SpeedUp Pad Phone TB-721, Tablet Android 7 Inci Bisa Telpon & SMS plus Fitur Islami untuk Anak-Anak

SpeedUp-Pad-PhoneSaat ini, tablet PC memang masih menjadi gadget favorit untuk segala kebutuhan (hiburan maupun pekerjaan). Tak heran jika pilihannya pun makin beragam. Sokongan fitur yang dibenamkan masing-masing tablet pun disesuaikan dengan target pasarnya. Ada yang menjejalkan kemampuan multimedia yang lebih komplit seperti sokongan TV Analog dan kamera beresolusi tinggi, ada pula yang menawarkan layanan data serta fitur-fitur pendidikan untuk anak seperti yang coba diusung oleh SpeedUp Pad Phone TB-721.

Menariknya, PT MLW Telecom menggandeng Carrefour sebagai mitra eksklusif pendistribusian produk SpeedUp Pad Phone TB-721 ini. Tak hanya itu saja, untuk pembelian SpeedUp Pad Phone TB-721 di seluruh jaringan ritel Carrefour, konsumen akan mendapatkan harga khusus yakni Rp 999.000,- dari harga normal Rp 1.299.000,-

Secara disain, tablet ini memang tak jauh beda dengan kebanyakan tablet PC low end yang beredar di pasaran. Dimensinya 197.6×122.3×10.7mm dengan bobot 307 gram. Struktur disain SpeedUp Pad Phone TB-721 cukup ergonomis dengan sudut bodi yang membulat. Material bodi lebih didominasi bahan plastik glossy berwarna putih.

Paket Penjualan SpeedUp Pad Phone TB-721

Di sisi kiri dan kanan tampilan depan (agak sedikit ke atas) terdapat corong speaker, yang sanggup ‘menyemburkan’ dentuman suara yang cukup menggelegar. Di sisi atas, terdapat tombol power/lock screen dan volume control. Di sisi kiri bodi (dalam posisi landscape), terdapat port kabel micro USB yang berfungsi untuk charger sekaligus port kabel data. Di bawahnya ada slot microSD, audio jack 3.5mm, slot kartu SIM dan lubang untuk me-reset tablet.

Disain SpeedUp Pad Phone TB-721

Display & User Interface
SpeedUp Pad Phone TB-721 didukung layar kapasitif berukuran 7 inci, dengan resolusi 1024×600 piksel. Layar tablet ini mendukung 5 poin multi-touch dengan kerapatan piksel layarnya sekitar 160ppi. Dengan teknologi layar yang digunakannya, gambar yang ditampilkan terlihat jernih dan terang dengan ketajaman “High Resolution”.

User Interface SPeedUp Pad Phone TB-721

Untuk interface, tablet ini membenamkan antarmuka khas Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Homescreen terbagi dalam beberapa jendela yang dapat dipersonalisasikan, termasuk menambahkannya dengan ikon shortcut aplikasi maupun widget. Tampilan interface SpeedUp Pad Phone TB-721 bisa diposisikan dalam mode landscape maupun portrait. Menariknya, tablet ini menawarkan dua interface berbeda saat pertama kali diaktifkan, yakni Android home dan SpeedUp Studio. Khusus untuk antarmuka SpeedUp Studio, pengguna harus login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan untuk bisa menikmati konten-konten yang terdapat di SpeedUp Studio, seperti menikmati music, majalah, aplikasi, game serta news feed.

Hardware
Sektor ini, SpeedUp Pad Phone TB-721 membekali diri dengan chipset prosesor buatan MediaTek, tipenya MT6575 ARMv7 Single-core dengan clock speed 1GHz. Untuk kebutuhan grafis, tablet ini mengkombinasikannya dengan GPU PowerVR SGX 531 OpenGL  ES 2.0. Sayangnya, RAM yang ditanamkan masih sebatas 512 MB. Sementara untuk ruang penyimpanan data, SpeedUp TB-721 menyediakan storage 4GB plus slot microSD berkapasitas maksimal 32GB.

Prosesor SpeedUp Pad Phone TB-721

Soal performa, kombinasi hardware yang dimiliki tablet ini tergolong lumayan tangguh untuk kelas tablet low end. Berdasarkan hasil benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu dan Quadrant, SpeedUp Pad Phone TB-721 mencatat skor yang cukup memuaskan. Untuk AnTuTu, nilai yang diperoleh adalah 4218. Sedangkan untuk Quadrant adalah 2270, setingkat di atas HTC Desire HD dan Samsung Nexus S.

Benchmark SpeedUp Pad Phone TB-721

Konektivitas & Internet
Untuk kebutuhan data dan koneksi, SpeedUp Pad Phone TB-721 menawarkan fasilitas yang cukup komplit. Tak hanya WiFi yang telah mendukung tipe a/b/g/n serta WiFi Hotspot, tablet ini juga menyediakan jalur data seluler untuk akses internet. Sayangnya, jalur data yang didukungnya masih sebatas 2.5G/EDGE/GPRS, belum 3G/HSDPA.

Sementara untuk internetan, tablet ini menyediakan browser default yang mendukung incognito tab dan mampu menampilkan halaman website hingga 16 tab. Menariknya, tablet ini juga sudah mendukung Adobe Flash Player. Artinya, konten-konten berformat flash juga bisa ditampilkan dengan lancar baik di player khusus maupun di browser internet.

Konektivitas SpeedUp Pad Phone TB-721

Sarana koneksi lain yang juga disediakan tablet ini adalah Bluetooth, dan juga port kabel data micro USB. Menariknya, kedua media koneksi ini pun bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan tablet dengan dunia maya. Sebagai tambahan, port kabel data micro USB di SpeedUp TB-721 juga mendukung fungsi On The Go (USB OTG) yang mampu membaca harddisk eksternal maupun flashdisk menggunakan converter khusus.

Sebagai tambahan, hadirnya slot SIM card di tablet ini, selain menawarkan akses internet lewat jaringan data operator, juga memiliki fungsi lain yakni kemampuan Call & SMS. Tak hanya itu saja, SpeedUp Pad Phone TB-721 secara resmi dibundling dengan 2 paket layanan operator yakni Telkom dengan paket gratis Speedy 1 bulan plus gratis speedy instant card dan Telkomsel lewat paket AS combo 15 yang memberikan gratis 90 menit bicara, 180 SMS dan 180 MB data selama 3 bulan.

Multimedia
Seperti kebanyakan tablet PC, SpeedUp Pad Phone TB-721 pun menghadirkan sarana multimedia yang cukup komplit, misalnya saja kamera. Tablet ini menyediakan dua buah kamera (depan dan belakang) dengan resolusi lensa 2.0 megapiksel. Menariknya, selain bisa digunakan untuk foto maupun rekam video, kamera tablet ini pun mampu dimanfaatkan untuk panggilan video (Video chat/video call) menggunakan aplikasi khusus sepeti  Skype atau Yahoo Messenger.

Selain kamera, tablet ini juga menyediakan sarana hiburan lain seperti video player yang mendukung format file AVI, RM, RMVB, MP4, MKV, WMV, VOB, PMP, MPEG, FLV dan 3GP. Untuk format video lainnya, Anda bisa memanfaatkan player pihak ketiga yang bisa diunduh dari Google Play Store. Ada juga music player dan juga radio FM yang mendukung fungsi record FM. Bagi yang hobi bermain game, Anda bisa mendapatkan beragam permainan gratis langsung dari Google Play Store.

Fitur Multimedia SpeedUp Pad Phone TB-721

SpeedUp Pad Phone TB-721 juga menawarkan layanan khusus yakni SpeedUp Studio. Di aplikasi ini, Anda dapat menikmati beragam konten menarik seperti musik, majalah digital, aplikasi, game dan news feed. Dengan mendaftarkan akun (registrasi) di SpeedUp Studio, Anda akan sekaligus mengaktifkan garansi tablet Anda tersebut untuk masa 1 tahun kedepan.

Fitur Lain
Platform OS Android 4.0.4 Icream Sandwich yang dibawa SpeedUp Pad Phone TB-721 tentunya didukung beragam fasilitas dan fitur standar Android yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari hingga bisnis. Namun, masih ada daya tarik lain yang coba ditawarkan SpeedUp Pad Phone TB-721 ini yaitu beragam fitur pendidikan untuk anak muslim.

Para orang tua dapat membantu mendidik anak di rumah seputar keislaman. Mulai Jadwal Shalat & Puasa, Asmaul Husna, Doa Islam, Huruf Hijaiyah, Kalkulator Zakat, Kisah 25 Nabi & Rasul, Mengaji, Shalat, Muslim Kids, Tajwid, Wudhu hingga Puzzle Quran.

Fitur Islami di SpeedUp Pad Phone TB-721

Bagi yang terbiasa bersosialisasi di dunia maya, SpeedUp Pad Phone TB-721 menyediakan berbagai aplikasi social networking seperti Facebook, Twitter, Gmail, YouTube dan sebagainya.

Baterai
Untuk mendukung kinerja sistem dan hardware secara keseluruhan, SpeedUp Pad Phone TB-721 mengandalkan baterai lihium sebagai sumber power. Kapasitasnya sebesar 2700 mAh, yang mampu memberikan waktu standby hingga 100 jam.

Spesifikasi SpeedUp Pad Phone TB-721:
Jaringan: Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz); Dimensi: 197.6×122.3×10.7mm; Berat: 307 gr; Layar: 7 inci, TFT Capacitive touchscreen 1024×600 piksel, 5 point multi touch (~160 ppi); OS: Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich; Prosesor: MediaTek MT6575 ARMv7 1GHz, GPU PowerVR SGX 531; Memori internal: 512 MB RAM, storage 4GB; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Transfer data: EDGE, GPRS; Kamera utama: 2.0 MP, video recording; Kamera depan: 2.0 MP; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n, Portable WiFi Hotspot, Bluetooth 4.0, Bluetooth Tethering, kabel data micro USB, USB Tethering, audio jack 3.5mm; Browser: HTML; Fitur lain: Call & SMS function, G-sensor, Adobe Flash player, Google Play Store, Gmail, Facebook, File manager, audio/video player, radio FM, Kingsoft Office, Jadwal Shalat & Puasa, Marbel Asmaul Husna, Marbel Doa Islam, Marbel Hijaiyah, Marbel Kalkulator Zakat, Marbel Kisah 25 Nabi & Rasul, Marbel Mengaji, Marbel Muslim Kids, Marbel Shalat, Marbel Tajwid, Marbel Wudhu, Puzzle Quran, SpeedUp AppStore, SpeedUp Cam, SpeedUp Studio, Twitter, StudioReader, YouTube, Notepad, Sound recorder, Calendar, calculator, alarm, clock, game; Baterai: Lithium ion 2700 mAh

More in Review
MyPhone-Zenith-Series-My403
MyPhone Zenith Series My403, Android Dual SIM Dual-core Disain Mirip iPhone 5 Kamera 8 MP Harga Terjangkau

Close