Nokia is Back! Ini Spesifikasi dan Harga Ponsel Terbaru Nokia

Mobile World Congress (MWC) 2018 jadi momen penting HMD, sebagai pemegang merek Nokia, untuk kembali meramaikan bisnis perangkat mobile global. Tidak hanya menggebrak lewat perangkat anyar berteknologi zaman now, HMD juga merilis dan mengemas ulang salah satu ponsel legendarisnya.

Empat diantaranya sudah mendukung platform Android, yakni Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, New Nokia 6, dan Nokia 1. Satu produk lainnya merupakan ponsel fitur berkode Nokia 8110, yang memiliki desain melengkung bak ‘pisang’.

Penasaran seperti apa spesifikasi yang diusung dan berapa banderolan harga dari kelima produk baru Nokia ini, berikut ulasannya:

1. Nokia 8 Sirocco
Produk pertama yang akan dibahas ini bisa dibilang sebagai smartphone termahal dari lima produk anyar Nokia ini. Sirocco sendiri pernah menyandang sebagai sub brand Nokia untuk produk-produk eksklusif vendor Finlandia ini. Di Nokia 8 Sirocco, HMD menjejalkan sederet fitur kekinian seperti storytelling yang hebat, termasuk Dual-Sight yang disempurnakan, optik ZEISS dan akustik dengan audio spasial Nokia yang dirancang dengan baik.

Nokia 8 Sirocco mengusung layar pOLED 2K berukuran 5.5 inci dengan bodi berbentuk curve dan bezel tipis, dengan ketebalan sisi hanya sekitar 2 mm yang membuatnya terlihat ultra-compact. Disainnya juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5 3D dan membalut bingkai baja yang diklaim 2,5 kali lebih kuat dari aluminium seri 6000.

Nokia 8 Sirocco sendiri mengunggulkan sektor fotografi yang disokong kamera ganda beroptik ZEISS, yang menggabungkan kamera utama ultra-sensitif, wide angle untuk performa cahaya rendah yang mengesankan, dan sensor sekunder 13MP dengan zoom optik 2x, Nokia 8 Sirocco kini bisa menangkap setiap detail. Mode Pro Camera-nya juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan kontrol manual secara penuh atas setiap gambar yang Anda ambil, membantu Anda untuk mengambil foto seperti seorang pro.

Nokia 8 Sirocco akan mulai tersedia di pasaran global awal April 2018 dengan harga retai sebesar 749 Euro atau sekitar Rp12,5 jutaan.

2. Nokia 7 Plus
Seperti halnya Nokia 8 Sirocco, produk kedua Nokia ini pun masih mengedepankan teknologi kamera. Fitur Dual-sight plus dua sensor kamera belakang dengan optik ZEISS yang menggabungkan kamera utama wide angle 12 MP, dan kamera sekunder 13MP dengan zoom optik 2x jadi fasilitas utama Nokia 7 Plus.

Jeroannya dipercayakan pada SoC Snapdragon 660 yang punya performa maksimal dan masa pakai baterai lebih panjang, bahkan saat Anda menayangkan video #Bothie Anda secara langsung di Facebook atau YouTube. Nokia 7 Plus disokong baterai 3800 mAh- yang diklaim tahan hingga 2 hari.

Nokia 7 Plus tampil kekinian dengan layar Full HD+ 6.0 inci yang cerah dengan rasio 18:9. Smartphone ini akan mulai dipasarkan awal April dan akan dijual dengan harga global retail rata-rata 399 Euro atau sekitar Rp6,8 jutaan, serta tersedia dalam dua pilihan warna campuran, Black/Copper dan White/Copper.

3. New Nokia 6
Melanjutkan kesuksesan Nokia 6 Series, HMD juga merilis versi updatenya yang hadir dengan kinerja yang lebih kuat dan juga beragam fitur baru. Tampilannya pun lebih kompak. Nokia mengklaim kinerjanya 60% lebih cepat dari pendahulunya, New Nokia 6 yang baru menawarkan kamera Dual-Sight yang disempurnakan, dengan optik ZEISS, pengisian cepat USB-C, rasio layar-ke-bodi yang lebih ringkas, audio spasial Nokia dan Android Oreo yang murni, aman dan up-to- date.

New Nokia 6 membawa desain presisi pendahulunya ke tingkat berikutnya dengan menggabungkan unibody yang terbuat dari aluminium seri 6000 yang solid dengan proses anodisa dan polishing two-tone yang berlangsung selama 11 jam.

New Nokia 6 tersedia dalam tiga perpaduan warna: Black/Copper, White/Iron and Blue/Gold, serta dua konfigurasi RAM 3GB / 32GB ROM, yang akan tersedia pada awal April, atau RAM 4GB / ROM 64GB yang akan datang setelahnya, New Nokia 6iii akan dijual pada awal April dengan banderol 279 Euro atau sekitar Rp 4,6 jutaan.

4. Nokia 1
Nokia 1 bakal menjadi smartphone Android Go murah besutan HMD, yang akan bersaing dengan beberapa produk serupa di akhir kuartal pertama 2018 nanti. Smartphone yang memiliki konsep desain ‘bongkar pasang’ dibagian cover belakang yang dulu dikenal dengan istilah Xpress-on cover ini disokong RAM 1GB.

Tersedia mulai awal April dengan pilihan warna Warm Red dan Dark Blue untuk para penggemar di seluruh dunia, Nokia 1 akan dijual dengan harga global 85 dolar AS atau sekitar Rp1 jutaan.

5. Nokia 8110
Desain yang diusung oleh Nokia 8110 versi kekinian ini cukup legendaris. 20 tahun-an lalu, popular dengan sebutan “Nokia Pisang”. Ini karena konstruksi fisiknya yang melengkung bak pisang. Dan di versi terbaru ini, Nokia 8110 sudah dibekali jaringan 4G LTE dan layar warna.

Meski hanya merupakan ponsel fitur, Nokia 8110 ini ternyata sudah dibekali chipset Qualcomm 205 serta didukung beberapa fitur menarik seperti Google Assistant, Google Search, Google Maps, Facebook dan Twitter, mengirim dan menerima email atau mengimpor kontak dan menyelaraskan kalender Anda dengan Outlook dan Gmail.

Menurut rencana, Nokia 8110 akan tersedia pada mulai bulan Mei dan akan dijual dengan harga global retail rata-rata 79 Euro atau sekitar Rp 1jutaan.

 

More in Vendor
Ini Dia OPPO F5 Limited Edition Terbaru

Close