Review: ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG, Smartphone Mid-end Bercitarasa High-end

Asus-Zenfone-2-Laser-ZE500KGSaat ini, kamera smartphone mulai banyak dijejalkan teknologi layaknya kamera digital. Mulai dari fitur HDR, Low light hingga Laser Autofocus yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan smartphone papan atas karena teknologi tersebut dapat mengambil fokus gambar secara cepat dan dapat berfungsi dengan baik di malam hari. Sayangnya, teknologi-teknologi tersebut hanya bisa dinikmati pada smartphone kelas atas yang dibanderol dengan harga mahal.

Tapi tunggu dulu. Belakangan ini ternyata mulai banyak loh smartphone dengan harga terjangkau yang dibekali kemampuan kamera premium. Salah satunya adalah Asus Zenfone 2 Laser yang sudah tersedia di pasaran Indonesia. Tak hanya kamera, smartphone terbaru besutan ASUS ini juga dilengkapi spesifikasi yang menggiurkan dan menariknya dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Lantas, bagaimana performa keseluruhan Asus Zenfone 2 Laser ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain Elegan
Ketika menggenggam ASUS Zenfone 2 Laser, rasanya mirip seperti menggenggam ASUS Zenfone 2 ZE551ML yang pernah kami test sebelumnya, hanya saja ukuran layarnya lebih kompak dengan ukuran 5 inchi saja, sehingga lebih mudah digunakan dengan satu buah tangan.

Dari depan, smartphone ini terlihat sangat mirip dengan Zenfone 5 yang sukses menjadi primadona pengguna smartphone kelas menengah karena performanya sangat mumpuni. Di bagian atas kita akan menemukan logo ASUS, lengkap dengan earpiece, light sensor dan LED indicator dan sebuah kamera 5 megapixel di bagian depannya.

Kemudian dari sisi layar, kita akan menemukan layar dengan bezel yang lebih tipis dibandingkan dengan Zenfone 5 yang menjadi pendahulunya, karena bezel yang lebih tipis ini, Zenfone 2 Laser kini memiliki rasio antara bodi dan layar yang lebih baik dengan angka 70% seperti layaknya smartphone high end.

Kemudian di bagian bawahnya kita akan menemukan 3 buah tombol layar sentuh yang terdiri dari back button, home button dan tombol untuk berpindah ke aplikasi lainnya. Nah, yang paling kami suka pada semua seri ASUS Zenfone ini ada pada bagian dagunya yang memiliki bahan metal melingkar dan terlihat mengkilap saat dilihat dari bebrbagai sudut. Bagian dagu metal ini membuat seluruh seri Zenfone yang ada terlihat mewah dan memberikan impresi sebuah smartphone high end.


Di bagian samping smartphone ini kita tidak akan menemukan tombol sama sekali  baik di bagian kiri maupun kanan, karena semua tombol yang tadinya berada di bagian samping kini sudah diletakan di bagian belakang dan bagian atas smartphone. Berkat absennya tombol di bagian samping, ASUS Zenfone 2 Laser kini memiliki ketebalan hanya 3.5 milimeter saja, dan bentuk belakang dengan lingkaran konsentris 0.13 milimeter yang membuat smartphone ini sangat nyaman untuk digenggam.

Di bagian bawah ASUS Zenfone 2 kita akan menemukan sebuah port micro USB yang berfungsi sebagai charging port sekaligus port untuk menghubungkan dengan USB OTG, dengan USB OTG, kita bisa menghubungkan media penyimpanan portable seperti flashdisk atau memory card reader langsung ke smartphone kita. Kemudian di sebelah port micro USB, kita akan menemukan sebuah lubang microphone untuk melakukan telepon atau merekan suara.


Di bagian atasnya, kita akan menemukan sebuah port audio 3.5 milimeter dan tombol kecil yang berfungsi sebagai tombol “power” untuk menyalakan smartphone atau mematikan smartphone kita, jika dalam keadaan menyala, tombol ini juga berfungsi sebagai pembuka dan penutup kunci smartphone.

Pemilihan letak tombol di bagian atas ini tentunya sudah dipikirkan masak-masak oleh perancang desain ASUS Zenfone 2 Laser, karena ASUS sengaja untuk mengajak para pengguna Zenfone untuk melakukan penguncian dan pembukaan layar menggunakan fitur “double tap to wake” yang merupakan salah satu fitur dari Zenmotion bawaan ZenUI. Fitur double tap to wake ini sangatlah cerdas, karena kita hanya perlu mengetuk layar sebanyak 2 kali untuk membuka kunci dari keadaan layar mati, kemudian jika dalam keadaan menyala kita hanya perlu mengetuk layar sebanyak 2 kali saja untuk mengunci layar kembali, sangat canggih seperti smartphone high end bukan?


Di bagian belakang kita akan menemukan casing belakang yang simpel dan memiliki lapisan anti slip agar smartphone ini tidak licin saat digenggam. Di bagian atas casing belakang kita akan menemukan sebuah kamera 8 megapixel, dan disamping kamera kita akan menemukan laser autofocus pada sebelah kiri, juga dual tone LED flash pada sebelah kanan kamera. Di bawah kamera kita juga akan menemukan tombol untuk menaikan dan menurunkan volume yang bisa berfungsi sebagai tombol shutter saat hendak mengambil gambar, terutama buat yang suka selfie, tombol ini sangat berguna sekali nih.

Di bagian bawah casing belakang smartphone ini kita akan menemukan lubang lubang kecil yang tertata rapi sebagai tempat keluarnya suara yang dihasilkan speaker berteknologi SonicMaster. Terakhir, di bagian samping kiri bawah casing belakang kita akan menemukan sebuah celah yang berguna untk membantu kita membuka casing belakang smartphone untuk mengakses baterai, 2 buah slot sim card dan sebuah slot micro SD.

Layar
Selain screen to body ratio yang kini lebih baik, Zenfone 2 Laser juga mendapatkan penyempurnaan di bagian layarnya yang kini sudah menggunakan layar Gorilla Glass 4 yang lebih kuat 2 kali ketika terjatuh, 85% lebih tahan gores dan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan dengan layar biasa. Teknologi layar Gorilla Glass 4 ini juga umumnya kita temukan di layar-layar smartphone high end, namun di Zenfone 2 Laser ini sudah disematkan layar terbaik.


Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya, ASUS memberikan layar 5 inchi IPS dengan resolusi High Definition. Layar ini sudah mendukung touch screen hingga 10 jari dan memiliki sensor sentuh kapasitif. Yang menariknya lagi, sensor touch screen yang dimiliki oleh Zenfone 2 Laser juga telah mendukung Glove Hand Mode yang jika diaktifkan kita bisa menyentuh layar touch screen meskipun menggunakan sarung tangan. Fitur ini sangat membantu pengguna di Indonesia mengingat di Indonesia banyak orang yang menggunakan moda transportasi roda 2 yang membutuhkan sepasang sarung tangan untuk keamanan mereka saat berkendara.


Saat menggunakan smartphone, seringkali sidik jari kita menempel karena adanya minyak atau keringat dari tangan pengguna atau saat smartphone digunakan untuk menelpon, untuk itu Zenfone 2 Laser juga sudah dibekali dengan Anti Fingerprint Coating yang bisa mereduksi bekas sidik jari anda hingga 24% dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Uniknya lagi, umumnya jika smartphone kita terkena minyak atau air, touchscreen smartphone seringkali kehilangan akurasi karena gangguan tersebut. Namun ASUS memberikan teknologi Accurate Touch Distionction Technology yang membuat layar smartphone tetap akurat meskipun layar smartphone basah atau terkena minyak yang menganggu kinerja smartphone.


Sekarang bagaimana dengan performa layarnya? Dari uji coba yang kami lakukan terhadap Zenfone 2 Laser, smartphone ini ternyata memiliki layar yang jernih dan resolusi yang cukup padat untuk ukuran smartphone 5 inchi. Akurasi warna yang dihasilkan juga cukup baik mengingat layar ini memiliki NTSC color range hingga 72%, apalagi kami senang sekali dengan teknologi ASUS Splendid yang disematkan di smartphone ini, karena kita bisa mengatur color temperature dan mode layar agar sesuai dengan kondisi pengguna, serta kita bisa mengaktifkan Bluelight Filter yang bisa mengurangi resiko kelelahan pada mata ketika memandang layar smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama.


Ada 4 mode pada ASUS Splendid yang dapat kita pilih secara otomatis, pertama adalah mode balanced yang akan mengatur layar agar seimbang dengan kondisi pengguna, lalu mode Bluelight Filter untuk menjaga mata penguna tetap nyaman meskipun berlama-lama menatap layar smartphone terutama di dalam kondisi gelap, lalu mode Vivid untuk pengaturan ketajaman warna dan cahaya yang optimal, dan terakhir adalah mode Customized yang memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengatur sendiri sesuai kenyamanan pengguna.


Untuk mengatur kecerahan layar, smartphone ini telah dibekali dengan light sensor untuk mendeteksi tingkat cahaya lingkungan smartphone secara otomatis. Cara mengaktifkannya kita hanya perlu untuk menggeser layar home ke bagian bawah untuk menarik status bar, lalu kita akan temukan opsi untuk mengatur tingkat kecerahan smartphone. Asiknya, meskipun kita sudah mendapatkan mode auto yang secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar menggunakan sensor light, kita juga bisa mengatur tingkat pencahayaan otomatis sesuai dengan kebutuhan pengguna yang menjadi nilai tambah dari ZenUI bawaan Zenfone 2 Laser.


Seperti layaknya smartphone high end, kita juga mendapatkan layar dengan waktu respon sentuh yang sangat cepat hanya dalam waktu 60 milidetik saja. Dengan respon secepat ini tentu saja bermain atau menggunakan aplikasi yang sudah kita pasang di smartphone ini akan terasa lebih cepat dan mulus.

Performa
Zenfone 2 Laser dibekali dengan spesifikasi yang tergolong baik di kelasnya, karena ia udah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz dengan arsitektur ARM Cortex a53 64 bit dan GPU besutan Adreno 306 yang berjalan di clockspeed 400 MHz. Prosesor tersebut didukung juga oleh kapasitas RAM yang sangat besar di kelasnya dengan ukuran 2 Gigabytes di semua tipe Zenfone 2 Laser 5 inchi. Menariknya lagi, ASUS memberikan 2 buah pilihan ruang penyimpanan internal mulai dari 8 Gigabyte dan 16 Gigabyte dengan perbedaan harga Rp. 200.000,- saja. Jika memori internal masih di rasa kurang, kita masih bisa menyisipkan memori eksternal berukuran Micro SD hingga 128 Gigabytes.


Dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk smartphone di kelasnya, smartphone ini terbukti terasa sangat smooth ketika dipakai untuk kebutuhan multimedia sehari-hari, begitupula ketika digunakan bermain game berat sekalipun. Game-game berukuran besar seperti Real Racing ataupun Asphalt 8 dapat dilahap secara mudah oleh smartphone ini. Yang menariknya lagi, meskipun kami mencoba bermain game di smartphone ini cukup lama, saya merasakan smartphone ini tidak memberikan panas yang berlebih seperti kompetitornya ketika digunakan bermain game yang cukup berat.

Ketika menjalankan aplikasi benchmark menggunakan Antutu, kami mendapatkan hasil yang sangat memuaskan mengingat harga smartphone ini sangat terjangkau. Hasil pengujuan menunjukan dengan software Antutu yang kami unduh menggunakan Google Playstore menunjukan nilai tertinggi 23.619 dimana angka tersebut cukup baik, bahkan kompetitornya yang memilikis spesifikasi yang mirip namun harga nyaris lebih mahal 2 kali lipat dari Smartphone ini, ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG tetap  masih lebih unggul meskipun harganya jauh lebih terjangkau.

Perbandingan Kinerja

  Samsungg Galaxyy A5 ASUS Zenfone 2 Laser
Android version 4.4.4 5.0.2
RAM 2GB 2GB
CPU Qualcomm Snapdragon 410

(quad-core) 1,2GHz

Qualcomm Snapdragon 410

(quad-core) 1,2GHz

GPU Adreno 306 Adreno 306
Screen 5” @ 720×1280 5” @ 720×1280
     
Antutu 21.330 23.236/23.619
Quadrant Advanced 2.1 14.960
Smartbench 2012 4760/3145
MobileXPRT –Performance

                       -User

131

93

133

100

3Dmark         –720

1080

5286

2665

5316

2657

WebXPRT 196,0 236,0

Soal performa bisa kami simpulkan bahwa Zenfone 2 Laser akan menjadi primadona di kelasnya mengingat harga dan spesifikasinya sangat mumpuni saat ini dibandingkan dengan kompetitor.

Jaringan
Koneksi internet tentunya menjadi nadi bagi para makhluk sosial di era internet ini, semua orang berlomba-lomba menghadirkan teknologi terkini pada produk mereka begitupula dengan ASUS Zenfone 2 Laser.

Nah di ASUS Zenfone 2 Laser ini ASUS sudah membekali zenfone 2 Laser dengan koneksi jaringan 4G yang dapat berjalan di angka hingga 42 Mbps bergantung pada operatpr selular yang anda gunakan. Selain itu jaringan seperti 3G Quadband, DC-HSPA dan 3.5 G. Asiknya lagi, smartphone ini tetap memiliki 2 buat sim card dual active dual on agar kita bisa mengaktifkan 2 sim card sekaligus tanpa harus membawa 2 smartphone secara bersamaan karena tentunya akan terasa merepotkan jika membawa 2 smartphone sekaligus dalam keseharian.

Untuk mendapatkan koneksi sinyal operator yang lebih baik lagi, Asus Zenfone 2 juga menggunakan teknologi ASUS Zentenna yang menggunakan dual antenna dan PIFA Antena dengan multiple resonant modes yang membuat gelombang elektromagnetik yang ditangkap oleh smartphone lebih baik dibandingkan dengan smartphone biasa, maka tidak heran jika kami merasakan sinyal operator yang didapatkan smartphone ini lebih stabil dan lebih baik di meskipun kami membawanya ke tempat-tempat keramaian ataupun lokasi yang sulit mendapatkan sinyal operator seperti pegunungan maupun lembah.

Tidak hanya koneksi jaringan operator saja yang mendapatkan optimasi di ASUS Zenfone 2 Laser, sinyal Wi-Fi dan GPS pun juga mendapatkan optimasi yang maksimal untuk kepuasan penggunanya. Dari segi koneksi Wi-FI, ASUS Zenfone 2 Laser dibekali dengan Super High Performance Dual 3D-MID (Three Dimensional Molded Interconnect Device) yang mampu menangkap sinyal Wi-Fi lebih baik dibandingkan dengan smartphone umumnya.

Dari segi navigasi, Zenfone 2 Laser sudah menggunakan 3 buah modul GPS yang terdiri dari GPS (US Global Positioning System), GLONASS (Russia Global Navigation Satellite System) dan BDS (BeiDou Navigation Satellite System) yang bisa mendapatkan akurasi yang lebih akurat dibandingkan dengan smartphone high end sekalipun. Kecepatan Zenfone 2 Laser dalam mengunci TTFS (Time to first fix) lokasi menggunakan GPS bisa mencapai 32 detik saja, sedangkan smartphone high end lain rata-rata berada di angka 35 hingga 52 detik.

Terakhir, soal jaringan operator, Zenfone mendukung frekuensi yang cukup luas pada nilai 850/900/1900/2100 MHz, sehingga jika pengguna ASUS Zenfone 2 Laser ini berpergian ke luar negeri, kita tidak perlu repot-repot mencari operator yang bisa digunakan dengan smartphone kita.

Kamera
Zenfone 2 Laser dibekali dengan kamera 8 megapixel di bagian belakang dan kamera 5 megapixel di bagian depannya. Seperti halnya kamera Zenfone 5 yang sebelumnya banyak mendapatkan pujian karena kemampuan mengambil gambar yang sangat baik, kali ini ASUS memberikan teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Kamera belakang 8 megapixel ini menggunakan 5 lapis lensa Largan, bukaan aperture f/2.0 yang mampu mengambil cahaya lebih banyak di dalam gelap dan ia juga memiliki sudut 78 derajat untuk mengambil gambar lebih lebar, sehingga kita tidak perlu mengambil jarak terlalu jauh untuk mendapatkan hasil foto yang lebih luas. Begitupula dengan Blue Glass Filter yang disematkan di smartphone ini membuat hasil warna yang diperolah melalu Pixel Master kamera menjadi lebih akurat dan nyata.


Ketika kami mencobanya tentu saja hasil gambarnya mendapatkan peningkatan dibandingkan model sebelumnya meskipun masih sama-sama menggunakan sensor 8 megapixel, terutama saat menggunakan Low Light Mode yang menjadi keunggulan dari seluruh keluarga Zenfone, kini kamera Zenfone 2 Laser mampu menghasilkan gambar yang lebih terang di malam hari.

Saat mengambil foto di tempat gelap barulah kami merasakan performa dari Zenfone 2 Laser ini, karena penggunan laser autofocus mampu memberikan hasil yang lebih akurat dan cepat ketika di malam hari, apalagi saat hendak mengambil foto, smartphone ini mampu mengambil fokus yang sangat cepat meskipun kita telah mengganti jarak objek secara cepat. Bahkan kami sangat terbantu dengan kinerja laser autofocus ya selalu bekerja lebih dulu sebelum kami menekan tombol shutter untuk menangkap gambar, umumnya autofocus akan bekerja terlebih dahulu untuk mengambil focus sebelum menangkap gambar, disitulah kita akan menemukan shutter lag yang disebabkan oleh kamera sulit menangkap fokus gambar.

Menurut hasil pengujian, penggunaan laser autofocus membuat smartphone ini mampu mengambil focus hanya dalam waktu 0.2 detik baik di untuk jarak dekat, jarak jauh dan dalam kondisi cahaya apapun, ini dikarenakan laser autofocus akan mengeluarkan cahaya laser untuk mengambil jarak focus objek yang akan ditangkap, smartphone tidak menghitung fokus berdasarkan kontras seperti halnya smartphone kebanyakan. Canggih bukan? Wajar saja teknologi ini umumnya hanya ada pada smartphone papan atas karena sanga canggih. Dengan teknologi laser ini, ASUS Zenfone 2 Laser bisa mendapatkan fokus lebih cepat hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan smartphone biasa.


Tidak hanya laser autofocus saja yang menjadi fitur lebih dari kamera Zenfone 2 Laser, kita juga mendapatkan dual tone LED Flash yang menghasilkan cahaya lebih natural dan memberikan akurasi warna yang lebih baik dengan lingkungan sebenarnya. Terutama untuk anda yang suka mengambil foto dengan objek manusia, kita akan mendapatkan warna kulit yang lebih natural seperti warna sesungguhnya, karena jika hanya single flash saja, selain pastinya gambar akan lebih redup, warna yang dihasilkan oleh foto cenderung akan terlalu putih dan tidak natural.


Dari sisi software, kamera PixelMaster ASUS Zenfone 2 Laser sudah jelas memiliki keunggulan yang bisa menjadi daya tarik bagi siapa saja yang pernah menggunakannya, karena selain mudah digunakan, ASUS Zenfone 2 Laser ini memiliki 16 mode kamera untuk siang dan malam hari yang membantu pengguna dalam mengambil gambar terbaik.

Mode pertama adalah mode Auto yang akan menghitung ISO, Shutter speed dan white balance secara otomatis. Mode auto ini adalah mode default dari Pixelmaster camera, sehingga jika kita membutuhkan mengambil foto dalam waktu yang sangat cepat, kita tidak perlu mengatur kembali setting kamera secara manual agar menyesuaikan dengan lingkungan.

Kemudian kita juga mendapatkan mode manual yang benar-benar seperti sebuah kamera professional, karena kita bisa mengatur ISO, shutter speed, white balance dan fokus kamera secara manual. Sehingga jika pemiliki Zenfone 2 Laser ini gemar dengan fotografi, tentunya fitur ini akan sangat berguna untuk mengeksplorasi kemampuan anda dalam menghasilkan gambar-gambar yang spektakuler.


Kemudian mode HDR, mode ini sangat berguna ketika mengambil gambar dalam keadaan berhadapan dengan matahari secara langsung, karena umumnya kita akan mendapatkan hasil foto yang kurang bagus karena jika kita memfokuskan exposure pada background, objek utama akan menjadi gelap, dan sebaliknya jika kita mengambil long exposure agar objek jarak dekat terlihat jelas, background foto akan terlihat menjadi terlalu terang dan tidak jelas.


Dengan HDR, smartphone melakukan pixel enchancing technology yang menghasilkan perpaduan sempurna antara short dan long exposure jika kita dihadapkan pada kondisi tersebut.Kemudian kita juga mendapatkan mode Real Time Beautification yang bisa membuat wajah anda tampil lebih cantik dan lebih langsing ketika difoto, fitur ini sangat berguna jika kita menggunakan smartphone ini untuk keperluan selfie dengan kamera depan.

Mode Super Resolution pada Zenfone 2 Laser ini juga bisa menghasilkan gambar dengan resolusi raksasa hingga 51 megapixel. Mode Low Light, Night Mode, Depth of Field untuk menghasilkan gambar bokeh, lalu juga ada mode Effect untk memberikan filter atau efek animasi seperti salju pada gambar, mode Selfie Panorama, GIF Animation untuk membuat gambar GIF bergerak.

Panorama mode untuk mengambil gambar yang lebar, Miniature mode untuk mengambil gambar yang fokus pada miniature pada jarak dekat, Time Rewind untuk memutar kembali waktu, Smart Remove untuk menghapus objek yang tidak kita inginkan, mode All Smiles untuk mengambil gambar secara otomatis ketika semua wajah dalam foto tersenyum, mode Slow Motion untuk mengambil gambar dengan gerakan yang diperlambat dan Timelapse. Banyak sekali ya?

Dari sisi perekaman video, kita juga mendapatkan kemampuan perekaman video yang cukup mumpuni di ASUS Zenfone 2 Laser ini. Kita bisa merekan dengan resolusi maksimal Full HD 1920 x 1080 dan sudah dilengkapi dengan video stabilization yang bisa membantu perekaman video menjadi lebih stabil.

Asyiknya lagi, saat kita merekam video, laser autofocus dari smartphone ini tetap bekerja sebagaimana saat mengambil foto, sehingga jika kita menggunakan smartphone ini ketika merekam video, tidak perlu khawatir fokus dari gambar video kabur, karena laser autofocus akan bekerja dengan cepat untuk memperbaikinya.

Hasil Foto Menggunakan ASUS Zenfone 2 Laser

Baterai
Smartphone ini mengunakan baterai Lithium Polymer berkapasitas 2.070 mAh yang dapat dilepas dengan mudah. Saat kami menguji smartphone ini dengan pemakaian normal sehari-hari, baterai mampu bertahan dari pagi hingga malam hari. Artinya, baterai smartphone ini cukup mumpuni Sedangkan ketika digunakan untuk melakukan aktifitas multimedia seperti memutar film 720p secara terus menerus, smartphone ini dapat bertahan hingga 9.5 jam, angka tersebut merupakan angka yang cukup bagus untuk smartphone di kelasnya.

Jika kamu harus menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama tanpa pengecasan seperti ketika berpergian ataupun akifitas lainnya, ASUS juga menyediakan ASUS Power Saver bawaan ASUS ZenUI yang mampu menyesuaikan konsumsi daya dengan kebutuhan pengguna.

Kita bisa mengaktifkan fitur Smart Saving pada smartphone ini untuk menambah daya tahan baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan, kemudian ada pula Optimized Mode yang akan memaksimalkan seluruh kemungkinan yang bisa menghemat daya tahan baterai namun tetap menyalakan koneksi internet agar aplikasi sosial maupun email tetap mendapatkan notifikasi terbaru, Ultra Power Saving Mode yang akan membuat baterai smartphone memiliki daya tahan yang berkali-kali lipat karena akan menonaktifkan segala kemungkinan yang bisa menyedot daya listrik lebih banyak.

Namun jika menurut anda mode-mode tersebut ingin lebih disesuaikan lagi dengan kebutuhan anda, kita juga bisa melakukan kustomisasi terhadap manajemen daya baterai dengan memilih Customized Mode yang disediakan oleh ASUS ZenUI.

Suara dan Microphone Yang Jernih
Untuk memberikan output suara yang lebih baik, ASUS memberikan speaker yang terbuat dari 5 lapis magnet dan desain chamber yang lebih besar agar suara bass yang dihasilkan lebih terasa. Sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih dengan level kekerasan lebih baik sebesar 41%, frekuensi bawah yang lebih terasa 14% dan distorsi yang dihasilkan pada frekuensi lebih baik 12% dibandingkan speaker smartphone kebanyakan.


Untuk menyesuaikan keluaran suara dengan kuping pengguna, ASUS Zenfone 2 Laser juga sudah dibekali dengan software Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Audio Wizard menyediakan 6 buah mode yang terdiri dari smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode.

Untuk menghasilkan perekaman yang jernih untuk menelpon ataupun merekam suara secara independen atau saat mengambil video, ASUS Zenfone 2 Laser juga memiliki microphone dengan teknologi NoiseZero Talk yang berfungsi untuk menyaring suara-suara yang tidak diinginkan masuk ke dalam microphone, karena teknologi inilah mengapa menelpon menggunakan ASUS Zenfone 2 Laser terasa lebih jernih.

ASUS ZenUI Yang Intuitif
ASUS ZenUI 2.0 ini berjalan di platform Android Lollipop (5.0.2) terbaru yang menjadi salah satu OS terbaik yang pernah dimiliki oleh Android. Namun bukan ASUS kalau hanya puas dengan standar bawaan Android, untuk menambah pengalaman pengguna yang lebih baik dan sesuai dengan selera penggunanya, ASUS membekali OS Android Lollipop dengan custom ROM ASUS ZenUI 2.0 terbaru.

ASUS ZenUI generasi terbaru ini mendapatkan banyak pujian dari para reviewer di seluruh dunia karena selain desainnya yang cantik, ia juga memiliki kustomisasi tingkat lanjut agar smartphone yang digunakan oleh pengguna benar-benar sesuai dengan keinginan atau kebiasaan pengguna, untuk anda yang suka dengan kustomisasi secara menyeluruh, tentu saja ZenUI ini adalah custom ROM terbaik untuk anda. Makanya tidak heran jika perangkat yang memiliki ZenUI sudah terjual lebih dari 18 juta unit dan aplikasi bawaan ZenUI sudah terunduh lebih dari 150 juta kali melalui Google Playstore.

Kita dapat memilih berbagai macam tema yang bisa disesuaikan tampilan, warna, screensaver, icon dan hal-hal lainnya agar sesuai dengan selera pengguna yang dapat di unduh dari galeri tema atau mendownload tema yang tersedia di internet, sehingga jika kita sudah mulai bosan dengan tampilan smartphone kita, kita hanya perlu untuk mengganti tema smartphone agar terasa seperti smartphone baru.

Untuk anda yang senang untuk mengakses aplikasi secara cepat, ASUS ZenUI sudah dilengkapi dengan ZenMotion yang sangat memudahkan kita karena dapat membukan aplikasi secara langsung dengan mengusap membentuk huruf di layar smartphone meskipun dalam keadaan terkunci. Contohnya ketika kita mengusap  membentuk huruf “C” pada layar, maka smartphone akan langsung membuka aplikasi kamera, usap layar membentuk huruf “V” maka smartphone akan langsung membuka dialer untuk melakukan panggilan.


Dari segi keamanan, ASUS ZenUI diracik bersama perusahaan anti virus ternama Trend MicroTM Security untuk menjaga data anda tetap aman di smartphone anda. Begitupula pada privasi smartphone anda ketika smartphone anda dipegang oleh orang lain atau keluarga anda, karena ASUS ZenUI sudah dilengkapi dengan SnapView yang bisa membuat 2 buah user yang bisa menjaga data-data pribadi anda di akun lain dalam satu buah smartphone tanpa harus melarang orang lain untuk melihat isi smartphone anda.

Smartphone ini juga aman jika anda ingin pinjamkan untuk anak anda, karena ASUS ZenUI memiliki Kids Mode yang bisa membuat tampilan khusus dibuat hanya untuk anak-anak saja dan anda bisa menyembunyikan aplikasi agar tidak muncul pada kids mode. Takut anak anda terlalu lama bermain gadget anda? Tidak masalah, karena pada Kids Mode juga bisa kita atur waktu mundur sampai kapan kids mode akan berakhir dan smartphone akan terkunci kembali.

Nah, untuk anda yang ingin smartphone dengan tampilan yang lebih ringkas, ASUS ZenUI juga punya Easy Mode yang akan meringkas tampilan menjadi lebih besar dan lebih mudah terbaca serta dilihat seperti layaknya sebuah ponsel bisa namun tetap memiliki performa luar biasa. Anda yang merasa layar smartphone ini terlalu besar bisa mengaktifkan One Hand Operation Mode yang bisa mengecilkan ukuran layar agar bisa dioperasikan dengan satu tangan.


Selain ASUS ZenUI yang intuitif dan mengerti pengguna, ASUS juga memberikan apps bawaan eksklusif untuk pengguna ASUS yang sangat berguna untuk memudahkan para penguna Zenfone 2 seperti Whats Next, Do It Later dan Air Link yang terdiri dari beberapa aplikasi.

Mulai dari yang paling saya suka adalah aplikasi Air Link, aplikasi Air Link terdiri dari Remote Link, PC Link, Share Link dan Party Link untuk menghubungkan perangkat ASUS Zenfone 2 Laser kita dengan perangkat lainya. Mulai dari Remote Link, Remote Link sendiri adalah aplikasi untuk mengontrol komputer PC dari smartphone kita seperti mengontrol multimedia ataupun presentasi dan bisa berfungsi sebagaimana touchpad dan keyboard pada laptop melalui sambungan micro USB ataupun Wi-Fi.

Sedangkan PC link sebaliknya, kita bisa mengkloning layar Zenfone 2 Laser kita di komputer kita, dan memainkan smartphone kita melalui keyboard dan mouse yang berada pada komputer kita.

Share Link dan Party Link merupakan aplikasi yang mirip mirip dan sama-sama berguna. Share Link merupakan aplikasi untuk berbagi file melalui Wi-Fi dengan kecepatan tinggi dengan device lain seperti layaknya Bluetooth namun lebih cepat. Sedangkan Party Link adalah aplikasi untuk berbagi file yang memungkinkan kita untuk berbagi file atau folder terpilih dan memberikan akses kepada siapa saja yang terkoneksi dengan Wi-Fi smartphone kita, kita juga bisa memberikan password agar hanya orang yang memiliki password saja yang dapat mengakses.


Kemudian aplikasi Whats Next, aplikasi ini sangat membantu untuk anda yang sangat sibuk sehingga seringkali melewatkan kejadian-kejadian penting yang sudah terlewat di smartphone anda. Contohnya jika ada missed call, e-mail atau sms yang belum dibaca, atau kontak yang masuk dalam kelompok VIP atau favorit anda menghubungi anda di saat anda sedang mengabaikan smartphone, maka aplikasi ini bisa memberikan daftar kejadian penting yang sudah anda lewatkan agar anda tidak mengabaikannya begitu saja.


Sebaliknya Do It Later merupakan aplikasi yang akan membantu anda disaat anda sedang sibuk namun harus melakukan hal tersebut di lain waktu, maka hal tersebut akan tercatat di Do It Later. Misalkan jika kita ingin mengirim e-mail, sms, telpon, browsing, dan aplikasi pihak ketiga seperti Facebook dan Twitter, kita bisa mengalihkannya ke Do It Later dan aplikasi tersebut akan mencatatnya agar anda tidak lupa melakukannya di kemudian hari.

Kesimpulan
ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG dipasarkan di Indonesia dalam 2 buah model berdasarkan ruang penyimpanan, untuk seri dengan ruang penyimpanan 8 Gigabyte dijual dengan harga Rp. 1.849.000,- dan untuk seri dengan ruang penyimpanan 16 Gigabyte dijual dengan harga 1.999.000,- saja. Mengingat spesifikasi mumpuni, fitur dan ZenUI yang intuitif, smartphone ini wajib menjadi incaran anda jika anda sedang mencari smartphone canggih dengan harga terjangkau namun memiliki performa mumpuni. Apalagi Zenfone 2 Laser adalah smartphone dengan Laser Autofocus yang memiliki harga paling terjangkau di Indonesia saat ini.

Model ZE500KG 8 GB ZE500KG 16 GB
CPU Qualcomm Snapdragon 410 Quad core Qualcomm Snapdragon 410 Quad core
GPU Adreno 306 Adreno 306
RAM 2GB RAM 2GB RAM
Storage 8 GB + 5 GB ASUS Webstorage gratis seumur hidup 16 GB + 5 GB ASUS Webstorage gratis seumur hidup
Micro SD Yes (up to 128 GB) Yes (up to 128 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering)

MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack

WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering)

MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack

Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
3G DC-HSPA+

Download speed 3G tercepat hingga 42Mbps

3G DC-HSPA+

Download speed 3G tercepat hingga 42Mbps

GSM/WCDMA Quad Band for worldwide data roaming 850/900/1900/2100 MHz GSM/WCDMA Quad Band for worldwide data roaming 850/900/1900/2100 MHz
Sim Card Dual Micro-SIM Support Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS GPS, BDS, GLONASS
Display 5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology 5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4

Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)

Super Scratch Corning Gorilla Glass 4

Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)

Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps

Playback MPEG-4 up to 1080p

Video Recording MPEG-4 1080 @30fps

Playback MPEG-4 up to 1080p

Battery Lithium-Polimer 2070 mAh Lithium-Polimer 2070 mAh
Rear Camera 8 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.2 detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400% 8 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.2 detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’ 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll) Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote

BBM & Whatsapp Ready

Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote

BBM & Whatsapp Ready

Dimension 143,7×71,5x(10,5~3,5) mm 143,7×71,5x(10,5~3,5) mm
Weight 145 g 145 g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Price Rp. 1.849.000 Rp. 1.999.000

 

 

More in Review
Asus-Padfone-S-vs-Sony-Xperia-Z2
Compare: Asus Padfone S vs Sony Xperia Z2, Kemampuan Hampir Sama Harga Jauh Beda

Close