Promo Menarik

MyPhone Zenith Series My403, Android Dual SIM Dual-core Disain Mirip iPhone 5 Kamera 8 MP Harga Terjangkau


MyPhone-Zenith-Series-My403Meski sudah banyak merek lokal yang mengalami ‘jatuh bangun’, namun tak mengurungkan niat pemain baru untuk terus meramaikan pasar smartphone tanah air. Beberapa merek baru bahkan langsung menggebrak dengan produk gress yang didukung fasilitas terkini, salah satunya adalah MyPhone. Lewat Zenith Series My403, produk besutan PT Internasional Teknokom Ciptakreasi (Intertec) ini mencoba peruntungannya di pasar smartphone Indonesia.

Disain

131×65.5×8.3mm; Full touchscreen; material plastik; port audio jack 3.5mm; port micro USB, tombol power/lock screen; microphone; volume rocker

MyPhone Zenith Series My403 menyuguhkan disain yang mirip dengan iPhone 4/4S, dengan lekukan bodi serta lis silver yang menghiasi sekujur bodi. Bedanya, hanya pada peletakan panel kontrol seperti audio jack, port kabel data micro USB, tombol power/screen lock dan volume rocker.  Cover smartphone ini lebih didominasi bahan plastik, dengan pilihan warna putih dan hitam.

Bagian depan didominasi area layar sentuh, yang memilliki pembatas yang jelas antara bagian atas, tengah dan bawah. Mirip karakter iPhone. Bedanya, MyPhone Zenith Series My403 menghadirkan tiga tombol khas smartphone Android (back, menu dan widget/menu tray).

Paket Penjualan MyPhone Zenith Series

Bodi MyPhone My403

Di bagian belakang, terdapat kamera, LED flash dan corong speaker. Untuk membuka cover belakang, Anda harus mencongkel ‘rongga’ yang terdapat di sisi bawah. Di sisi dalam, terdapat slot micro SD, Micro SIM dan SIM card. Dua slot terakhir ini cukup unik. Biasanya, smartphone merk lokal yang menganut kemampuan Dual SIM, menyediakan dua slot SIM card yang sama. Namun, di MyPhone Zenith Series My403 menggunakan kombinasi Micro SIM dan SIM card standar.

Bodi MyPhone Zenith Series

Dual SIM MyPhone My403

Layar & Interface

LCD capacitive touchscreen, qHD 960×540 pixels, 4.5 inches,  2 point multitouch

Seperti beberapa tipe smartphone merek lokal, MyPhone Zenith Series My403 hanya menggunakan jenis LCD touchscreen standar kapasitif. Menariknya, kerapatan gambar yang diusungnya adalah qHD (960×540 piksel) dengan ukuran lumayan luas yakni 4.5 inci. Kombinasi teknologi dan resolusi layar yang dibawa My403 ini sanggup menghadirkan kejernihan dan ketajaman gambar yang cukup baik.

Interface MyPhone Zenith Series

Namun, karakter layar yang dibawanya tetap tidak bisa berbuat banyak jika ‘terpapar’ langsung dengan sinar matahari. Selain itu, LCD MyPhone Zenith Series My403 ini belum dilapisi bahan anti gores. Jadi, Anda yang berencana membeli smartphone ini harus melapisinya dengan anti gores tambahan.

Bergeser ke bagian dalam. MyPhone My403 Zenith Series menggunakan antarmuka Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich, dengan struktur interface yang bisa dipersonalisasikan menggunakan wallpaper, widget dan sebagainya. Di bagian atas menu, terdapat toggle menu yang berisi pengaturan koneksi dan sebagainya. Sedangkan bagian bawah, Anda bisa menemukan toggle menu pengaturan wallpaper, effect dan sebagainya.

Secara default, terdapat 5 tampilan homescreen yang bisa diisi berbagai aplikasi, shortcut serta widget menu khas Android. Sementara untuk lock screen, Anda bisa mengatur beberapa pilihan mulai dari swipe hingga face unlock.

Hardware

Qualcomm Snapdragon S4 MSM8225, Dual-core 1 GHz, Adreno 203 GPU, 768 MB RAM, 4GB ROM, slot microSD up to 32GB; Baterai Lithium ion 2000 mAh

Untuk ukuran smartphone lokal, hardware yang dimiliki MyPhone My403 Zenith Series tergolong cukup tangguh. Bahkan, untuk kecepatan prosesor dalam melibas semua fitur dan aplikasi, bisa melampaui beberapa smartphone Dual-core branded di level harga lebih mahal.

Hardware MyPhone Zenith Series

Supaya lebih jelas, thePONSEL menggunakan dua  aplikasi benchmark yang umumnya digunakan untuk menguji performa smartphone Android. Saat menggunakan Antutu Benchmark, MyPhone My403 mencatatkan skor 6152. Skor ini merupakan nilai tertinggi dari beberapa kali pengujian. Bahkan, dilihat dari tabel benchmark di bawah terlihat hasil uji Antutu smartphone ini di atas LG Optimus L9. Sedangkan saat menggunakan aplikasi Quadrant Standard, My403 Zenith Series mencatat skor tertinggi 2635.

Produk

Skor Quadrant

Skor Antutu

Oppo Find Way

3279

7271

Samsung Galaxy Grand (GT-I9082)

3679

7643

Samsung Galaxy SIII Mini

2899

6771

MyPhone My403 Zenith Series

2635

6152

LG Optimus L9

3330

5705

Untuk mendukung performa hardware dan software, MyPhone Zenith Series My403 mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 2000 mAh. Baterai ini sejatinya dapat memberikan waktu standby (tanpa aktifitas) hingga lebih dari 3 hari. Namun, jika aktif digunakan untuk telpon maupun membuka beragam fitur/aplikasi, baterai My403 hanya sanggup bertahan sekitar 1 harian.

Multimedia

Kamera utama: 8 MP, 3200×2400 piksel, autofocus, LED flash, Geo-tagging, ISO, Face detection, Macro, White balance, video 720p; Kamera depan: VGA; Radio FM, FM Record; Audio/Video player

Seperti kebanyakan smartphone Dual-core yang beredar saat ini, MyPhone My403 Zenith Series juga menyediakan fasilitas multimedia yang cukup mumpuni. Kamera misalnya, resolusi yang ditanamkan telah mencapai 8 megapiksel. Tak hanya itu saja, kamera ponsel pintar ini pun didukung fasilitas tambahan seperti auto focus, LED flash serta beragam pengaturan lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto terbaik.

Multimedia MyPhone Zenith Series

Kamera utama MyPhone My403 Zenith Series juga bisa dimanfaatkan untuk merek video loh, dengan kualitas 720p. Tak hanya itu, smartphone ini juga menyediakan kamera depan berkekuatan 0.3 megapiksel (VGA) yang didukung kemampuan rekam video dan bisa dijadikan kamera video call via aplikasi Skype.

Selain kamera, fasilitas multimedia smartphone ini menyediakan radio FM. Menariknya, fitur radio di My403 Zenith Series menyediakan kemampuan merekam siaran radio untuk didengarkan nanti. Ada juga pemutar musik serta video dan juga audio recorder.

Kamera MyPhone Zenith Series

Konektivitas

HSDPA, EDGE, GPRS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Hotspot, WiFi Direct, Bluetooth with A2DP, Bluetooth Tethering, Micro USB, USB Tethering, audio jack 3.5mm

Layaknya smartphone masa kini, MyPhone My403 Zenith Series pun dibekali sarana koneksi yang cukup lengkap. Untuk WiFi, Anda bisa berbagi koneksi dengan perangkat lain semisal laptop maupun smartphone lewat fasilitas WiFi hotspot, termasuk berkirim file via WiFi Direct. Begitu pula untuk Bluetooth dan port kabel data micro USB.

Konektivitas MyPhone Zenith Series

Untuk sambungan data, MyPhone Zenith Series My403 menyediakan network WCDMA 2100 MHz dengan koneksi data 3G/HSDPA. Namun, jalur data ini hanya berlaku untuk slot SIM card utama (SIM 1). Sedangkan untuk SIM card 2 hanya menyediakan jaringan 2G/EDGE.

Kesimpulan
Tampilan disain layaknya iPhone 4/4S nampaknya menjadi daya tarik tersendiri dari MyPhone My403 Zenith Series ini. Selain itu, dengan banderolan harga kurang dari Rp 2 jutaan, prosesor Qualcomm Snapdragon Dual-core 1GHz yang digunakannya juga mampu bersaing dengan smartphone sejenis. Kemampuan Dual SIM Dual Standby yang dimilikinya, juga menjadi nilai plus ponsel pintar ini.

Kelebihan:
-    Disain layaknya iPhone 4/4S
-    Harga Terjangkau
-    Dual-core Snapdragon 1GHz
-    Kamera 8 MP + VGA

Kekurangan:
-    Layar belum full HD
-    Tidak didukung Scratch resistant glass
-    Material plastik

Spesifikasi MyPhone Zenith Series My403:
Jaringan: Quadband GSM/WCDMA 2100 MHz & Dual SIM; Dimensi: 131×65.5×8.3mm; Layar: 4.5 inci, TFT Capacitive Touchscreen qHD (960×540 piksel), multi-touch; OS: Android 4.0 Ice Cream Sandwich; Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4 MSM8225 Dual-core 1GHz, GPU Adreno 203; Memori internal: 768 MB RAM, 4GB ROM; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Kamera utama: 8 megapiksel, LED flash, Video recorder 720p; Kamera depan: VGA; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, WiFi Direct, Bluetooth, kabel data micro USB, audio jack 3.5mm; Browser: HTML; Fitur lain: Google Play Store, Gmail, YouTube, Google Maps, Audio/video player, radio FM, Calendar, calculator, clock, task manager, Documents To Go, Blacklist; Baterai: Lithium ion 2000 mAh