hingga 600 dolar AS.

“Untuk ketiga laptop ini, kami optimistis penjualan akan sangat baik di Indonesia karena didukung pertumbuhan kelas menengah yang cukup tinggi,” ujar Primawan Badri, Country Manager and Director – Consumer Dell Indonesia saat memperkenalkan beberapa seri terbaru laptop mereka di Surabaya, Jumat (20/12).

Selain memproduksi laptop, Dell sebelumnya telah membesut perangkat smartphone bertitel Dell Streak, dan penjualannya pun cukup bagus. Sayangnya, ketika ditanya kapan akan memproduksi smartphone atau bahkan tablet, pihaknya belum mengaku tertarik meramaikan persaingan pasar smartphone atau tablet.

Padahal menurut data International Data Corp (IDC), pertumbuhan pasar tablet akhir-akhir ini kian menggerus pasar laptop dan notebook, baik di tingkat global maupun nasional.

“Diakui pasar tablet pertumbuhannya lebih tinggi daripada laptop. Namun pasar laptop masih cukup besar sehingga kami tetap fokus di pasar laptop untuk saat ini. Beberapa vendor lain juga masih fokus di pasar laptop kendati pertumbuhannya kalah dibanding tablet dan smartphone,” tambah Primawan.

Meski demikian, tak tertutup kemungkinan di masa mendatang Dell Indonesia akan mempertimbangkan untuk memproduksi tablet yang bisa dijual di pasar Indonesia.

Berdasarkan riset International Data Corp (IDC), penjualan tablet secara global mencapai puncaknya pada tahun 2013 dengan angka sekitar 222,1 juta unit, atau tumbuh tak kurang dari 50 persen dibandingkan tahun lalu. IDC pun memperkirakan pada 2014 mendatang penjualan tablet akan tetap tumbuh sekitar 22 persen menjadi 270,5 juta unit. (AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments