5 Ponsel dengan RAM 6GB ini Sudah Dijual di Indonesia

6GB
Selain chipset prosesor, sokongan RAM yang besar juga menjadi salah satu indikator penting sebuah ponsel akan memiliki kinerja yang baik. Semakin besar kapasitas RAM yang dibawa, maka kemampuan ‘sejati’ ponsel tersebut pun akan prima.

Jika sebelumnya pasar ponsel tanah air dimeriahkan oleh ponsel-ponsel yang memiliki RAM 4GB, kini belakangan muncul jajaran ponsel baru dengan sokongan RAM 6GB. Menariknya, ponsel pintar yang rata-rata masuk dalam kelas flagship ini pun sudah tersedia di beberapa online store tanah air dan siap untuk dibeli.

Penasaran ponsel apa saja sih yang punya RAM 6GB tersebut? Berikut ulasannya:

1. Xiaomi Mi Mix

Ponsel dengan bezel super tipis, malah nyaris tanpa bezel, ini memiliki layar berukuran besar, yakni 6.4 inci berjenis IPS dengan resolusi 1080×2040 piksel. Cocoknya sih disebut phablet. Bodinya menggunakan bahan keramik, yang membuatnya terlihat premium. Tak hanya itu, sensor kamera dan fingerprint juga dihiasi lis emas 18 karat, yang membuatnya tambah mewah.

Seperti disinggung sebelumnya, Xiaomi Mi Mix merupakan salah satu ponsel dengan RAM 6GB pertama yang mulai dijual di pasaran. Kinerja terbaiknya ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 821 dengan prosesor Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×2.19 GHz Kryo) plus GPU Adreno 530, dan penyimpanan internal 256GB.

Sementara untuk mengabadikan gambar sudah dijejalkan kamera berukuran 16 megapiksel di bagian belakang yang telah dibekali dengan fitur HDR, laser dan phase detection autofocus serta dual LED dual tone flash. Sedangkan untuk selfie, Xiaomi Mi Mix sudah menyandang kamera berukuran 5 megapiksel.

Untuk harga, ponsel pintar yang dijual dengan garansi distributor selama 1 tahun ini dibanderol sekitar Rp 10.999.000,-

2. Xiaomi Mi 5s Plus

Agak sedikti berbeda dengan Mi Mix, ponsel besutan Xiaomi kedua yang juga dibekali RAM 6GB ini memiliki layar berukuran 5.7 inci. Resolusi layar IPS-nya sudah full HD dengan kecerahan hingga 550 nit. Bodinya cuma berlapis metal, tidak keramik layaknya Mi Mix.

Meski begitu, Xiaomi Mi 5s Plus ini sudah disokong spesifikasi hardware yang sama seperti Mi Mix. Chipset yang digunakan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 dengan prosesor Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×2.19 GHz Kryo) plus GPU Adreno 530, dan penyimpanan internal 128GB.

Keistimewaan Mi 5s Plus terletak pada dua buah sensor kamera RGB dan monokrom di bagian belakang perangkat yang masing-masing memiliki resolusi sebesar 13 megapiksel. Meski mampu menghasilkan kualitas gambar dengan ditel tajam di tempat minim cahaya, namun kamera tersebut tidak bisa membuat foto dengan efek bokeh layaknya ponsel sejenis. Di bagian depan, ponsel ini disokong kamera 4 megapiksel berteknologi UltraPixel untuk hasil foto selfie terbaik. Xiaomi Mi 5s Plus dilengkapi baterai 3800 mah yang mendukung fungsi fast charging.

Di pasaran, Xiaomi Mi 5s Plus dibanderol dengan harga sekitar Rp 6.800.000,- dan hanya mendapatkan garansi distributor.

3. OnePlus 3T

Meski secara resmi perwakilan OnePlus sudah tidak ada lagi di Indonesia, namun beberapa produk OnePlus nyatanya masih banyak diperjualbelikan di onleine store tanah air, salah satunya adalah OnePlus 3T. Ponsel ini hadir dengan layar berukuran 5,5 inci berjenis panel optik AMOLED yang memiliki tingkat kecerahan hingga 439 nit. Perlindungan kaca Corning Gorilla Glass 4 juga telah ditambahkan ke perangkat agar layarnya lebih tahan terhadap goresan benda tajam.

Sesuai tema yang diangkat dalam tulisan ini, OnePlus 3T pun disokong RAM 6GB dengan penyimpanan internal 128GB. Jeroannya sendiri menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821, Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo) dengan GPU Adreno 530.

Ponsel pintar yang dibanderol dengan harga distributor Rp 7.130.000,- ini juga dilengkapi kamera 16 megapiksel yang membawa fitur HDR, OIS, phase detection autofocus serta LED Flash. Menariknya, Anda juga dapat mengabadikan foto dengan resolusi 16 megapiksel menggunakan kamera yang diletakkan di bagian depan.

4. Huawei Mate 9 Pro

Ponsel jagoan dengan RAM 6GB yang juga bisa Anda dapatkan di pasar domestik ini, sejatinya khusus diproduksi untuk pasar Tiongkok.Memiliki layar berdiagonal 5,5 inci berjenis AMOLED, pengguna dimanjakan dengan resolusi 2K yang disajikannya.

Urusan jeroan, Huawei Mate 9 Pro didukung dapur pacu Kirin 960 serta GPU Mali G71 dengan standar grafis Vulkan. Kombinasi RAM 6GB dengan ruang internal 128GB jadi senjata utama perangkat ini untuk menghadirkan kinerja perangkat yang mumpuni.

Kamera Mate 9 pro telah dipersenjatai dengan sensor monokrom berukuran 20MP serta sensor RGB berkekuatan 12MP di bagian belakang. Dibuat dari hasil kerjasama antara Huawei dengan Leica, kamera Mate 9 Pro siap hasilkan foto dengan kualitas yang meningkat jauh bila dibandingkan dengan pendahulunya Huawei P9. Sistem operasi Android Nougat 7.0 juga sudah disematkan ke dalam perangkat yang juga telah dipercantik dengan antarmuka khas EMUI 5.0 ini.

Anda yang ingin membeli Huawei Mate 9 Pro ini bisa mendapatkannya dengan harga Rp 12.999.000,- dengan garansi distributor.

5. Asus Zenfone 3 Deluxe

Dari kelima perangkat yang masuk dalam daftar ini, Asus Zenfone 3 Deluxe saja yang sudah tersedia di pasaran melalui jalur resmi. Anda yang berminat dengan ponsel anyar ini bisa memilih varian dengan ruang penyimpanan internal 64GB atau 256GB yangh dijual dengan selisih harga dua juta rupiah.

Mengusung layar super AMOLED 5,7 inci, pengguna dimanjakan dengan resolusi full HD yang dibawanya. Lapisan kaca Corning Gorilla Glass 4 jadi andalan Zenfone 3 Deluxe untuk melindungi layar dari goresan benda keras. Sementara untuk kinerja, Zenfone 3 Deluxe mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 821 yang telah ditemani dengan RAM berukuran 6GB serta GPU Adreno 530.

Di bagian belakang sudah terpasang kamera berukuran 23 megapiksel yang telah dilengkapi pula dengan sederet fitur seperti laser dan phase detection autofocus, OSI dan dual LED dual tone flash. Fitur HDR juga memastikan produksi gambar dengan kualitas prima pada lingkungan kontras gelap-terang. Kemampuan mengabadikan video 4K juga jadi andalan dari perangkat ini dalam memikat calon konsumen. Sedangkan untuk bagian depan, Asus membenamkan kamera dengan resolusi 8 megapiksel yang juga sanggup mengabadikan video full HD.

Untuk banderolan harganya, Asus Zenfone 3 Deluxe bermemori internal 64GB ditawarkan sekitar Rp 9.099.000,- sementara untuk yang 256GB dijual seharga Rp 11.099.000,-

Tertarik dengan salah satunya?

More in News
Evercoss-Winner-Y-Smart
Dibanderol Murah, Ponsel Lokal ini Dukung 4G LTE Semua Operator

Close