Promo Menarik

Pixcom Andro Tab, Tablet Android Lokal Kamera 5 MP


Tak mau ketinggalan dari para pesaingnya, Pixcom pun akhirnya merilis Tablet PC perdananya ke pasaran tanah air. Tablet berlabel Pixcom Andro Tab ini sejatinya telah dikenalkan sejak Juli 2011 lalu.dan dibanderol kurang dari Rp 3 juta-an. Nah, kira-kira apa saja yang ditawarkan oleh Tablet PC merk local ini? Berikut ulasannya.

Disain & Interface
Layaknya Tablet PC kebanyakan, Pixcom Andro Tab ini pun tampil dengan bodi glossy yang lumayan keren. Dimensinya sekitar 197x120x13.2mm, dengan berat 382 gram. Cukup nyaman dan enak dipegang menggunakan dua tangan. Panel akses serta port koneksi dan slot khusus ditempatkan di sekeliling bodi. Mulai dari slot SIM card, port USB, slot microSD hingga jack audio 3.5mm. Untuk akses menu, disediakan panel sentuh di sisi depan bodi. Sayang, untuk kondisi kurang cahaya panel ini kurang terlihat jelas, karena tak didukung LED khusus.

Sebagai tambahan, corong speaker berada di bagian depan berseberangan dengan ‘tongkrongan’ kamera VGA (0.3MP). Untuk kamera utama, ada di bagian belakang dengan resolusi lensa 5 Megapiksel. Sayang, tak dilengkapi dengan lampu flash.

Disektor interface, Pixcom Andro Tab menghadirkan struktur khas Tablet PC ber-OS Android. Ya, sesuai dengan sistem operasi yang memang didukungnya, yakni Android 2.2 Froyo. Homescreen-nya terdiri dari 5 halaman yang dapat dipersonalisasikan. Bisa diisi dengan shortcut, widgets, folder atau ikon aplikasi favorit. Secara keseluruhan, antarmuka Tablet Android ini tak jauh beda dengan komputer tablet kebanyakan, termasuk hadirnya keyboard virtual sebagai media akses pengetikan.

Di bagian ini, Pixcom Andro Tab mengandalkan layar sentuh berukuran 7 inci yang tergolong responsif. Alhasil, aksi ketik pesan dan akses menu tak menemukan kendala berarti. Hal ini, berkat digunakannya LCD touchscreen jenis capacitive beresolusi 800×480 piksel.

Nah, untuk mendukung kinersa system operasi Android 2.2 Froyo yang disandangnya, serta menghasilkan kenyamanan saat berinteraksi dengan menu maupun fitur di dalamnya, Pixcom Andro Tab ini dibekali prosesor Qualcomm MSM7227 dengan clock speed 600 MHz + 400 MHz plus 512Mb RAM + 512Mb ROM, serta storage up to 32GB (microSD). Sebanding dengan Nexian Genius NX-A7500.

Network, Data & Konektivitas
Sebagai Tablet PC, Andro Tab tentunya lebih banyak dimanfaatkan untuk keperluan office, salah satunya adalah data dan internet. Sisi ini, Pixcom Andro Tab sudah mendukung jaringan Quadband GSM plus WCDMA 2100 MHz. Artinya, selain menyediakan kanal data EDGE/GPRS Tablet Android ini juga mendukung jalur 3G. Namun, belum HSDPA.

Saat digunakan untuk browsing internet, speed datanya tergolong lancar namun kurang cepat jika menampilkan halaman situs yang ‘kompleks’. Webrowser bawaannya sanggup menampilkan format full HTML, sayang belum mendukung format Flash. User interface web browser Andro Tab cukup familier dan mampu menghadirkan 8 tab (halaman) sekaligus. Begitu pula untuk proses ‘Pinch & Zoom’, bisa diakses dengan baik dan lancar.

Selain menggunaakan network GSM untuk keperluan internet-an, Pixcom Andro Tab juga menyediakan koneksi WiFi 802.11b/g sebagai alternatif. Poin plusnya, WiFi di Tablet Android ini juga menyediakan fitur berbagi koneksi data yang dikenal dengan istilah ‘WiFi Tethering’. Nah, buat keperluan bertukar file atau mengkoneksikannya ke perangkat lain semisal PC, Andro Tab didukung Bluetooth 2.1 dan port USB. Sayang, port USB di Tablet ini tak umum. Konektornya khusus, bukan menggunakan model miniUSB atau microUSB layaknya Tablet/Smartphone Android kebanyakan.

Messaging & Social Networkin
Hadirnya network GSM di Tablet ini tentu saja menawarkan fasilitas tambahan yang bisa dinikmati konsumen, seperti misalnya messaging (SMS). Struktur perpesanan yang dihadirkan Andro Tab adalah model Thread SMS (chat), dengan tampilan yang interaktif. Pengoperasiannya pun tergolong mudah, apalagi didukung dengan keyboar QWERTY virtual dengan tombol tuts yang cukup besar. Selain SMS, konsep pesan multimedia (MMS) pun disediakan, termasuk client Email.

Sebagai Tablet ber-OS Android, tentu saja client Email default adalah Gmail dengan push notification, multi account, signature, label dan lain-lain. Selain itu, dengan  akun Gmail pengguna dapat menelusuri dan mendownload konten-konten menarik (game, aplikasi) dari Android Market. Buat yang kepingin lebih interaktif lagi, bisa memanfaatkan fasilitas jejaring sosial (social networking) dan chatting semisal Yahoo messenger, Google Talk, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Multimedia
Seperti disinggung sebelumnya, Tablet PC kebanyakan dimanfaatkan untuk office dan multimedia. Nah, di Pixcom Andro Tab ini fasilitas hiburan yang ditanamkan diantaranya kamera. Menariknya, Andro Tab punya dua kamera. Depan beresolusi VGA (640×480 piksel), sedangkan yang belakang sudah berukuran 5 Megapiksel. Untuk fitur kamera terdiri dari color effect, focus mode (auto, macro dan normal), resolusi, kualitas, ISO, auto exposure, anti banding, dan white balance. Ada juga fitur Geo tagging yang sejatinya bisa dimanfaatkan untuk mendokumentasikan lokasi pemotretan. Sayang, kemra Tablet Android ini tak dilengkapi dengan LED Flash.

Untuk kualitas, kamera utama Andro Tab terkesan biasa dan standar saja. Tak ada yang istimewa. Bahkan, untuk ukuran kamera 5 Megapiksel, hasil jepretannya justru jauh dari sempurna. Gambar yang dihasilkan masih banyak dihiasi noise (buram) dan kurang terang. Sangat disayangkan.

Meski begitu, kemampuan utama kamera Tablet ini tak hanya untuk meng-capture foto, tapi bisa juga untuk merekam video dengan resolusi WVGA, tergantung format encoder video yang dipilih (H.263, H.264 atau MPEG4). Untuk durasi rekam, juga tergantung format video yang dipilih, maksimalnya 30 menit dengan 25 frame per detik. Soal kualitas rekam video, cukup baik.

Nah, untuk media player, bawaan Andro Tab bisa memutar file audio berformat MP3 dengan antar muka player khas Android, dan dapat mengkategorikan file audio berdasarkan Artist, Albums, Songs, Playlists dan Now Playing plus bisa menampilkan Album Art. Sayang, tak disediakan pengaturan equalizer untuk meningkatkan performa output audionya. Untuk video, format file yang sanggup ditayangkan adalah MP4.

Fitur lain & Baterai
Selain didukung dengan fasilitas standar Android 2.2 Froyo, Pixcom Andro Tab juga dibekali dengan fitur GPS/A-GPS, Mobile phone (call), iReader, ES File Explorer, Google Maps, Angry Bird dan sebagainya. Soal pasokan daya, Tablet Android ini didukung baterai Lithium berkapasitas 4250 mAh dengan performa maksimal. Dengan pemakaian normal, bisa menyediakan waktu akses hingga satu harian lebih.

Paket Penjualan
Paket penjualan AndroTab diantaranya:
* kartu garansi
* user manual
* Scratch Protector (anti gores)
* headset 3.5mm
* car kit charger
* charger
* Leather case
* micro SD 8GB didalam tablet

Spesifikasi:
Jaringan: Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz) & WCDMA 2100 MHz; Dimensi: 197x120x13.2mm; Berat: 382 gr; Layar: 7 inci, TFT Capacitive Touchscreen WVGA (800×480 piksel); OS: Android 2.2 Froyo; Prosesor: Qualcomm MSM7227 600 MHz; Transfer data: 3G, EDGE, GPRS; Kamera: Dual camera, depan VGA & belakang 5 MP, video recorder; Memori: 512Mb RAM + 512Mb ROM; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Messaging: SMS, MMS, Email; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, Bluetooth 2.1, kabel data USB; Browser: HTML; Fitur lain: Gmail, Facebook, GPS/A-GPS, Mobile phone (call), iReader, ES File Explorer, Google Maps, Angry Bird