Review: Advan Barca 5, Andalkan Prosesor Octa-core Konsep SIM Card Merepotkan

Barca-5_thumbSalah satu seri dari smartphone khusus penggemar klub Barca ini menawarkan konsep disain yang solid dan ciamik, serta didukung spesifikasi hardware yang cukup mumpuni. Meski begitu, Advan Barca 5 alias Advan Vandroid S5Q ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 1.999.000,-.

Lantas, bagaiman dengan performa keseluruhan smartphone yang menggadang-gadang prosesor Octa-core sebagai unggulan utamanya ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Disain

Dimensi : 144 mm x 72 mm x 8 mm ; berat: 148 gram

Secara disain, bodi Vandroid S5Q ini tak jauh beda dengan kerabatnya, Barca Tab 7 inci. Hanya saja, Barca 5 memiliki bodi yang lebih mungil. Struktur disain smartphone ini memadukan material logam dengan konstruksi yang solid. Lekuk bodinya agak membulat di tiap sudut, dengan ukuran yang sangat pas dan nyaman di genggaman. Jika diperhatikan, disain Advan Barca 5 ini sepintas mirip produk terbaru Apple yakni iPhone 6.

Paket Penjualan Advan Barca 5

Tak seperti kebanyakan smartphone merek lokal lain, Advan Barca 5 menerapkan konsep unibodi. Artinya, cover belakang tak bisa dicopot dan baterai ditanamkan ke bodi (non-removable) yang berimbas pada sulitnya melepas baterai secara konvensional. Dengan mengusung konsep unibodi, panel kontrol serta port khusus termasuk slot SIM card diletakan di sisi bodi. Slot SIM card (Dual GSM, micro-SIM dan Nano-SIM) berada di sisi atas bodi dengan model tray SIM mirip iPhone. Untuk mengeluarkannya, Anda harus menggunakan pin injector yang telah disediakan dalam paket penjualan. Untuk beberapa kalangan, konsep SIM card tray ini sedikit merepotkan, terlebih jika pin injector hilang.

Sebagai salah satu dari “Barca Series”, Vandroid S5Q ini dihiasi dengan logo klub sepakbola raksasa asal Spanyol, FC Barcelona, dengan posisi logo di bagian belakang cover bagian tengah. Inilah yang membuatnya terlihat makin eksklusif.

Backcover Advan Barca 5

Layar

5 inci, IPS, 720×1280 piksel (HD), multitouch

Layaknya smartphone masakini, Advan Barca 5 juga menanamkan layar sentuh kapasitif dengan teknologi IPS (In-Plane Switching) Panel, yang mampu menghadirkan kejernihan dan ketajaman warna maupun gambar, termasuk view angle yang luas. Selain itu, dengan resolusi HD (1280×720 piksel) layar smartphone ini sanggup memanjakan mata penggunanya.

Layar Advan Barca 5

thePONSEL menguji kemampuan multi-touch layar Barca 5 menggunakan aplikasi Multitouch Tester, dah hasil yang dicapai adalah 2 poin. Meski begitu, tingkat responsibilitas layar smartphone ini tetap bagus dan lancar. Selain itu, layar Advan Barca 5 juga masih bisa digunakan dan terlihat baik meski digunakan langsung di bawah sinar matahari.

Sistem Operasi dan Antarmuka (UI)

Disektor ini, Advan Barca 5 mengusung platform OS Android 4.4.2 KitKat. Meski bukan versi paling baru, namun berbekal sistem operasi tersebut, Barca 5 didukung fitur-fitur yang cukup berlimpah, juga kestabilan performa yang lebih baik.

Interface Advan Barca 5

Menariknya, Advan Barca 5 juga didukung tampilan antarmuka yang dapat dipersonalisasikan serta dikustom sesuai keinginan pengguna. Termasuk ditambahkan beragam ikon menu yang telah disediakan Advan, agar tampilan interfacenya jadi lebih atraktif dan menarik.

Hardware dan Benchmark

CPU Octa-core 1,4GHz, RAM 1GB, ROM 8GB, GPU Mali-450MP, Eksternal up to 32GB, Baterai 2300mAh

Inilah yang diklaim sebagai unggulan utama Barca 5. Pasalnya, smartphone ini disokong prosesor yang tengah hype saat ini, yakni prosesor 8-inti (Octa-core). Kecepatan memproses data prosesor smartphone ini mencapai 1.36 GHz dengan chipset MediaTek MT6592.

Hardware Advan Barca 5

Untuk menopang laju prosesor, Barca 5 membenamkan RAM 1GB serta storage internal sebesar 8GB. Kombinasi hardware ini cukup tangguh dan lancar saat dijajal menjalankan beragam fitur dan aplikasi. Ditambah lagi, sokongan grafis Mali-450MP membuat sensasi bermain game dan menonton video HD jadi lebih seru.

Ketika diuji menggunakan Benchmark AnTutu angkanya 26.609, di atas Asus Zenfone 5 namun di bawah Redmi Note. Kemudian tes benchmark Quadrant skornya 11.846. perlu diketahui di sini bahwa pada rentang harga setara kompetitor Advan Barca 5 diantaranya yakni Xiaomi Redmi Note, Himax Polymer Octa dan Evercoss A80A Elevate Y2.

Produk

Skor AnTuTu

Skor Quadrant

Advan Barca 5

26.609

11.846

Evercoss Elevate Y2

29.857

15.829

Xiaomi Redmi Note

32.653

15.311

Samsung Galaxy Grand Prime

20.763

12.053

Ruang penampungan file/data pengguna di atas kertas 8GB, dimana sekitar 6GB yang bisa dipakai. Bila kurang ada slot microSD, hingga kapasitas 32GB.

Banchmark Advan Barca 5

Penyuplai daya Advan Barca 5 adalah baterai Li-Ion 2300mAh. Terbilang cukup, meski baiknya di kelas octa-core setidaknya 2500mAh. Dalam sekali isi daya, untuk pemakaian normal (telpon, chatting, browsing standa) bisa tahan sampai setengah hari. Lebih optimal diaktifkan mode hemat daya CPU (Setelan à Baterai)

Kamera

Belakang 8 MP, autofokus, flash LED; Depan 5 MP; F2/0, CMOS Sensor Sony IMX 219

Untuk yang hobi foto, Advan Barca 5 membenamkan kamera utama 8 MP (2448×3264 piksel) di bagian belakang, yang disokong lampu flash LED tunggal. Kemudian untuk aksi foto selfie ada kamera 5MP, yang dengan dukungan fasilitas ‘beautification’ aka ‘Mode Wajah Sempurna’ hasil potretnya tampil apik, alami dan relatif tajam.

Kemampuannya menghasilkan foto yang baik tak lepas dari digunakannya sensor CMOS Sony IMX 219, serta memiliki bukaan cahaya (aperture) kelas F2/0, yang mampu menangkap dan menyerap cahaya lebih baik. Kelebihannya, saat pemotretan pada kondisi minim cahaya hasil potretnya tetap bagus.

Poin plusnya, kamera pada Barca 5 dilengkapi fitur pengontrol suara (ucapan cheese dan capture) untuk memotret sendiri tanpa menyentuh layar. Gesture “V” untuk pemotretan otomatis serta fitur lain seperti detektor senyum, geotagging, efek foto, mode (scene) pemotretan, HDR atau pun Panorama.

Hasil bidikan outdoor dan indoor kamera Advan Barca 5 terlihat baik. Tangkapan warnanya natural seperti aslinya. Begitu pula rekaman videonya yang berformat 3GP (max full HD 1080p), juga bagus.

Multimedia

Player Musik, Player Video, Radio FM, FM Recorder

Selain kamera, Barca 5 juga menyertakan fasilitas multimedia lain yang cukup lengkap. Mulai pemutar musik, pemutar video, perekam suara hingga radio FM. Tampilan antarmuka playernya cukup standar, serupa di Barca Tab atau pun produk Advan lainnya.

Multimedia Advan Barca 5

Pada pemutar musik disajikan fitur untuk optimalkan keluaran suara, baik untuk output headset earphone (bawaan paket penjualan) atau pun via loudspeaker. Ada Ekualizer, Peningkatan bass, Suara surround dan Standar gema. Alunan lagu bisa dinikmati dengan baik lewat earphone bawaan, termasuk diterapkan sebagai nada dering.

Untuk radio, selain tangkapan sinyal stasiunnya terbilang handal. siaran radionya pun bahkan dimungkinkan untuk direkam.

Konektifitas dan Internet

Dual SIM Dual Standby, HSDPA, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, microUSB, GPS, USB OTG

Kemampuan jelajah internetnya bagus, tanpa kendala. Baik menggunakan jalur koneksi mobile operator via HSDPA atau pun lewat WiFi kala di area hotspot. Akses ke Google Play Store atau pun marketplace aplikasi semacam MoboMarket bisa dijalani dengan baik dan lancar, tanpa masalah.

Konektivitas Advan Barca 5

Kemampuan USB OTG (on-the-go) pun oke, bisa dimanfaatkan untuk memindahkan file dari flashdisk ke ponsel atau sebaliknya bisa lebih cepat, praktis dan efisien. GPS-nya cukup akurat untuk menunjukkan lokasi, termasuk untuk navigasi.

Fitur Khusus

Advan membekali Barca 5 dengan aplikasi menarik seperti Dr. Safety, dimana menggandeng Trend Micro untuk perlindungan menyeluruh terhadap ancaman virus, perlindungan perangkat hilang sampai pemblokiran panggilan.

Fitur Khusus Advan Barca 5

Fitur gesture di smartphone ini pun mendukung banyak aplikasi. Misal goyang untuk menuju foto selanjutnya pada gallery, goyang untuk lagu berikutnya pada player musik, goyang untuk memotret saat mode kamera, atau pun menggoyang untuk menerima panggilan telpon. Ketuk layar 2x untuk mengaktifkan layar dari mode sleep, gesture “e” untuk buka browser, dan lainnya.

(+) Kelebihan

–         CPU Octa-core

–         Harga terjangkau

–         Desain kompak, solid dan elegan

–         Layar HD 720p

(-) Kekurangan

– Tidak ada NFC

– Kapasitas baterai kurang besar

– Konsep dan Model SIM card merepotkan

 

Kesimpulan

Meski bukan satu-satunya smartphone dengan prosesor Octa-core termurah yang ada di pasaran saat ini, namun Advan Barca 5 aka Vandroid S5Q bisa menjadi pilihan menarik. Terlebih untuk maniak klub sepakbola asal Spanyol, FC Barcelona. Kualitas disain yang terbilang cukup apik dibanding smartphone sejenis, serta ditopang beragam fitur terkini yang memiliki performa ciamik, membuat Barca 5 percaya diri untuk bersaing dengan smartphone sejenis.

Hanya saja, beberapa bagian di Barca 5 bisa merepotkan untuk sebagian orang. Misalnya, konsep SIM card tray yang membutuhkan pin injector untuk membukanya. Serta model SIM card yang tak seragam, ada micro-SIM dan nano-SIM. Tak hanya itu saja, kapasitas baterai yang tergolong kecil untuk ukuran smartphone Octa-core, nampaknya perlu mendapat perhatian khusus untuk Anda yang berniat meminangnya.

 

More in Review
Asus-Zenfone-4-vs-Samsung-Galaxy-V
Compare: Asus Zenfone 4 (A400CG) vs Samsung Galaxy V (SM-G313HZ), Android Dual SIM dengan Kemampuan Tangguh di Harga Rp 1 Jutaan

Close