Cegah Kegagalan Implementasi Sistem ala Equine Global

equine
PT Equine Global adalah salah satu perusahaan konsultan dan penyedia solusi IT terbaik di Indonesia, terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam hal pengelolaan sistem informasi, jasa IT profesional,  jasa pengembangan sistem informasi dan pelatihan tenaga kerja IT bagi perusahaan. Melalui solusi dan tenaga kerja profesionalnya, PT Equine Global menggelar seminar yang bertajuk “Avoid Failed System Implementation” pada 5 Oktober 2016, di JW Marriott Hotel-Jakarta.

“Persaingan bisnis serta semakin tingginya tuntutan pelanggan, memaksa perusahaan untuk meletakkan unsur governance, manajemen resiko serta kesesuaian dengan aturan atau standar regulator (Governance, Risk, and Compliance) menjadi hal yang sangat penting agar Teknologi Informasi dapat benar-benar memberikan dukungan kepada pengembangan bisnis perusahaan”, tutur Hendra Kusumawidjaja, Direktur Pengembangan Bisnis PT. Equine Global.

Salah satu bentuk adalah keberhasilan sebuah implementasi sistem (baik infrastruktur ataupun aplikasi) sangatlah penting.  Namun dari hasil studi di sektor IT, tercatat sekitar 47% dari proyek yang gagal mencapai tujuan akhir justru disebabkan karena persyaratan manajemen yang buruk.

Inilah yang melatarbelakangi PT Equine Global menggelar seminar bagi para pelaku bisnis, yang membutuhkan bantuan dalam mengidentifikasi dan mengembangkan kebutuhan bisnis yang tepat.

Gina Priadini, Direktur Delivery PT Equine Global mengatakan, “Menarik melihat bahwa dari waktu ke waktu semakin tumbuhnya kesadaran mengenai bagaimana organisasi bisnis mengadopsi  sistem adalah bukan hanya mengenai bagaimana organisasi tersebut memiliki budget dan kebutuhan, namun yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana secara sadar pemilik business memilih untuk menata SOP dan membakukan business flow di organisasi businessnya, sebelum sistem diimplementasikan. Di situ, peran kami hadir untuk sebagai business partner untuk melakukan pendampingan berdasarkan best practice dengan pendekatan yang terstruktur dan tepat guna”.

“Disamping pentingnya penataan dan pengkinian SOP, adalah sangat penting untuk perusahaan mampu mendefinisikan kebutuhan aplikasi yang diambil dari kebutuhan kunci dari business yang sedang dijalani. Dengan adanya BRD (Business Requirement Design)  berarti untuk pengadaan sistem yang baru harus berdasarkan definisi kebutuhan tadi, sehingga dalam implementasinya akan sangat membantu memudahkan proses implementasi serta meningkatkan faktor keberhasilan dari implementasi itu sendiri” tambah Hendra Kusumawidjaja.

Di sesi pertama acara, Prof. Eko Indrajit, IT Practitioner and President Association of Higher Learning Institution in Computing and IT, mempresentasikan aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam mengimplementasi sebuah sistem baru. Selain itu dibahas kiat-kiat implementasi Governance, Risk dan Compliance terutama dalam menyikapi beberapa regulasi dari regulator (PERMEN BUMN No. PER-02/MBU/2013 & PBI 9/2014). Pemaparan lebih dalam terkait IT Governance, Manajemen Resiko dan Compliance juga disampaikan langsung oleh Mohammad Mukhlis, Senior Vice President Head of Project Management Office IT Indonesia Stock Exchange (BEI), diikuti dengan paparan pengalaman implementasi sistem TI oleh Dewi Aryanti SSos, Msi, CERG.

Hendrix Yapputro, GM PT Equine Global, juga memaparkan lebih dalam dan komprehensif semua layanan Consulting yang dimiliki oleh Equine sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan terkait System Readiness, Master Plan TI, IT Governance, IT Risk, dan Compliance terhadap peraturan pemerintah tersebut.

Acara ini didukung pula oleh partner Equine Global seperti Lenovo, Blue Power Technology, dan Optima Solusindo Informatika, perusahaan-perusahaan penyedia solusi TI, serta dihadiri oleh pimpinan maupun senior dan middle manajemen dari berbagai perusahaan berlatar belakang industri Jasa Keuangan, Telekomunikasi, Distribusi / Ritel, Energi, dan Manufaktur di Indonesia.

“Komitmen PT Equine Global adalah untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi IT bagi para pelaku bisnis dalam mencapai tujuan utama perusahaan serta kualitas bisnis yang lebih baik. Dengan implementasi sistem manajemen sumber daya yang kami tawarkan, juga dapat mendukung terciptanya kepastian proyek tepat waktu, sesuai anggaran dan cocok dengan tujuan perusahaan”, tutup Gina Priadini.

More in Event
xsis
Gelar Seminar, PT Xsis Siapkan Tenaga Profesional Sektor TI

Close