Smartfren Xstre@m, CDMA Murah Bisa untuk Modem EvDO 3.1 Mbps

Ponsel murah meriah tak selalu ‘miskin’ fitur. Buktinya, dengan merogoh kocek hanya sekitar Rp 299 ribuan, kita sudah bisa mengantongi ponsel yang didukung fitur-fitur keren. Adalah Smartfren Xstre@m E781A, ponsel berkonsep candybar sederhana ini menggunakan network CDMA 2000 1X EvDO Rev. A 800 MHz.

Meski sederhana, namun disain Smartfren Xstre@m ini tergolong slim loh. Wajar, ketebalan bodinya cuma sekitar 11,25mm dengan dukungan layar TFT seluas 2.4 inci QVGA (240×320 piksel). Sayang, penggunaan keypad berbahan plastik membuat jari-jemari agak licin ketika menekan tombol, apalagi saat berkeringat.

Seperti disinggung sebelumnya, ponsel CDMA ini sudah didukung network EvDO Rev. A, yang bisa dijadikan sebagai modem internet buat PC atau laptop. Jalur data ini kabarnya, sanggup menghadirkan kecepatan akses internet hingga 3,1 Mbps. Dengan kemampuan ini, Video streaming, Radio Streaming (RTSP), nonton live TV bisa dinikmati dengan lancar.

Baca juga:   Asiafone AF303, Slim and Elegant Dual On

Untuk pengaturan fungsi modem, Smartfren Xstre@m E781A menghadirkan “PnP Modem Driver Installation”. Jadi, prosesnya lebih mudah dilakukan dan tak memakan waktu lama (sekitar 10 menitan). Setelah ponsel dicolokan dan dihubungkan ke PC atau laptop via kabel data, selanjutnya kita tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi sesuai panduan yang muncul di layar PC atau laptop.

Menariknya, saat ponsel dicolokan ke PC/laptop via kabel data untuk dijadikan modem EvDO, ponsel tetap melakukan proses pengisian baterai (charging). Jadi, kita tak perlu takut baterai ponsel habis saat fungsi modem sedang diaktifkan.

Baca juga:   Review Singkat OPPO A74, Unggulkan Gaming dan Desain Trendi

Soal koneksi data, kemampuan menangkap network EvDO dan speed akses tetap tergantung dengan jaringan di wilayah masing-masing. Dan jangan heran jika saat menikmati fungsi modem untuk internetan, sesekali koneksi akan terputus. Namun, jangan khawatir karena system akan secara otomatis mengkoneksikannya (tersambung) kembali.

Untuk fasilitas tambahan, Smartfren Xstre@m dilengkapi phonebook 1000 (multiple entry), 1000 SMS (600 SMS masuk, 300 SMS keluar, 100 draft SMS), memori internal 88,2 MB, slot microSD up to 8GB, Facebook, Twitter, Nimbuzz dan Opera Mini untuk fasilitas online. Di sisi hiburan, ponsel CDMA murah ini dilengkapi MP3 player, radio FM dan juga kamera beresolusi 2 MP tanpa autofocus dan lampu flash.

Baca juga:   HT G78, Ponsel Hybrid 3 Kartu dan TV

Dalam paket promosinya, Smartfren Xstre@m memberikan gratis internet 12 GB selama 12 bulan. Namun, konsumen harus mengisi ulang pulsa minimal Rp 50 ribu.

Spesifikasi:
Jaringan: CDMA 2000 1x EvDO Rev. A 800 MHz; Dimensi: 11.25mm; Layar: 2.4 inci, TFT QVGA (320×240 piksel); Transfer data EvDO 3,1 Mbps; Kamera: 2.0 Megapiksel; Memori internal: 88,2 MB; Memori eksternal: microSD up to 8GB; Messaging: SMS; Konektivitas: Bluetooth v2.1 (A2DP), kabel data miniUSB, 3.5mm headphone adapter; Browser: WAP 2.0/xHTML/HTML, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3 player, Video streaming, Radio Streaming (RTSP), PnP Modem Driver Installation, Facebook, Twitter, Nimbuzz, Java, Calendar, Calculator, Alarm, Speakerphone; Baterai: Lithium ion 950 mAh

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

60 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments