Review: Cyrus Esia Max Pic, Android Quad-core Dual SIM Unggulkan Kamera untuk Selfie

Cyrus-Esia-Max-PicMeski pasar smartphone CDMA-GSM tak seagresif GSM-GSM, namun peminatnya masih terbilang cukup banyak. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan Cyrus menggandeng Esia dalam menghadirkan smartphone Dual SIM murah terbarunya, yakni Cyrus Esia Max Pic.

Smartphone yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau ini mengunggulkan kemampuan kamera untuk foto diri (selfie). Lalu, seperti apakah performanya? Berikut ulasan lengkap Cyrus Esia Max Pic.

Disain
Bodi smartphone ini bisa dibilang cukup besar, ukurannya sekitar 143x73x9 mm dengan bobot 190 gram. Meski begitu, dimensinya yang kompak terasa pas digenggam. Struktur bodinya agak ‘menipis’ di tiap sisi dengan cover belakang yang ‘sedikit’ menutup sudut atas dan bawah. Sayangnya, konsep back cover ini sedikit merepotkan saat ingin dibuka/dicopot.

Material cover yang digunakan menutup bodi menggunakan bahan plastik yang cukup bagus, degan finishing dof yang membuatnya tak mudah kotor dan licin. Poin plusnya, di paket penjualan Esia Max Pic juga ditambahkan back cover ekstra dengan warna-warna trendi.

Paket Penjualan Esia Max Pic

Seperti halnya smartphone Android masa kini, panel kontrol menu di Esia Max Pic juga berada di sekeliling bodi. Sisi atas ada port audio jack 3.5mm dan micro USB untuk charging baterai/kabel data. Sisi kiri terdapat tombol volume, sementara sisi kanan tertanam tombol power dan ‘celah’ untuk membuka cover belakang. Bagian belakang bodi terdapat corong loudspeaker dan selongsong kamera yang agak menyembul, bersebelahan dengan LED flash.
Layar, OS dan Interface
Bodi yang ‘bongsor’ di smartphone ini sejatinya untuk mengakomodasi luas penampang layar yang berukuran 5 inci, dengan resolusi WVGA (960×540 piksel). Kualitas gambar dan warna yang terpancar cukup jernih dan natural. Teknologi layar kapasitif yang digunakannya pun terbilang tangguh, bahkan tetap terlihat jelas meski berada langsung di bawah sinar matahari.

Interface Esia Max Pic

Untuk interface, Cyrus Esia Max Pic menyuguhkan struktur khas Android 4.1 Jelly Bean. Namun, dengan kustomisasi pada tampilan ikon, struktur menu serta homescreen yang mengadopsi konsep iPhone dan dikombinasikan karakter khas Esia serta Cyrus. Format default, menu lock screen smartphone ini menerapkan model geser (slide lock), yang selain untuk membuka kunci layar juga bisa langsung mengaktifkan beberapa fitur standar Esia Max Pic seperti kamera, messaging dan call.
Soal personalisasi antar muka, Anda bisa menambahkan widget, wallpaper, Live wallpaper, merubah ukuran fontasi dan sebagainya sesuai kebutuhan dan selera.

Kamera
Sektor ini menjadi unggulan utama Max Pic. Dengan resolusi 8 MP (3264×2448 piksel) dan didukung fitur auto focus, LED Flash serta beragam fasilitas pendukung lainnya, kamera ponsel ini sanggup menghasilkan foto berkualitas dan menarik. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi editing foto yang dapat diunduh dari Play Store untuk menghasilkan foto bernilai seni tinggi.
Kamera Esia Max Pic menawarkan 3 modus pilihan, yakni Normal, Panorama dan Smile. Namun, kamera ponsel ini juga mendukung fungsi Macro loh. Satu hal yang menarik, pada mode Smile, Anda bisa mengambil foto selfie baik menggunakan kamera utama (belakang) maupun kamera depan yang berkekuatan 2 MP hanya dengan senyuman (tanpa menekan ikon shutter).

Selain fitur di atas, kamera Cyrus Max Pic juga masih menawarkan berbagai fasilitas menarik lain seperti Face detection, Color effect, Red Eye reduction, White balance serta Exposure. Semua fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi. Tinggal, bagaimana Anda mengeksplorasinya saja.

Kamera Esia Max Pic

Selain untuk foto, kamera Esia Max Pic ini pun bisa dimanfaatkan untuk merekam video berkualitas HD 720p. Hasil foto maupun video bisa langsung dibagi (sharing) ke berbagai layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, WhatsApp, BBM dan sebagainya.
Soal kualitas foto, tak perlu diragukan lagi. Hasilnya cukup jelas dan tajam, dengan ditel gambar serta serapan warna yang maksimal. Terlebih, untuk kondisi tempat dengan pencahayaan yang berlimpah (terang). Untuk ruang minim cahaya, bantuan LED flash yang ada di sisi kamera belakang bisa meningkatkan kualitas hasil foto.
Berikut beberapa hasil foto yang diambil menggunakan kamera Esia Max Pic, tentunya dengan menambahkan beberapa efek khusus dan editing menggunakan aplikasi edit foto. Hasilnya cukup memuaskan, dan ciamik.

Foto Outdoor Kamera Esia Max Pic: Hobi Koleksi Mainan Lego
Foto Outdoor Kamera Esia Max Pic: Hobi Koleksi Mainan Lego
Foto Indoor Kamera Esia Max Pic: Kesenian di Bali (Leak)
Foto Indoor Kamera Esia Max Pic: Atraksi Kesenian di Bali

Hardware
Esia Max Pic didukung prosesor Quad-core 1.2GHz, Qualcomm Snapdragon MSM8652Q dan dikolaborasikan dengan GPU Adreno 203 serta RAM 1GB. Kombinasi ini menghasilkan performa yang cukup baik serta lancar, saat digunakan menelusuri fitur-fitur utama, termasuk bermain game.
Ruang memori internal sebesar 4GB yang dibagi-bagi untuk sistem dan penyimpanan data pengguna, masih bisa diekspansi menggunakan slot memori tambahan berjenis microSD dengan kapasitas maksimal 32GB. Jadi, untuk yang terbiasa mengumpulkan foto, video serta beragam aplikasi sebaiknya manfaatkan ruang penyimpanan ekspansi ini supaya ponsel tetap yahud alias tidak lemot.

Hardware Esia Max Pic

Untuk membuktikan kinerja jeroan Cyrus Esia Max Pic, thePONSEL memanfaatkan aplikasi benchmark yang cukup banyak digunakan, yakni AnTuTu Benchmark dan Quadrant Standar. Hasil ujinya menunjukan Esia Max Pic memperoleh skor 3981 (Quadrant Standar), dengan posisi di atas Motorola ATRIX dan Samsung Galaxy Tab 10.1.  Sementara untuk AnTuTu Benchmark, Esia Max Pic membukukan skor 9606 tepat di bawah Samsung Galaxy S2.

Dual SIM CDMA-GSM
Selain kamera dan hardware, Cyrus Esia Max Pic juga menawarkan keunggulan Dual On Dual Mode. Artinya, ponsel ini mendukung kemampuan untuk menjalankan 2 kartu SIM dengan jaringan berbeda (CDMA-GSM) secara bersamaan. Alhasil, Anda tak perlu menenteng banyak ponsel lagi.
Soal data, Esia Max Pic mengandalkan jaringan CDMA EVDO Rev.A sebagai network utamanya. Untuk kecepatan akses internet, jaringan EVDO Rev.A Esia Max-D ini bisa mencapai hingga 3.1 Mbps (download) dan 1.8 Mbps (upload).
Selain koneksi internet ponsel ini juga dilengkapi dengan beberapa koneksi standat smartphone pada umumnya seperti: Wifi dengan Hotspot Capability (Tethering), Bluetooth dan MicroUSB 2.0.

Konektivitas Esia Max Pic

Menariknya, untuk konsumen yang membeli paket bundling Cyrus Esia Max Pic seharga Rp 1.750.000,- ini dapat menggunakan Path dan aplikasi Line secara gratis dan tidak memakan kuota data yang tersedia. Selain itu, konsumen juga akan langsung memperoleh benefit menarik seperti bonus internetan sebesar 25,5 GB, plus bonus Nelpon GSM 100 % balik pulsa. Selain itu setiap isi ulang 25rb pengguna juga akan mendapatkan quota internet 2GB berlaku maksimal 12kali selama 12 bulan.

Fitur Lain
Sebagai tambahan, Cyrus Esia Max Pic juga menyertakan beragam fitur standar Android 4.1 Jelly Bean seperti GPS, Compass, Google Maps serta fasilitas bawaan Cyrus dan Esia mulai Cyrus Market, Cyrus Memo, Cyrus Niaga, Cyrus Photo Print, Cyrus Zone, CyrusKu, Indobooks, Esia Download dan Esia Max-D.
Bagi yang biasa eksis di dunia maya, Esia Max Pic juga menyediakan aplikasi Facebook, Line, Path, Hangouts, Google+, WhatsApp, Twitter, Instagram, YouTube serta beberapa aplikasi office (Kingsoft Office).
Satu hal yang menarik di sisi aplikasi, Esia Max Pic menyediakan dua aplikasi BBM. Artinya, Anda bisa memiliki dua PIN BBM berbeda di satu ponsel dan bisa berjalan dengan lancar.

Fitur Esia Max Pic

Baterai
Esia Max Pic mengandalkan baterai lithium berkapasitas 2000 mAh sebagai sumber powernya. Baterai ini bisa bertahan hingga lebih dari 3 hari, dengan syarat penggunaan normal tanpa mengaktifkan fitur internet dan data. Namun, jika datanya aktif terus, hanya bisa bertahan kurang dari satu hari.

More in Review
SpeedUp-Pad-Phone
SpeedUp Pad Phone TB-721, Tablet Android 7 Inci Bisa Telpon & SMS plus Fitur Islami untuk Anak-Anak

Close