Tips Cara Membuka Gmail Tanpa Akses Internet

Gmail_OfflineBaru-baru ini, Google menghadirkan beberapa fitur baru di layanan miliknya. Salah satunya terkait dengan akses email via Google Chrome. Fitur terbaru bernama ‘Gmail Offline’ ini memungkinkan pengguna Gmail bisa mengakses akun email secara offline. Artinya, pemilik akun Gmail tidak memerlukan akses internet untuk mengecek update email yang masuk.

Pasalnya, dengan mengaktifkan fitur Gmail Offline ini, secara otomatis sistem yang dimiliki Google akan mengunduh dan menyimpan update email masuk, dan pemilik akun Gmail bisa menentukan durasi waktu yang ingin diakses. Mulai dari seminggu, dua minggu atau satu bulan.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna akan sangat terbantu disaat koneksi internet tidak tersedia. Terutama, ketika melakukan perjalanan jauh. Menariknya, lampiran (attachment) yang ada dalam email pun bisa tetap dilihat.

Untuk menikmati fitur Gmail Offline ini bisa dibilang cukup mudah. Pengguna hanya perlu menambahkan aplikasi Gmail Offline ke browser Chrome yang digunakan. Pengguna, bisa menambahkannya dengan cara mengakses URL https://chrome.google.com/webstore/detail/gmail-offline/ejidjjhkpiempkbhmpbfngldlkglhimk/related

Selanjutnya, klik opsi ‘+ Gratis’ untuk menambahkannya ke Google Chrome.

klik opsi ‘+ Gratis’

Berikutnya, akan muncul popup konfirmasi aplikasi baru. Pilih ‘Add’.

Pilih ‘Add’

Proses instalasi aplikasi Gmail Offline akan berlangsung secara otomatis, dan akan tertampil di dalam daftar aplikasi Google Chrome.

Gmail Offline Terinstal ke Aplikasi Google Chrome

Offline Google Mail bekerja dengan membuat backup secara otomatis begitu terkoneksi ke email dan akan disimpan ke dalam komputer sehingga pengguna bisa membuka serta mengakses isi email di Gmail. Namun, sebelum bisa menikmati layanan ini, pastikan Anda mengijinkan aplikasi untuk mengaktifkan Gmail Offline ini.

Klik ‘Lanjutkan’ untuk mengijinkan penggunaan Gmail Offline

Pengguna pun dapat mengirim email dalam kondisi offline. Namun, proses pengirimannya tetap harus menunggu komputer terkoneksi jaringan internet. Semua akan dikerjakan secara otomatis begitu komputer terkoneksi ke internet tanpa harus mengulang kembali proses menulis dan mengirim email.

More in Tips & Trik
phone-update
Lumia Denim, Update Firmware Bisa Diunduh ke SD Card

Close