Review: ASUS Zenfone Go ZB452KG, Tampil Trendi Harga Terjangkau

Asus-Zenfone-Go-ZB452KG
Jelang Ramadhan dan Lebaran 2016 ini, pasar ponsel tanah air kembali dibanjiri smartphone murah namun memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi. Tak hanya merek lokal, pemain global sekelas Asus pun kembali menunjukan eksistensinya. Lewat produk ‘murah meriah’ terbarunya Zenfone Go ZB452KG, Asus sepertinya ingin kembali mendulang sukses lewat Zenfone Series ini.

Dengan banderolan harga yang tergolong sangat terjangkau yakni sekitar Rp 1.099.000,- (bahkan di beberapa e-commerce tanah air ada yang menjual dengan harga Rp 999.000), Asus Zenfone Go ZB452KG ini bisa dibilang merupakan versi murah dari varian Zenfone Go yang ada di pasaran. Sebelumnya, Asus juga merilis beberapa varian Zenfone Go seperti ZC500TG, ZC500KG, T500 dan ZC451TG.

Nah, untuk pengguna feature phone yang ingin beralih ke smartphone, Asus Zenfone Go ZB452KG sepertinya sangat cocok. Untuk lebih jelasnya, bisa menyimak review lengkap smartphone murah terbaru Asus ini.

Desain Mungil, Tampilan Trendi
Secara tampilan, Zenfone Go ZB452KG ini mirip dengan generasi awal Zenfone Series kelas murah seperti Zenfone 4. Bahkan, memiliki dimensi yang hampir serupa dengan Zenfone C. Karakter disain ergonomik khas Zenfone Series pun tetap diusung ponsel murah ini. Yang pasti, dengan konsep disain ini Anda akan merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses fungsi yang ditawarkan.

Asus Zenfone Go ZB452KG mengusung exquisite hairline design with metallic finish, dan membuat cover belakangnya terlihat mewah. Di sini, Anda akan menjumpai tombol khusus yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tombol volume, bisa juga sebagai tombol jepret ketika selfie.

Seperti ponsel-ponsel murah lainnya, Asus Zenfone Go ZB452KG juga menerapkan konsep disain non-unibody. Artinya, Anda bisa melepas cover belakang. Dan di dalamnya, Anda akan menemukan dua slot SIM card serta slot kartu microSD.

Sebagai informasi, Asus Zenfone Go ZB452KG hadir dengan beberapa pilihan warna cover yang disesuaikan dengan warna favorit Anda. Tersedia warna soft-touch painted Charcoal Black, Pearl White, Glamour Red & Lemon Yellow or metallic hairline finish Sheer Gold, Glacier Gray & Silver Blue.

Vivid Display with Anti fingerprints Coating
ASUS Zenfone Go memiliki bentangan layar sebesar 4.5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel dan memiliki tingkat kepadatan sekitar 218 ppi, yang mampu menghasilkan visual gambar vivid. Selain itu, tingkat kecerahan layar bisa diatur secara manual sehingga bisa menyesuaikan dengan kenyamanan mata.

Selain itu, LCD ponsel ini dilengkapi dengan teknologi anti fingerprints coating, yang dapat melindungi layar dari bekas sidik jari yang kerap mengganggu tampilan. Sayang, layar ponsel ini tidak dilapisi kaca khusus anti gores Corning Gorilla Glass. Jadi, Anda berminat menggunakan Zenfone Go ini perlu pula melindungi layar ponsel ini dengan lapisan anti gores.

Kamera Standar Berkemampuan Maksimal
Zenfone Go ini hadir dengan kamera utama 8MP, yang untuk ukuran ponsel murah sih sudah lumayan apik. Kameranya sudah didukung Aperture f/2.0 yang diklaim mampu menjadikan fokus ke objek lebih baik, kecerahan warna dan saturasi yang juga lebih baik.

Menariknya, kamera ponsel ini sudah disokong aplikasi PixelMaster 2.0, yang kaya akan fitur-fitur kamera terkini sebut saja mode Auto, HDR, Beautification, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah mode low light. Pasalnya, mode ini mampu menangkap obyek di ruang gelap dengan hasil yang cukup terang. Bahkan, dengan mode ini hasil foto Zenfone Go bisa ditandingkan dengan iPhone 6 Plus loh.

Buat yang hobi selfie, kamera 2MP di bagian depan smartphone ini cukup bisa diandalkan. Terlebih, hadirnya mode beautification yang bisa melakukan editing terhadap gambar yang mau dicapture oleh kamera depan langsung di layar sebelum dijepret. Mulai dari warna kulit, kehalusan kulit, kepadatan pipi dan sebagainya.

Untuk memudahkan Anda mengatur koleksi foto dan momen berharga, Asus juga menambahkan aplikasi khusus yang disebut ASUS Photo Collage. Ada juga mode magazine dimana kita bisa menggunakan foto kita untuk menciptakan momen-momen tertentu. Satu lagi yang tak kalah menariknya adalah ASUS Mini Movie. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk menyatukan seluruh foto yang suda dipilih ke dalam bentuk video dan bisa diedit langsung.

ZenUI 2.0
Di sini lah keunggulan user interface yang diusung Asus. Melalui ZenUI 2.0, Asus ingin menghadirkan rasa nyaman dalam pengoperasian ASUS ZB452KG. Asus ZenUI adalah launcher yang diciptakan ASUS dengan berbagai kelebihan dibanding launcher lainnya. Selain tampilannya yang user friendly, pengaturan serta fungsi-fungsi yang ditambahkan Asus ke ZenUI pun hampir semuanya mudah untuk ditelusuri.

Prosesor Quad-core dengan Performa yang cukup Baik
Asus Zenfone Go ZB452KG hadir dengan prosesor besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 200 dengan prosesor Quad-core 1.2GHz, Cortex-A7. Jeroan ini dikombinasikan pula dengan RAM 1GB, internal storage 8GB serta slot memori ekspansi hingga kapasitas 64GB.

Secara keseluruhan, kombinasi hardware ini cukup bisa diandalkan menjalankan beragam fungsi smartphone dengan baik dan lancar. Untuk Anda yang hobi bermain game maupun menonton video, grafis yang bersumber dari Adreno 302 ponsel ini terbilang lumayan apik.

Untuk menunjukan performa sejatinya, berikut hasil benchmark Asus Zenfone Go ZB452KG menggunakan beberapa aplikasi favorit. Dengan AnTuTu, ponsel ini mengantongi skor sekitar 20631. Dengan Geekbench 3, Zenfone Go membukukan angka 322 untuk single-core dan 1076 multi-core. Sementara dengan aplikasi Quadrant Standar, Asus Zenfone Go ZB452KG mencatat poin 9618.

Dual SIM Dual Standby, Sayang Tidak 4G LTE
Saat ini, ponsel dengan single-SIM sepertinya sudah kurang populer. Rata-rata, smartphone masa kini sudah melengkapi diri dengan kemampuan Dual SIM Dual Standby seperti Asus Zenfone Go ZB452KG ini. Sementara untuk jenis kartunya, Zenfone Go menggunakan model micro-SIM.

Soal pengaturan Dual SIM, Asus sudah menyiapkannya dengan baik. Anda tinggal masuk ke settingan Dual SIM untuk mengatur beragam fungsi terkait kartu SIM, semisal penggunaan data internet. Nah untuk yang satu ini, Asus Zenfone Go ZB452KG memang agak sedikit ‘kurang’. Pasalnya, ponsel ini hanya mendukung jaringan data 3G/HSPA+ dengan kecepatan akses 21Mbps (download) dan 5.76Mbps (upload).

Baterai dengan Fitur Penghemat Daya
Asus Zenfone Go ZB452KG hadir dengan baterai berkapasitas 2070mAh, yang diklaim memiliki performa yang lebih baik dibanding Asus Zenfone 4. Terlebih, Asus Zenfone Go ZB452KG juga didukung fitur penghemat daya yang cukup baik.

Kesimpulan
Dengan banderolan harga sekitar Rp 1 jutaan, Asus Zenfone Go ZB452KG rasanya mampu mengakomodasi semua kebutuhan pengguna awam, yang ingin berpindah dari feature phone ke smartphone. Selain dibekali jeroan yang cukup tangguh, beragam fitur terkini pun tersedia dengan komplit di ponsel Dual SIM Dual Standby ini.

Hanya saja, Anda yang mencari ponsel dengan koneksi 4G LTE, pastinya akan kurang sreg dengan Zenfone Go. Pasalnya, ponsel ini hanya mendukung jaringan 3G/HSPA+ untuk akses data. Meski begitu, kecepatan akses data jaringan 3G ini masih lebih stabil dan memiliki coverage yang lebih luas ketimbang 4G LTE. Setidaknya untuk saat ini.

Spesifikasi ZenFone Go (ZB452KG)
Processor Qualcomm® Snapdragon™ Quad-Core 1.2 GHz
Modem GSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+
Peak Data Rate HSPA+(DL/UL): 21/5.76Mbps
RF Band Support GSM 850/900/1800/1900, WCDMA 850/900/1900/2100
OS Android 5.1 (Lollipop)
Display 4.5″ display with anti-finger coating
Dimensions 136.5×67× 3.6~11.2mm (LxWxH)
Battery Pack & Life 2,070 mAh, removable prismatic battery
Wi-Fi browsing – 15 hours
3G standby – 440 hours
Memory & Storage 1G RAM/8GB ROM
Micro SD Card Support (up to 64 GB)
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor
WLAN Integrated 802.11 b/g/n; WiFi-Direct
Bluetooth Bluetooth V 4.0 ( EDR + A2DP )
Bluetooth Profile:A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP+ HFP+ HSP+ PBAP
FM Radio Support
GPS Support GPS, aGPS, Glonass, BDS
ZenUI ZenMotion – Double tap the screen to instantly wake up
Themes – Launcher,  Lock screen, App Icons, Wallpaper
Photocollage
Front Camera 2 MP, HDR mode for evenly exposed photos., Night Mode, Beautification mode, GIF Animation
Main Camera 8 MP, Auto Focus, f/2.0 aperture, Low light mode for better light sensitivity
HDR for evenly exposed photos, Night Mode, Beautification, Depth of Field, GIF Animation, Panorama
Flash LED Support
Vibrator Yes
Audio Build-in
Microphone Microphone*2
SIM Micro SIM*2
Accessories in Gift Box Standard USB Cable, Adaptor, Earphone Headset (optional), User Manual, Warranty Card
Color Metallic Hairline Finish – Glacier Gray, Sheer Gold, Silver Blue
Painting – Lemon Yellow, Glamour Red, Charcoal Black, Pearl White
Adaptor 5W
Weight 125g

 

 

 

More in Review
Asus-Zenfone-2-Laser-ZE500KL
Review: Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, Performa Tangguh Sokong 4G LTE

Close