Compare: Asus Zenfone 4 (A400CG) vs Samsung Galaxy V (SM-G313HZ), Android Dual SIM dengan Kemampuan Tangguh di Harga Rp 1 Jutaan

Asus-Zenfone-4-vs-Samsung-Galaxy-VSukses mengenalkan trio ponsel berprosesor Intel Atom (Zenfone 4,5 dan 6) di medio April 2014, nampaknya cukup mendongkrak merek vendor asal Taiwan ini di pasaran tanah air. Terbukti, untuk pasar ponsel entry level, nama Asus Zenfone 4 menjadi perbincangan hangat hingga saat ini. Tak hanya di perkotaan, konsumen yang tinggal di daerah pinggiran (urban) pun cukup antusias memburu smartphone ‘murah’ besutan Asus ini. Bahkan, harga yang dipatok oleh penjual sempat melambung tinggi hingga Rp 1,6 jutaan dari harga resmi kurang dari Rp 1,1 jutaan.

Hal ini tentu saja membuat beberapa kompetitornya merasa kecolongan, dan mulai gencar merilis produk baru mereka di kelas yang sama. Sebut saja Samsung yang menawarkan smartphone entry level berkode Galaxy V (SM-G313HZ). Smartphone ini dibanderol dengan harga sedikit di atas Zenfone 4 yakni Rp 1.199.000,-. Di sisi konsumen, hadirnya banyak pilihan smartphone jenis ini di pasaran perlu disikapi dengan cermat supaya tidak salah pilih.

Nah, untuk Anda yang berniat mencari smartphone murah dengan kemampuan yang lumayan baik, bisa menyimak komparasi Asus Zenfone 4 vs Samsung Galaxy V berikut ini.

Paket Penjualan

Disain
Baik Asus Zenfone 4 maupun Samsung Galaxy V sama-sama menggunakan cover berbahan plastik. Hanya saja, pilihan cover yang ditawarkan Zenfone 4 lebih variatif dan trendi ketimbang milik Galaxy V. Zenfone 4 hadir dengan cover berwarna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Sky Blue dan Solar Yellow. Sedangkan Galaxy V hanya tersedia dalam pilihan Black dan White.

Meski sama-sama berbahan plastik, namun finishing cover milik Zenfone 4 terlihat sedikit lebih baik dan berkelas, sedangkan Galaxy V terkesan ‘biasa saja’. Bahkan, struktur disain milik Galaxy V cenderung ‘monoton’, khas ponsel Samsung yang tampil rounding di tiap sudut tanpa ada aksen khusus layaknya Zenfone 4 yang punya tekstur unik di bagian bawah layar. Namun, untuk Anda yang tak terlalu mementingkan disain, rasanya hal tersebut tak perlu dipermasalahkan.

Asus Zenfone 4 memiliki ukuran bodi yang sedikit lebih panjang dan lebih tipis dibanding Galaxy V. Hal ini membuatnya terlihat lebih langsing. Seperti kebanyakan smartphone entry level Samsung, Galaxy V juga dilengkapi tombol home berbentuk fisik dan tombol sentuh kapasitif untuk back dan recent aplikasi. Sedangkan di Zenfone 4, ketiganya menggunakan tombol sentuh. Untuk tombol dan panel control lainnya, Zenfone 4 menempatkan volume rocker dan power/lockscreen di sisi kiri bodi, port kabel data micro USB/charger di sisi kanan dan port audio 3.5mm di bagian atas kanan. Sementara Galaxy V, menempatkan tombol power/lock screen di sisi kiri dan volume di bagian kanan. Untuk port charger/kabel micro USB ada di bagian bawah, serta port audio jack di atas sebelah kiri.

Untuk membuka cover belakang, keduanya menghadirkan celah kecil di sisi bodi untuk mencongkel cover. Galaxy V di sisi kiri atas, Zenfone 4 di kanan bawah. Di balik back cover, Zenfone 4 menempatkan dua slot SIM card berjenis micro-SIM di sisi kanan bersebelahan dengan port micro USB dan slot microSD di atas baterai. Jadi, pengguna Zenfone 4 tak perlu mencabut baterai jika ingin menyisipkan kartu SIM. Berbeda dengan Galaxy V, Anda harus melepas baterai terlebih dahulu, karena posisi kedua slot micro-SIM card berada di balik tempat baterai.

Display
Sektor ini, Asus dan Samsung membenamkan layar TFT kapasitif 16 juta warna dengan resolusi 480×800 piksel. Meski tak setajam dan view angle tak seluas layar berjenis IPS (In-Plane Switching), namun layar berukuran 4 inci di kedua ponsel ini bisa dioperasikan dengan maksimal. Anda bisa menelusuri semua fitur dan aplikasi dengan lancar menggunakan sentuhan jari. Berdasarkan hasil uji menggunakan aplikasi MultiTouch Tester, layar Zenfone 4 mampu mendeteksi 10 sentuhan. Sementara Galaxy V hanya mendukung multitouch 2 sentuhan.

Poin plus lain yang dimiliki Asus Zenfone 4 adalah hadirnya pelapis layar dari bahan kaca anti gores Corning Gorilla Glass, yang membuat layar ponsel ini jauh lebih kuat dan aman ketimbang milik Galaxy V. Soal tampilan, layar kedua ponsel ini sanggup menghadirkan kejernihan gambar dan ketajaman warna yang maksimal. Meski begitu, saat digunakan langsung di bawah sinar matahari tetap saja kurang jelas.

Sistem Operasi dan UI
Kedua smartphone ini telah menggunakan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, dan didukung beragam aplikasi menarik baik yang standar platform Android maupun tambahan dari masing-masing vendor. Layaknya smartphone Android kebanyakan, di Zenfone 4 maupun Galaxy V juga terdapat beberapa ikon khusus untuk akses cepat ke fitur favorit seperti kontak, telpon dan messaging. Ikon fitur tersebut bisa diatur sesuai aplikasi yang diinginkan.

Zenfone 4
Galaxy V

Menariknya, masing-masing ponsel juga menanamkan antarmuka khas masing-masing vendor. Zenfone 4 menanamkan ZenUI dan Galaxy V menggunakan TouchWiz Essence UI. Kedua interface bawaan smartphone ini memiliki karakter yang cukup atraktif, dan tentunya tetap bisa Anda personalisasikan sesuai keinginan. Misalnya dengan menambahkan beragam widget keren, wallpapaer dan sebagainya.

Hardware
Nah, di sini lah ketangguhan kedua smartphone diuji. Meski sama-sama dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Ternyata, kedua ponsel ini mengusung spesifikasi hardware yang berbeda. Asus Zenfone 4 membenamkan prosesor Dual-core 1.2GHz Intel Atom Z2520 dengan teknologi Hyper Threading yang seolah-olah membagi Dual-core menjadi 4 CPU. Sementara Galaxy V hanya menanamkan prosesor Single-core 1.2GHz ARM Cortex-A7.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, sudah jelas terlihat performa siapa yang lebih maksimal bukan? Ya, tentu saja Zenfone 4. Pasalnya, meski hanya Dual-core namun teknologi Hyper Threading yang dimiliki Intel tersebut mampu mendongkrak kinerja jeroan jauh lebih maksimal. Dari catatan thePONSEL, performa teknologi yang dimiliki jeroan Asus ini hampir setara dengan smartphone yang menggunakan prosesor Quad-core MediaTek bahkan Qualcomm.

Hardware Zenfone 4
Harware Galaxy V

Di sisi grafis, Asus Zenfone 4 menggunakan PowerVR SGX 544MP2, sedangkan Galaxy V memakai GPU Mali-400 MP. Secara kinerja, keduanya memiliki kemampuan yang bisa dibilang tak jauh beda. Tetap bisa diandalkan untuk menghadirkan grafis terbaik saat menikmati video maupun bermain game. Namun syaratnya, konten atau gamenya bukan yang berspesifikasi tinggi yah.

Untuk urusan penyimpanan, Zenfone 4 menyiapkan RAM 1GB plus internal storage 8GB, sementara Galaxy V hanya 512 MB dan storage 2GB. Untuk Anda yang biasa menyimpan data/file yang memiliki kapsitas besar, kedua ponsel menyiapkan slot memori ekspansi berjenis microSD dengan kapasitas maksimal 64GB.

Benchmark
Untuk menguji kemampuan sejatinya kedua smartphone, thePONSEL menggunakan beberapa aplikasi benchmarking seperti AnTuTu, Quadrant Standard, 3DMark, NenaMark 2 dan Vellamo Benchmark. Saat pertama kali menginstal aplikasi-aplikasi ini, Samsung Galaxy V beberapa kali mengalami kendala (force closed) dan harus di-restart. Berbeda dengan Zenfone 4 yang bisa dengan lancar menginstalnya.

Saat dilakukan benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu, Samsung Galaxy V dari beberapa kali tes selalu putus di tengah jalan sehingga hasilnya tidak sempurna. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena ada beberapa komponen yang menjadi acuan proses benchmark tidak terdeteksi. Untuk skornya sendiri, Galaxy V mencatat angka tertinggi 8642 (Really Tried). Berbeda dengan Zenfone 4, ponsel ini bisa dengan lancar diuji menggunakan aplikasi AnTuTu dengan skor tertinggi 18917.

Hal yang tak jauh beda juga terlihat saat diuji menggunakan aplikasi Quadrant Standard, Zenfone 4 tetap memimpin di depan dengan perolehan nilai 7259, sementara Galaxy V memperoleh skor 2574. Untuk mencoba grafisnya, thePONSEL memakai aplikasi NenaMark2 dengan nilai untuk Galaxy V sebesar 39.5fps, sedangkan Zenfone 4 mendapat 59.3fps.

Zenfone 4
Galaxy V

Dengan beberapa acuan benchmark tersebut, dapat ditarik kesimpulan secara umum Asus Zenfone 4 memiliki performa yang lebih baik ketimbang Samsung Galaxy V.

Multimedia
Untuk urusan multimedia, kedua smartphone ini menyertakan sarana yang cukup komplit. Anda bisa memutar beragam format file audio dengan lancar seperti MP3, WAV dan AAC. Begitu juga dengan video player, format file standarnya adalah 3GP dan AVI. Jika Anda ingin memutar format file lain, sebaiknya gunakan player tambahan yang dapat diunduh dari Google Play Store. Namun untuk audio player, Galaxy V tak menyertakan ikon player default layaknya milik Zenfone 4. Di Galaxy V, Anda bisa memutar file audio langsung dari file manager atau memanfaatkan Play Music milik Google.

Soal kualitas audio, rasanya speaker bawaan yang dimiliki kedua ponsel pintar ini sepadan. Apalagi, keduanya juga tak dilengkapi pengaturan atau teknologi khusus layaknya di smartphone premium.  Hanya saja, di Zenfone 4 terdapat pilihan Audio Wizard untuk mempermudah pemilihan audio berdasarkan beberapa fungsi. Meski begitu, keluaran audio dari Zenfone 4 tetap standar. Namun jika Anda mendengarkan lagu via headset, player bawaan Zenfone 4 menyertakan pengaturan equalizer untuk menghasilkan output yang lebih berkualitas.

Sebagai alternatif hiburan, kedua smartphone ini juga menyertakan radio FM yang baru bisa diaktifkan jika Anda menancapkan headset. Untuk fitur ini, Zenfone 4 kalah dari Galaxy V. Pasalnya, radio FM di Galaxy V telah dilengkapi kemampuan merekam siaran (FM Recording) dan teknologi RDS. Sangat disayangkan, dalam paket penjualan Asus Zenfone 4 tak disertakan headset bawaan. Sedangkan Samsung Galaxy memberikan headset di paket penjualannya.

Zenfone 4
Galaxy V

Kamera dan Video
Meski masuk kategori ponsel murah-meriah, nyatanya kedua ponsel ini dibekali sarana fotografi yang lumayan tangguh. Hanya saja, milik Zenfone 4 setingkat di atas Galaxy V. Tengok saja resolusi kamera utama yang dimilki Zenfone 4 yang sudah berkekuatan 5MP. Selain itu, kamera Zenfone 4 juga dilengkapi beragam fitur penting seperti autofocus, ISO, Face detection, HDR, Panorama dan beberapa pengaturan lainnya. Sayang, kamera ponsel ini tak dilengkapi dengan LED flash untuk pengambilan gambar di tempat minim cahaya.

Bandingkan dengan kamera Galaxy V, meski hanya berkekuatan 3.2MP namun kamera ponsel ini dilengkapi LED flash. Selebihnya, fitur tambahan kamera di ponsel ini sangat sedikit. Hanya ada pilihan Panorama, Night, Auto, Sound & Shot serta Self timer.

Soal kualitas, tentu saja kamera Zenfone 4 berada di atas Galaxy V. Foto outdoor yang dihasilkan cukup terang dengan detail gambar yang jelas. Warna yang terpancar pun lebih natural ketimbang milik Galaxy V.

Bagi yang ingin ber-selfie ria, kedua ponsel pintar ini menyertakan kamera depan berkekuatan 0.3MP (VGA). Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai kamera video chat menggunakan aplikasi Instant Messaging seperti Skype.

Selain foto, kamera keduanya pun bisa dimanfaatkan untuk merekam video. Di sini, lagi-lagi Zenfone 4 yang digjaya. Pasalnya, kamera video ponsel ini sanggup merekam gambar bergerak dengan kualitas full HD 1080p@30fps, sementara Galaxy V hanya 480p@24fps.

Internet dan Konektivitas
Untuk urusan koneksi, kedua ponsel ini terbilang komplit. Meski murah meriah, keduanya telah membawa jaringan data 3G/HSDPA dengan kecepatan akses hingga mencapai 7.2Mbps (download) dan 5.76Mbps (upload). Bagi yang ingin internetan gratis via free hotspot, bisa memanfaatkan WiFi 802.11 b/g/n. Baik Zenfone 4 dan Galaxy V juga sama-sama menyertakan Bluetooth dan port kabel data micro-USB yang sekaligus charger.

Sebagai catatan, kedua smartphone ini mendukung kemampuan Dual SIM Dual Standby, dengan jenis kartu SIM adalah Micro-SIM card. Sementara untuk akses internet utama di jaringan 3G/HSDPA, keduanya mengandalkan slot SIM card utama (SIM 1).

thePONSEL menguji performa browser bawaan kedua smartphone menggunakan aplikasi Vellamo Benchmark. Hasil yang diperoleh Galaxy V sekitar 876, dan Zenfone 4 sekitar 1355. Artinya, browser milik Zenfone 4 mampu berakselerasi dengan baik di sistem ponsel ini ketimbang di Samsung Galaxy V.

Benchmark Browser

Menariknya, dalam paket penjualan, Samsung Galaxy V rata-rata dibundling dengan operator Telkomsel dan konsumen akan mendapatkan kartu perdana simPATI plus bonus gratis pulsa Telkomsel Rp 120.000 untuk 6 bulan (Rp 20.000/bulan).

Fitur Tambahan
Secara default, kedua smartphone juga menghadirkan beberapa aplikasi dan fitur standar pabrikan. Hanya saja, jumlah dan fungsinya yang berbeda. Di sektor ini, Asus Zenfone 4 unggul disbanding Samsung Galaxy V. Pasalnya, ponsel pintar asal Taiwan ini menjejalkan banyak fitur/aplikasi tambahan yang cukup menarik dan lumayan berguna bagi penggunanya. Sebut saja Amazone Kindle, aplikasi untuk membaca buku, komik, majalah, novel serta buku cerita anak. Ada juga Data transfer untuk memudahkan pengguna mengkopi data dari ponsel lama ke yang baru via Bluetooth. Buat menunjang pekerjaan, Zenfone 4 menyertakan fitur Do it later (To-do), Quick memo, Super Note, Share Link, What’s Next dan Remote Link untuk menjadikan smartphone layaknya sebuah mouse PC.

Sementara Samsung Galaxy V, hanya menyertakan fasilitas standar Android dengan beberapa tambahan fitur khas seperti Samsung Galaxy Apps yang memiliki fungsi sebagai toko aplikasi khusus smartphone Samsung, S Planner, Memo dan ChatOn yakni aplikasi chatting untuk pengguna smartphone besutan Samsung.

Seperti layaknya perangkat elektronik besutan Asus (laptop, tablet dan smartphone), pengguna Zenfone 4 juga akan mendapatkan gratis layanan cloud storage milik Asus yakni WebStorage dengan kapasitas 5GB.

Baterai
Dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar yakni 1600 mAh, baterai milik Zenfone 4 ternyata tidak bisa mengungguli daya tahan lithium ion 1500 mAh milik Galaxy V. Untuk pemakaian standar, baterai milik Galaxy V bisa bertahan lebih dari 1,5 hari, sementara milik Zenfone 4 kurang dari 1 hari. Namun, Zenfone 4 memiliki sitem menejemen power yang cukup handal. Anda tinggal mengaktifkannya di menu pengaturan, dan baterai ponsel ini bisa bertahan sedikit lebih lama. Ini yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy V.

Sebagai informasi tambahan, saat kedua ponsel digunakan untuk menjalankan dan membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, khususnya browsing dan game, bodi kedua ponsel akan terasa cepat panas.

Kesimpulan
Di rentang harga yang tak terpaut jauh, Asus Zenfone 4 dan Samsung Galaxy V sama-sama mencuri hati para pemburu smartphone Android Dual SIM murah di tanah air. Dengan merek branded yang sudah melanglang buana, Samsung Galaxy V sebenarnya bisa bersaing ketat dengan smartphone asal Taiwan ini. Sayangnya, spesifikasi serta performa secara keseluruhan berdasarkan hasil benchmark menunjukan kalau smartphone asal Korea tersebut berada jauh dibawah Asus Zenfone 4.

Nah, untuk Anda yang berniat membeli smartphone murah dengan pilihan di antara keduanya, tentunya sudah bisa menilai mana yang lebih pas. Namun, tetap harus menyesuaikan dengan budget serta kebutuhan loh.

More in Review
Asus-Zenfone-5
Asus Zenfone 5 (A500CG), Android Dual SIM Berprosesor Intel dengan Kemampuan Memukau

Close