Nexian Tap NX-G868, Dual On Layar Sentuh Rp 500 Ribuan

Nexian kembali membuat kejutan dengan memperkenalkan ponsel layar sentuh termurah, dengan disain elegan. Tak hanya itu, Nexian pun tetap membenamkan fitur-fitur keren di ponsel berseri Nexian Tap NX-G868 ini.

Nexian Tap NX-G868 menggunakan layar sentuh resistif sehingga Anda bisa menggunakan media apa saja untuk menyentuhnya, baik ujung kuku maupun stylus. Dengan layar 2.8 inchi QVGA dengan resolusi 240 x 320 pixel, layar ini terlihat cukup nyaman dan lega.

Uniknya Nexian memberikan tampilan menu yang atraktif dimana Anda bisa memindah icon menu dengan cara ‘put and drag’ dimana saja yang Anda mau. Andapun bisa memasang animated screen pada layar utama sehingga wallpaper bisa tampil lebih hidup. Wallpaper tersebut juga bisa langsung diganti cukup dengan menggeser layar menggunakan jari tangan tanpa harus masuk ke phone setting.

Ponsel ini masih mengandalkan kemampuan utama ponsel lokal yakni dual-on, sehingga bisa digunakan untuk mengaktifkan 2 nomor GSM sekaligus. NX-G868 sendiri diperkenalkan ke pasar sebagai program bundling dengan kartu Simpati dari Telkomsel.

Selain fitur standar lainnya, ponsel ini juga dibenami aplikasi baru dan khas dari Nexian seperti Nexian Messenger untuk chatting gratis antar pengguna ponsel Nexian di seluruh Indonesia, NMC Player untuk mendownload lagu-lagu original, Nexian Zone untuk mendownload berbagai aplikasi, game, dan sebagainya secara over the air (OTA), dan yang terbaru adalah fitur MediaBox yang digunakan sebagai reader atau alat pembaca berbagai media termasuk beberapa kategori seperti news dan lifestyle (KompasFemale.Com, Mediaperempuan.Com, Temposelebritas.Com, Tempogayahidup.Com, dll).

Media-media dalam aplikasi ini akan ter-update sesuai dengan update dari server. Anda akan dikenakan biaya tertentu untuk membaca dengan MediaBox, dan bisa memilih biaya harian, mingguan atau bulanan. Ponsel yang tersedia dalam warna hitam dan putih ini secara resmi dilempar ke pasaran dengan harga Rp 599.000;

Spesifikasi :
Jaringan : Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On; Layar : 2.8 inci, TFT Resistive Touchscreen QVGA; Kamera : 2.0 MP Camera/video recorder; Transfer data: EDGE/GPRS; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektifitas : Bluetooth, kabel data; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Java,  Nexian Messenger, Nexian Zone, NMC Player, Yahoo!Messenger, Yahoo!Mobile, Nexian MediaBox (Media & News), MSN, Skype, Facebook, Twitter, Calendar, Calculator, Alarm, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 950 mAh

saya jga pemakai nx g 868 .. pertama saya jga bngung maen kan game kok terus terusan membayar , saya coba cari d mbah google dgn menulisakan kata “GAME TOUCHSCREEN 240X320” dan teryata bisa jga gan .. seruu habis deh game nya ? 🙂

bgs sih bgs , tpi sayang gak bsa main java games,
cara biar bisa main java games . gmn ya?
mhon d jawab

layar sentuh nya libet.untuk putar lagu mp3 nya caranya juga libet,hp ini nggak praktis terutama di layar sentuh nya susah amat

eh…hp NX-G868 gw jg kyk itu…. kagak bsa buka sms…
apa aja yg myangkut sms ga bs dbuka..
sama kyk NEWBIE KERE itu….
gmn dunk????

tapi sayangada fitur yg ga bisa di buka and nada sms ga bisa di ganti dari galeri coba kalau bisa

saya punya ni NX-868. sudah gak bisa membuka pesan masuk, apalagi membacanya, haduhh… menunggu terus, hanya ada tombol “batal” saat sedang membuka sms…
mohon solusinya???.
ini area minta solusi gak gan???
kalau gak.. tepaksa dicampakkan ni hp murahan.

aku beli pertengahan bulan oktober hrg.Rp.530.ribu blum mmc, tp selang 1 bulan louncing tap TV. wah nyesel bngt… mau aku jual 400.rb d konter,, rugi dong coz msih baru..

sayang sekali, fitur2ny bnyk yg hrus br langganan secara otomatis, sehari Rp.2000. bobol pulsa gw,, mau game aja langganan, terus d fitur gameny harus bayar Rp.10.000, and fitur FACEBOOK and TWITTER. g jln,, and fitur WABny and download lemot.. contoh ukuran file 100kb butuh waktu +_ 1 menit, g ad fitur ebukny lg..
fitur kamera gambar masih ada bintik, ngganggu bnget,, mp3 ma mp4 g bs gabung,, SELAIN ITU…
Semua fitur memuaskan.. suara mp3 bagus, video bgus wlau krng fokus, java sip.. OP good.!

busyet dah exian tap ternyata seru bngetloech… gak nyesel dah gua pokoknya nexian tap tuh” sekali di tap duniamu jadiiii seru

kalo kata saya ni bagus hape ini,ga lemot.
Kaya hape seperti merk nokia dan kawan2nya profil internet harus d instal.mungkin bagi teman2 yg ga bsa fb an profil internetnya belum bener .hehe

hape ini sangat bgs sekali sampai-sampai keluarga saya hampir smua nya pake nexian tap ini

Tolong dipercepat yaa perbaiki softwer untuk Facebook di Nex Tap 868 biar ga RESTART2 melulu.. Terima Kasih

harga nie HP di semarang pasaran brp yha??
pusat nexian di semarang mana gan??
minta info nya..
TQ

Gan.. Itu fitur Nexian mesenger nya itu pake PIN yk BB ato pake no HP sbg PINnya gan??
Info nya plz..
thx

GAN, di SEMARANG udh ada blm nih HP nya ??
kalo pusat nya nexian yg di semarang di mn yha gan??
harga di semarang brp gan??
teman2 semarang yg udh beli ksh info lebih donk..
TQ

klw NEXIAN TAP NX G868 yang color black jga ad yahoo messenge ‘xa gg ?? yk udh bli warna color black di jwb ya…

sbenernya sih gw pgen bgt tuh, tp koq d lock bwt tsel yaah? jd minat berkurang nie. . . .

Nih buat yg penasaran sama Nexian Tap vs SkyBee Touch, ane dapet dari tabloid PULSA.

Nexian Tap G868 VS SkyBee Touch+TV
Adu Sikut Layar Sentuh Lokal

Tidak seperti biasanya saat dua ponsel berlayar sentuh mampir di meja operasi PULSA. Kali ini bukan ponsel bermerk luar yang akan kita bedah. Dua merek lokal rasa Cina, Nexian Tap G868 dan SkyBee Touch+TV saling tarung demi memperebutkan siapa yang terdepan dan layak jadi pilihan.

Disain
Di tengah peta persaingan ponsel lokal yang semakin memanas. Pada akhirnya, vendor yang jeli memanfaatkan peluang akan muncul sebagai pemenang. Kedua ponsel yang bertanding membuang jauh konsep QWERTY dan menghadirkan metode layar sentuh. Untuk Nexian, sebenarnya Nexian Tap G868 bukanlah ponsel pertama mereka yang mengadopsi teknologi tersebut. Terakhir, hal ini ditemukan pada ponsel Android mereka, Nexian Journey.

Melihat lawannya, bentuk SkyBee Touch+TV mengingatkan memori pada ponsel tenar Korea yang saat ini juga masih eksis di ranah ponsel. Pastinya, dengan material casing dan bahan dasar yang tidak serupa. Saat beradu pandang, tampak jelas Nexian Tap bertubuh lebih besar dan kekar. Sedangkan, SkyBee Touch+TV jauh lebih pendek dan mungil dengan bobot yang lebih ramah dalam genggaman.

Layaknya ponsel layar sentuh yang minim tombol, tampilan luar Nexian Tap serupa dengan ponsel bersistem operasi. Sejauh mata memandang, tak banyak tombol bantuan di seputar ponsel.

Ada tiga bidang tekan diletakkan disana, masing masing berupa tombol bundar sebagai tombol ‘OK’ dan 2 tombol pengapit yaitu sebagai data panggilan dan tombol ‘end’. Sedang pada sisi luar, Nexian menaruh 2 lubang penghubung yakni port audio 3,5 mm dan kabel micro USB yang sekaligus berfungsi sebagai pengisi energi.

Tampak lebih banyak tombol bertebaran di layar depan SkyBee Touch+TV. Beberapa alat bantu diantaranya softkey disconnect, panggilan, back, dan akses ke menu SkyBee. Melihat ke kepala ponsel, terpasang antena TV serta port charger sekaligus miniUSB. Terakhir, lubang kamera dan speaker tampak berduet manis di penutup belakang baterai.

Kesamaan hanya terletak dari segi pewarnaan dan material ponsel. Wujud bagian luar keduanya termasuk bagian casing belakang dan layar sentuh disentuh pewarnaan hitam mengkilat. Karena berbahan glossy, tentunya membuat casing mudah kotor dan berminyak. Pada Nexian Tap, lis warna perak memisahkan bodi depan dan belakang ponsel.

Layar & Menu
Akibat perbedaan ukuran ponsel, efeknya berdampak pada jatah layar yang dimiliki keduanya. Dengan ukuran sebesar 2,8 inchi, Nexian Tap G868 kembali unggul berbanding layar 2,4 inchi milik SkyBee Touch+TV. Soal visualisasi, keduanya sepakat menyematkan kedalaman warna 240×320 piksel.

Karena media layar keduanya berjenis resistive, aksi kelola menu tak hanya bersandar pada sentuhan jemari. Media apapun termasuk pensil dan stylus dapat berguna sebagai alat bantu. Ketika dicoba, daya sentuh Nexian Tap lebih ramah dan responsif dibanding SkyBee Touch+TV. Cukup tekan lembut dan ponsel akan mengantarkan pada menu yang dituju.

Ternyata, keterbatasan tombol mampu tergantikan oleh empat ikon yang berderet di bawah layar. Pada Nexian Tap, berturut turut ikon panggilan, daftar kontak, pesan dan menu tersaji. Memang, ikon ikon ini tertutupi saat ponsel dalam kondisi standby. Mengarah ke sisi kiri, terisi beberapa menu jalan pintas. Geser tanda panah ke samping, pengguna akan menemukan jejeran ikon seperti radio FM, kamera, jam analog maupun tanggal.

Layar utama SkyBee Touch+TV menyajikan lebih banyak jalan pintas. Mulai dari pesan, mig33, yahoo messenger, kalendar dan lain lain. Sesuai namanya, Nexian Tap, tekan dan tahan ikon yang diinginkan kemudian taruh di layar utama. Menariknya, cukup tap layar dan otomatis gambar latar belakang akan berganti.

Satu perbedaan mencolok juga terlihat pada pembagian menu dalam ponsel. Secara cerdik, Nexian memecah menu jadi dua bagian layar terpisah. Masing masing layar memuat 12 menu berbeda. Saingannya, SkyBee Touch+TV menampilkan layar tunggal dengan 12 ikon yang tersusun secara grid. Pengemasan disain ikon dengan efek zooming, sementara ukuran ikon cukup besar dan tidak berdempetan satu sama lain.

Multimedia
Dari unsur hiburan, pembahasan pertama soal kamera. Di sini, lagi-lagi SkyBee Touch+TV harus bertekut lutut. Berbekal kamera 2 MP, Nexian Tap bermain di kelas yang cukup aman dibanding kamera sekelas VGA kepunyaan SkyBee.

Akibat kalah dalam hal resolusi, terlihat dari hasil potret dalam ruangan, masih berbintik dan ketajaman objeknya kurang detail. Sedangkan untuk gambar luar ruang, komposisi warnanya kurang tajam, bahkan terkadang masih banyak ditemui bintik bintik mengganggu.

Sedang kamera Nexian, mampu mengabadikan suasana senja dengan kualitas baik, foto bidikan cukup tampil optimal. Pencahayaan luar sesuai objek utama. Sedikit penurunan mutu tersaji ketika bidang bidik mengambil objek dalam ruangan. Gambar sedikit mengabur dan pewarnaan kurang tajam. Karena berlayar sentuh, satu kelebihan tak perlu repot melakukan pengaturan ukuran, white balance, zoom dan lain lain. Semua terkontrol apik dari layar bidik.

Namun, media perekam video keduanya tampak kurang memuaskan. Meski sudah memilih ‘high quality’ tetap saja hasil alat rekam jauh dari kata sempurna. Hasil rekaman video masih kurang detail dan pergerakan masih terlambat ketika alat bidik bergerak cepat.

Beralih ke alat pemutar audio, interface Nexian Tap dan SkyBee Touch+TV menaruh pengaturan shuffle, play/stop, repeat dan volume. Performa audio normal untuk mendendangkan lagu lagu berirama slow. Begitu pula saat diujicoba memutar musik berirama keras kualitas output audio sangat kuat dan nyaring. Bedanya, aroma equalizer hanya terdapat pada Nexian Tap.

Alternatif hiburan lainnya, pancaran siaran radio dapat dinikmati via earphone. Apabila ada musik favorit, rekam dan abadikan rekaman dalam format AMR ataupun WAV.

Satu kelebihan yang bisa jadi nilai jual adalah adanya fitur analog TV di SkyBee Touch+TV. Meski berharga lebih mahal, Nexian Tap tidak dikaruniai fitur ini. Yang bikin asyik, pada panel TV SkyBee Touch+TV, pengguna bisa menemukan snapshot camera yang bisa langsung digunakan saat ingin menjepret artis kesayangan pada tayangan TV yang tengah diputar. Hasil snapshot bisa langsung disimpan ke dalam memori eksternal.

Internet & Konektivitas
Akselerasi Nexian Tap menjelajahi dunia web, terbantu adanya teknologi EDGE sebagai tambahan tenaga. Ketika menayangkan situs mobile tabloid PULSA, akselerasi terbilang stabil terlebih didukung bagusnya sinyal operator. Segi pengaturan internet termasuk homepage, bookmark masih serupa dan sejenis. Meski sedikit kalah cepat, bermodalkan kecepatan sekelas GPRS akses web SkyBee Touch+TV berkategori standar.

Tanpa dibekali perbesaran dan tanpa teknik cubitan, pengguna harus rajin menaik-turunkan jari menelusuri halaman web. Tidak seperti jenis capasitive yang bergulir cepat ketika diusap, jenis layar resistive yang dimiliki keduanya agak pelan menerjemahkan usapan demi usapan.

Yang doyan chatting, SkyBee Touch+TV mengadopsinya dengan menaruh ikon chatting pada halaman utama, yakni Mig33 dan Yahoo Messenger. Tapi sayangnya, belum disediakan shortcut Facebook dan Twitter sehingga harus menambahkan alamat tersebut ke bookmarks.

Sarana penunjang dan koneksi data pada kedua ponsel masih tetap mengandalkan bluetooth dan kabel data untuk ke PC.

Fitur Lain
Seperti biasa, beberapa aplikasi khas Nexian tersemat dalam Nexian Tap. Tentunya ada Nexian Messenger untuk arena chat sesama pengguna Nexian. Lainnya, media pertemanan tetap hadir melalui Facebook, Twitter, MSN maupun Skype. Sedang, aplikasi Java di SkyBee Touch+TV hanya fitur IM-Ku.

Lewat aplikasi Nexian Zone, sebuah area untuk melakukan download gambar, musik, video bahkan permainan. Lalu ada Media & News yang menyediakan layanan berita seperti politik, cuaca, olahraga dan lain lain. Sebelumnya, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Pelengkap menu aktivitas perkantoran, SkyBee Touch+TV punya fitur organizer standar antara lain jam dunia, alarm, task, kalender, eBook, dan kalkulator.

Kesimpulan
Sebagai salah satu pemain besar di kancah ponsel lokal, Nexian Tap membuktikan kualitas ponsel sentuhnya. Selain kekuatan kamera, akselerasi internet dan tambahan menu bawaan memperkokoh nilai jual. Sementara, SkyBee Touch+TV memikat lewat pemasangan menu TV. Sepertinya ini langkah awal dan pembuka gerbang akan makin banyaknya serbuan ponsel lokal berlayar sentuh.

Sumber: tabloid PULSA

walahhhhhhh hp’a bagus pa kgk beli gx ya bingung w..?
gmna tmn” yg udah beli bagus pa gx..??????

lumayan lah untuk hp semurah itu, tp aplikasi fb dan nmc playernya payah kali.

untuk yg d bogor waktu itu gw beli harga’y 585rb
conter ngejual dng harga 650 rb (wr.jambu)

gw dah beli buat internetan lumayan cepet key’y kaya hp pada umum’y bkn qwerty
tmpln fb’y ky BB tp gw gak ngerti aktifin’y apa musti daftar ky BB coz gw cb login failed mulu jd fban cuma pk opera mini.

lam kenal@diah : sy mw tny knp ya ga bisa FB an di HP ini. pas login selalu “login failed”… utk OpMin, ym,dll Ok! ga mslah,… pliz ksh tau donk… tq

lumayan ne hp.. sayang materialny casingny plastik.. dah bisa pake 3,5 jack jdi bs dicolokin di potable music…. ya hitung-hitung memanjakan jemari dilayar sentuh…

Mohon infonya temen2, bgmn untuk virtual keyboardnya ?
apakah ada shutcut untuk memindah ke kiri dan ke kanan tanpa menyentuh layar ?

Dilihat dari tampilnya keren tpi gmna internetnya, emailnya? Dan setinganya ribet ga

udah nyoba beli dari pertama keluar minggu lalu, ga taunya dilock buat tsel jdnya ga beli. mungkin krn bundling ya harganya jd segitu?

More in Review
TiPhone T50c, Qwerty CDMA dengan Info Koperasi dan Konten Muslim

Close