Review: Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, Layar dan Baterai Lebih Besar

Asus-Zenfone-2-Laser-ZE500KL
Jika sebelumnya thePONSEL.com pernah membahas Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dan ZE500KL, kini giliran versi yang sedikit lebih tinggi spesifikasinya yang akan dikupas tuntas, model tersebut adalah Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

Khusus menyambut Ramadhan tahun ini, Asus Indonesia menawarkan harga spesial. Di akhir 2015 lalu, ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,4 jutaan, kini Zenfone 2 Laser ZE550KL bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 2.199.000 saja.

Lalu, apa sih kehebatan varian Zenfone 2 Laser ini? Untuk mengetahuinya, silakan disimak ulasan berikut ini.

Disain apik Khas Asus Zen
Tetap dengan mengusung jargon “The Beauty of Zen”, disain Zenfone 2 Laser ZE550KL pun masih berfokus pada keseimbangan antara keindahan dan kekuatan. Karakter khas Asus Zen terlihat jelas pada grasir melingkar di bawah soft button dan di tombol ‘unik’ yang ada di belakang. Selain terlihat apik dan elegan, ponsel ini juga memiliki konstruksi fisik yang cukup kokoh dengan struktur melengkung di bagian belakang.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan model ZE500KG dan ZE500KL, bodi ponsel ini sedikit lebih bongsor dan bobotnya pun lebih berat. Pasalnya, Zenfone 2 Laser ZE550KL membawa penampang layar yang lebih luas, yakni 5.5 inci. Otomatis, jadi lebih besar ketimbang dua model sebelumnya yang membawa layar 5 inci.

Untuk Anda yang memiliki tangan mungil, ukuran bodi Zenfone 2 Laser ZE550KL memang agak sedikit ‘mengganggu’. Namun, konsep rancangan disain intuitif dengan tombol kontrol di bagian belakang, membuat penggunaannya terasa nyaman. Memotret selfie, mengatur volume dan mengakses fungsi lain jadi lebih mudah dan alami lewat satu jari.

Poin plus lainnya, meski memiliki bodi besar tak lantas membuat bezel ponsel ini ikutan lebar pula. Di Zenfone 2 Laser ZE550KL, tepian layar dengan bodi pun cukup tipis dengan rasio hingga 72% (screen-to-body ratio).

Secara umum, desain ZE550KL masih mirip dengan jajaran Zenfone 2 Laser lainnya, termasuk penempatan tombol power, speaker, panel soft button, kamera, LED flash dan juga sensor laser. Konsep disain konvensional yang cover belakangnya bisa dicopot/lepas pun tetap menjadi opsi menarik Zenfone 2 Laser ZE550KL. Selain memudahkan jika terjadi ‘hang’ karena tinggal cabut baterai, Anda juga bisa mengganti baterainya sendiri dengan yang baru jika bawaannya sudah soak.

Di atas kompartemen baterai, Anda akan menjumpai dua slot SIM card dan kartu microSD. Model slotnya pun masih menerapkan bentuk standar. Hanya saja, sudah menggunakan jenis micro-SIM. Slot SIM 1 posisinya bertumpangtindih dengan slot microSD di sisi kiri, sementara slot SIM 2 ada di tepian kanan.

Layar Lebar Berlapis Gorilla Glass 4
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Zenfone 2 Laser ZE550KL merupakan varian dengan layar yang paling besar. Ukurannya 5.5 inci, berteknologi IPS dengan resolusi HD (720×1280 piksel). Perbandingan ukuran dan resolusi, tentunya membuat kerapatan piksel layar agak berbeda. Di ZE550KL ini, kerapatan piksel layarnya sedikit di bawah ZE500KG maupun ZE500KL. Alhasil, gambar yang terpampang di layar Zenfone 2 Laser ZE550KL jadi terasa kurang padat. Meski begitu, tetap mampu menampilkan gambar yang tajam dan jelas.

Layar ZenFone 2 Laser mampu mencapai rentang 72% dari gamut warna NTSC, sehingga Anda bisa melihat lebih banyak warna. Foto dan video terlihat lebih cerah, jernih dan sangat alami – serta jauh lebih nyata dari layar smartphone kompetitor.

Untuk kejernihan dan kecerahan layar ini, ZenFone 2 Laser ZE550KL membenamkan teknologi ASUS TruVivid. Teknologi ini mentransformasikan desain layar konvensional 4 lapis menjadi dua lapis saja dengan laminasi penuh. Menggabungkan kaca pelindung dan panel sentuh menjadi satu untuk menghilangkan ruang udara, membuat semanya lebih dekat ke permukaan ZenFone 2 Laser dan lebih dekat ke sentuhan Anda.

Sebagai informasi, layar Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL juga mendukung teknologi ASUS Glove Touch. Sehingga mampu bereaksi terhadap setiap sentuhan swipe dan gestur, bahkan ketika Anda menggunakan sarung tangan.

Untuk melindungi layar dari kerusakan, Zenfone 2 Laser ZE550KL tetap menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 4. Performa lapisan kaca ini diklaim 2,5x lebih tahan dan kuat serta 85% lebih tahan banting dibanding versi sebelumnya. Artinya, Anda tak perlu khawatir meletakan ponsel ini di mana saja.

Sayangnya, banyak kasus yang terjadi justru lapisan LCD layar ponsel jenis ini justru cukup rentan tekanan. Beberapa kali thePONSEL.com menemukan LCD layar yang pecah/bocor karena tertekan benda keras, seperti kunci dan koin ketika ponsel diletakan di kantong celana.

ZenUI Berbasis Android 5.0 Lollipop
Di Zenfone 2 Laser ZE550KL ini, Asus menanamkan antarmuka khas besutannya yang disebut ZenUI versi terkini. Tampilannya sih diadaptasi dari launcher Jelly Bean dan beberapa besutan pihak ketiga yang banyak betebaran di Play Store.

Hanya saja, di ZenUI ini Asus menanamkan banyak pesonalisasi dengan tampilan disain visual yang cukup menyegarkan. Beragam fitur baru terkait ‘pemaksimalan’ antarmuka pun dijejalkan. Termasuk ZenMotion, SnapView, Trend Micro Security dan ZenUI Instant Updates  yang diklaim mampu menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Secara garis besar, tampilan antarmuka ponsel ini terlihat sederhana, namun jelas dan terorganisir dengan baik. Anda juga bisa melakukan banyak kustomisasi, baik layout maupun struktur menu, yang tentunya akan memudahkan serta mempercepat proses akses ke fitur-fitur yang ada.

Seperti kebanyakan antarmuka Android, mode drop down notifikasi dan pengaturan cepat pun bisa diakses langsung dari halaman utama. Di sini, ZenUI menghadirkan interface yang cukup komplit. Anda bisa mengorganisirnya dengan mudah. Menambahkan atau menggantikan yang tidak diinginkan pun bisa dilakukan dengan lebih simpel.

Tak hanya itu saja, ZenUI di ponsel ini juga menghadirkan gesture control untuk mengakses fitur dan fungsi penting. Selain jadi lebih cepat dan mudah, mode ini pun sedikitnya menghadirkan pengalaman yang cukup atraktif.

Hardware Kelas Menengah, Performa Tangguh
Di bagian ini, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL masih tetap menggunakan spesifikasi jeroan yang sama dengan dua versi lainnya (ZE500KG dan ZE500KL). Chipset yang ditanamkan adalah Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, yang merupakan SoC 4-inti (Quad-core) 64-bit dengan clock speed 1.2GHz dan dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A53.

Untuk menunjang kinerja hardware tersebut, Asus menanamkan RAM 2GB LPDDR3, plus internal storage 16GB yang dapat diekspansi menggunakan kartu microSD hingga kapasitas maksimal 256GB. Menariknya, selain mendapat tambahan 5GB free lifetime ASUS WebStorage, pengguna Zenfone 2 Laser juga akan mendapatkan ekstra penyimpanan awan (cloud storage) sebesar 100GB di Google Drive gratis hingga 2 tahun. Jadi, untuk yang biasa menyimpan file serta data penting di smartphone maupun cloud, bisa tersenyum lebar dengan hadirnya fasilitas ekstra ini.

Supaya lebih jelas, thePONSEL.com juga melakukan uji performa Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini menggunakan aplikasi benchmark. Dengan AntuTu, ponsel ini mengantongi skor 23487 poin, setingkat di atas Samsung Galaxy A3/A5/E7/J2, namun di bawah Meizu M3 Note dan Coolpad Fancy yang memiliki spesifikasi hampir sama.

Dengan Quadrant Standard, Zenfone 2 Laser ZE550KL membukukan nilai sebesar 14508. Lagi-lagi, mempercundangi beberapa produk Samsung Galaxy di lini harga yang tak jauh beda.

Sementara untuk grafisnya sendiri, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL mengandalkan Adreno 306 yang juga sama seperti pada lini Zenfone 2 Laser lain. Kinerjanya cukup tangguh menampilkan grafis gambar, baik saat memainkan game 3D maupun menonton video HD. Untuk benchmarknya, GFXBench mencatatkan skor 243.1 fps, lebih baik ketimbang Samsung Galaxy Mega 2 dan Lenovo A6000.

Baterai Lebih Besar
Selain ukuran layar yang berbeda (lebih besar) dibanding varian Zenfone 2 Laser lainnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL juga memiliki keunggulan lain berupa kapasitas baterai yang sedikit lebih besar. Ponsel ini mengandalkan baterai Li-Po 3000 mAh, yang diklaim cukup awet dan tahan lama. Bandingkan dengan baterai ZE500KL yang hanya sebesar 2400 mAh.

Sepanjang pengujian, baterai milik ponsel ini bisa bertahan selama lebih dari 1 hari dengan kondisi penggunaan normal. Namun jika semua fungsi digunakan secara simultan, termasuk koneksi dan data yang aktif terus, baterai Zenfone 2 Laser ini terasa sekali borosnya. Poin plusnya, ponsel ini sudah dibekali sistem manajemen power yang lumayan tangguh dan bisa dimanfaatkan untuk menghemat baterai.

Kamera PixelMaster dengan Fokus Super Cepat
Seperti lini smartphone Asus terbaru, Zenfone 2 Laser ZE550KL pun tetap membawa jargon “See What Others Can’t See” untuk kemampuan fotografinya. Di atas kertas, spesifikasi dan fitur yang dibawa kamera ponsel ini sama persis dengan Zenfone 2 Laser ZE500KL.

Ponsel pintar Asus ini dibekali Kamera PixelMaster berkekuatan 13MP, yang mampu mengambil foto dengan resolusi tinggi tanpa shutter-lag. Teknologi Laser Autofocus yang dimilikinya mampu menangkap fokus sangat cepat yakni 0,03 detik, dan bisa mengurangi gambar buram serta memperbaiki stabilitas gambar. Sensor laser yang posisinya persis di samping sensor kamera ini akan menyala (berkedip kedip) ketika Anda mencoba mengambil gambar dari dekat maupun jauh, dengan memfungsikan  mode auto fokus.

Kamera ponsel ini memiliki apertur lensa f/2.0 yang dapat dimanfaatkan untuk mengasilkan foto dengan latar belakang yang kabur (deep of field) yang baik. Sekedar informasi, pada kamera professional rata-rata lensa yang untuk menghasilkan DoF yang baik memiliki nilai aperture f/1.8.

Ketike mengambil foto pun, lag yang dihasilkan terbilang minim bahkan hampir tidak ada (zero shutter lag). Sehingga Anda mudah mengabadikan momen penting dengan fokus yang tetap bagus. Kamera belakangnya pun dilengkapi dengan 5 lapis lensa Largan.

Fitur-fitur Kamera Unggulan
Kamera utama ponsel ini didukung beragam moda foto siap pakai yang terdiri dari Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama,  Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

Time Rewind adalah moda unik yang merekam adegan beberapa detik sebelum dan setelah tombol rekam ditekan. Cocok buat mereka yang sering ketinggalan momen saat memotret atau antisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret.

Adapun pilihan mode Low Light berguna untuk meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya sampai 400%. Ini dicapai dengan mengubah resolusi dan melakukan pengolahan dengan algoritma khusus sehingga gambar dari suasana yang gelap tetap bisa ditampilkan lebih jelas.

Mode Backlight (Super HDR) memastikan Anda untuk dapat melihat dengan jelas di terik matahari. Dan mode Super Resolution membantu mengambil gambar dengan detail tinggi di resolusi sampai 52MP.

Selain mode otomatis tadi, Asus tak ketinggalam menyediakan setelan tambahan untuk pengguna yang butuh fleksibilitas lebih baik. Pengaturan tersebut mencakup perubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah, dan banyak lagi.

Untuk yang hobi selfie, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL menanamkan kamera Depan 5MP, aperture f/2.0 dengan sudut bidikan yang lebarnya hingga 85°. Tentunya dilengkapi pula dengan sederet mode pemotretan yang lumayan canggih seperti Beautification, Selfie Panorama, Auto, Night, HDR, Effect, Low Light, GIF Animation, Slow Motion, dan Time Lapse.

Dual SIM Dual Standby, Jaringan 4G LTE
Seperti telah disinggung sebelumnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL juga mendukung kemampuan Dual SIM Dual Standby. Untuk pengaturan kedua kartu ini, Asus telah menyiapkan opsi yang mudah digunakan.

Seperti halnya ZE500KL, di ZE550KL ini Asus juga telah menanamkan teknologi jaringan 4G LTE Cat.4 yang memiliki kecepatan akses data hingga 150Mbps (download) dan 50Mbps (upload). Jika, coverage jaringan ini tidak tersedia oleh operator seluler yang Anda gunakan, masih ada jalur HSPA/3G.

Sayang, tak semua band frekuensi LTE didukung oleh Zenfone 2 Laser ini. Artinya, Anda pun tidak bisa menggunakan semua kartu SIM 4G LTE operator seluler yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah 4G LTE Smartfren yang menggunakan band 40, tidak bisa digunakan di ponsel ini. Sementara untuk 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL dan Tri bisa berjalan dengan lancar jaya.

Untuk sarana koneksi lain, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL mendukung WiFi 802.11b/g/n , Bluetooth V4.0+EDR +A2DP dan USB 2.0 (micro USB).

Kesimpulan
Sebagai alternatif smartphone dengan harga terjangkau, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL sepertinya cukup pantas untuk dimiliki. Selain memiliki spesifikasi hardware yang lumayan tangguh serta dukungan Dual SIM 4G LTE, ponsel ini juga menyertakan kemampuan kamera yang cukup bisa diandalkan. Untuk yang suka ponsel dengan ukuran layar besar, Zenfone 2 Laser ini pun mengakomodasinya dengan baik. Hanya saja, Anda yang hobi berlama-lama menggunakan ponsel sebaiknya memperhatikan performa baterai. Selain, agak boros jika semua fungsi digunakan secara simultan, ponsel ini juga tidak didukung kemampuan pengisian betarai secara cepat.

Model ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL
CPU Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2GHz 64-bit Cortex-A53
GPU Adreno 306
RAM 2GB RAM
Storage 16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 256 GB)
Connectivity Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP, EDR, microUSB v2.0, 35 mm earjack
Network 4G LTE Cat.4 150/50Mbps
LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)
SIM Card Dual Micro-SIM Support
Navigation A-GPS, GLONASS
Display 5,5 inci IPS LCD HD 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density), ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4

Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)

Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps

Playback MPEG-4 up to 1080p

Battery Lithium-Polimer 3000 mAh
Main Camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote

BBM & Whatsapp Ready

Dimension 152.5 x 77.2 x 3.9 ~ 10.8 mm (LxWxH)
Weight 170g (dengan baterai)
Warna Black/White/Red/Twilight Purple/Silver/Gold
Price Rp2.199.000,-

More in Review
Asus-Zenfone-Go-ZB452KG
Review: ASUS Zenfone Go ZB452KG, Tampil Trendi Harga Terjangkau

Close