Capai 90 Milyar Download, Publisher Aplikasi Mobile Raup Untung Hingga USD 89 Milyar

APPS
Berdasarkan laporan restrospektif App Annie, tren pasar aplikasi mobile selama tahun 2016 mengalami masa gemilang bagi para publisher. Hal ini juga tidak lepas dari makin berkembangnya perangkat smartphone, termasuk kian banyaknya aplikasi mobile yang mampu mendukung semua aktifitas pengguna.

Laporan yang dirilis oleh perusahaan intelijen bisnis dan data aplikasi mobile ini, mencakup pertumbuhan ekonomi dari aplikasi mobile secara keseluruhan, dengan mengungkap jenis industri yang sedang tren dan negara yang mengalaminya.

“Sebagaimana teknologi dan model bisnis terus berkembang, aplikasi memainkan peran yang lebih besar dalam mengubah dan menciptakan peluang untuk perusahaan dan industri, baik yang telah berjalan ataupun baru dimulai,” kata Danielle Levitas, Senior Vice President of Research App Annie.

Masih dari laporan tersebut, dengan adanya pertumbuhan mengunduh aplikasi serta menggunakannya, pendapatan publisher tersebut meningkat sebesar 40 persen di setiap tahunnya, peningkatan semakin melesat di atas tahun 2015 dengan menghasilkan 35 miliar dollar dari toko aplikasi iOS dan Google Play.

Jika iklan di dalam aplikasi juga dihitung dari pendapatan toko aplikasi resmi dan tidak resmi di tahun 2016, publisher telah meraih keuntungan sebesar 89 milyar dollar. Pengunduhan aplikasi tumbuh sebanyak 15 persen di seluruh dunia melalui iOS dan Google Play dengan total waktu yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi naik sebesar 25 persen.  Selanjutnya, laporan ini menyatakan bahwa rata-rata pengguna menggunakan 30 aplikasi setiap bulan di berbagai toko aplikasi.

“Kami melihat indikasi utama dari pergeseran ini secara global. Penerapan aplikasi sedang berkembang pesat di pasar negara berkembang termasuk India dan Indonesia, sementara pasar di negara maju terlihat jika aplikasi tersebut sedang menantang dan mengubah industri tradisional termasuk ritel, hiburan dan perbankan”, tutup Danielle.

Dari laporan statistiknya, China dan India jadi negara dengan tingkat unduh terbanyak di AppStore dan Play Store. Sementara Indonesia ada di peringkat keempat untuk unduhan di Play Store. Sementara untuk tingkat pendapatan publisher, China dan Jepang paling tinggi.

Laporan Statistik :

Negara Teratas dengan Tingkat Unduh Terbanyak

iOS 2016 Google Play 2016
China India
Amerika Serikat Amerika Serikat
Jepang Brasil
Inggris Indonesia
Rusia Rusia

 

Negara Teratas dengan Tingkat Pendapatan Tertinggi

iOS 2016 Google Play 2016
China Jepang
Amerika Serikat Amerika Serikat
Jepang Korea Selatan
Inggris Jerman
Australia Taiwan

More in News
Ponsel-Walkie-Talkie
Ini Dia! 5 Ponsel Murah dengan Fungsi Walkie Talkie

Close