Promo Menarik

Tips: Upgrade Froyo Tabulet Troy ke Gingerbread


Buat para pemilik Tabulet Troy, kini bisa bergembira loh. Pasalnya, sudah tersedia firmware upgrade tablet kesayangan Anda dari versi OS Android 2.2 Froyo ke Android 2.3 Gingerbread. Sejatinya, upgrade ini tak banyak menghadirkan perubahan di Tabulet Troy. Namun, di menu pengaturan (Settings) muncul opsi baru, yakni “Mobile Networks”.

Updated: Menu “Mobile Networks” sendiri sebenarnya sudah ada di Tabulet Troy dengan OS Android Froyo. Dengan kata lain, memang secara menu dan fitur tak ada perubahan mencolok dari proses upgrade ini.

Fitur  ini tak jauh beda dengan fitur yang ada di tablet lokal lain yang sudah didukung fungsi call (2G) seperti IMO Z3. Di Tabulet Troy, proses penggunaan dan pengkoneksian modemnya menggunakan USB OTG.

Nah, buat yang penasaran ingin melakukan proses upgrade ini, sebaiknya lakukan backup untuk data-data penting yang ada di Tabulet Troy Anda. Seperti E-mail, aplikasi dan sebagainya. Supaya proses upgrade juga berjalan mulus, pastikan pula baterai Tabulet Troy Anda dalam kondisi penuh (minimal 30%) atau Anda tancapkan ke charger.

Catatan tambahan, pastikan pula versi firmware yang digunakan Tabulet Troy Anda sesuai (2.2 Froyo). Pasalnya, jika proses ini terjadi pada firmware yang salah, akan menyebabkan kerusakan pada tablet, dan thePONSEL tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada tablet Anda.

Sebelum melakukan proses upgrade, siapkan ‘sesajennya’ lebih dulu:
1. Download file update “Troy TR (V2.14 Troy.20120209) – Updated OS 2.3 Gingerbread.zip” dari https://public.me.com/santoso_yap
2. Ekstrak/unZip file hasil download, dan Anda akan menemukan 5 file.
i. update.zip
ii. factory_update_param.aml
iii. u-boot-aml.bin
iv. uImage
v. uImage_recovery
3. Siapkan kartu microSD yang telah diformat menggunakan FAT file System atau FAT23.
4. Copy semua file hasil ekstrak tadi ke kartu memori (microSD).
5. Sisipkan kartu microSD yang sudah berisi file-file upgrade tersebut ke Tabulet Troy. Di tahap ini, Tabulet   Troy dalam kondisi mati (shutdown).

Proses upgrade:
1. Dalam kondisi Tabulet Troy masih mati (shutdown), tekan dan tahan tombol “M”.
2. Masih dalam kondisi menekan tombol “M”, tekan pula tombol power sampai Tabulet Troy menampilkan start-up screen.
3. Lepaskan semua tombol yang ditekan dan tunggu hingga Tabulet Troy restart untuk melakukan proses upgrade secara otomatis. Prosesnya tidak sampai 5 menit.
4. Hidupkan Tabulet Troy, dan jreeeeng…..Tabulet Troy Anda sudah ter-update ke versi OS Android 2.3 Gingerbread.

Selamat mencoba….!


wakhid says:

tabulet troy ku blm ada sms n call, kira2 bisa diakalin g ya, pennnnnntttttttttiiiiiiiiiiiiiiiiingg tolong… yaaaaaa thanks be4

imran says:

kalo nexian smartphone xplorer A712 yang froyo 2.2 bisa juga upgrade he gingebird??? thanks be 4

taufan09 says:

kalau misal tabulet mech di paksain untuk di upgrade menggunakan firmware tabulet troy gimana ga? thanks

dani says:

@budi: Untuk penggunaan modem di Tabulet Troy, membutuhkan pengaturan APN operator. Sementara, untuk mengkoneksikan modem dengan Tabulet Troy bisa menggunakan USB OTG yg tersedia di paket pembelian.

Nah, untuk settingan modem (APN operator) bisa mencoba panduan berikut http://www.theponsel.com/2011/12/setting-internet-2ggprs-tablet-android-imo-z3/

Untuk menemukan menu Access Point Name di Tabulet Troy, masuk ke menu Setting > Mobile Networks

Semoga membantu.

aan ramadhan says:

firmware ini berlaku untuk semua tablet yang ingin upgrade dari froyo ke 2.3 ?

budi says:

enggag masalah buat upgradenya yang jadi masalah saia adalah pengen tuntas masalah penggunakan modem usb nya gan,bisa disharing nggak,tolong dibantu iyakk

Leo Kurosagi says:

Ini Firmware Asli…. Download aja…
http://www.mediafire.com/?52j8iou6as30pv3
Tabulet Troy Firmware V2.14

bagus says:

cara buat ngebackup firmware yang asli gimana ya?soalnya takut gagal upgrade….
tolong dibantu :D